Cara mengembalikan postingan Instagram yang diarsipkan

Sebagai pengguna Instagram, pasti pernah nemu yang namanya fitur archive.

Archive (atau arsip) adalah fitur instagram untuk menyimpan postingan instagram yang awalnya diupload secara publik menjadi postingan yang hanya dapat dilihat oleh pengguna/user secara private tanpa menghapus postingan tsbt dari instagram, sehingga bisa dikembalikan dikemudian hari.

Jadi jika kamu melihat ada postingan lama yang mungkin sudah tidak relevan dan ingin dihilangkan, kamu punya dua pilihan, yaitu menghapus atau mengarsipkan postingan tsbt. Jika dihapus, postingan hilang dan tidak bisa dikembalikan, sedangkan jika diarsipkan, postingan hilang, tapi tersimpan secara private dan bisa dikembalikan kemudian hari.

Namun biasanya beberapa pengguna termasuk aku biasanya sering tidak sengaja menekan tombol archive dan alhasil foto atau video yang sudah kita upload tadi menghilang.

Nah, jadi disini aku mau berbagi cara untuk kalian yang ingin melihat dan mengembalikan foto atau video yang masuk di archive.

Melihat postingan Instagram yang diarsipkan

Untuk melihat postingan yang sengaja (ataupun yang tidak sengaja) di arsipkan, kamu perlu masuk kehalaman penyimpanan arsip tsbt. Caranya sangat mudah, cukup ikuti beberapa langkah simpel dibawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram kamu, lalu masuk kehalaman profil kamu di Instagram.

Halaman beranda  Instagram

2. Setelah berada dihalaman profil, tap “menu hamburger” di sebelah kanan atas untuk membuka menu aplikasi, lalu pilih menu “Arsip”.

3. Kamu akan dibawa kehalaman arsip cerita seperti dibawah ini. Jadi ada dua halaman arsip, satu untuk arsip story, satu lagi untuk arsip postingan. Tap dibagian menu “Arsip cerita”, nanti akan muncul menu yang tersedia, disini pilih menu “Postingan diarsipkan”.

Oke, sekarang kamu bisa melihat postingan yang sudah kamu arsipkan disini.

Mengembalikan postingan Instagram yang diarsipkan

1. Buka dulu halaman “Postingan diarsipkan” seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
2. Setelah sampai dihalaman “Postingan diarsipkan”, buka salah satu postingannya.

Tampilan halaman "postingan diarsipkan"

3. Untuk mengembalikan postingan tsbt ke profil kamu, pilih “ikon titik tiga” dipojok kanan atas, lalu pilih menu “Tampilkan di profil”.

4. Selesai. Coba sekarang kamu kembali ke profil kamu dan refresh halaman dengan cara menarik layar kebawah. Biasanya tak perlu waktu lama, postingan yang kamu arsipkan sudah kembali muncul di profil kamu.

Tampilan postingan instagram yang di archive sudah kembali ke timeline profil
Tampilan postingan instagram yang di archive sudah kembali ke timeline profil

Namun jika belum muncul juga meskipun sudah di refresh berulang kali, kamu tak perlu khawatir. Tunggu saja beberapa waktu. Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan postingan kamu ke profil.

______________

Oke, itulah cara untuk melihat dan mengembalikan postingan Instagram yang masuk ke archive. Postingan yang masuk ke arsip bisa dengan mudah dikembalikan.

Setelah paham cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di instagram, aku harap kamu bisa lebih mahir dalam menggunakan fitur ini.

Sekian bahasan kali ini. Jika ada tambahan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Thanks.

Tinggalkan komentar