Cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus

Bulan Februari 2021 lalu, Instagram menghadirkan fitur Recently Deleted yang sudah lama dinantikan oleh para penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan postingan yang mereka hapus.

Dengan hadirnya fitur Recently Deleted ini, maka semua foto, video, IGTV, Reels, hingga Stories yang kamu hapus tidak dihilangkan secara permanen, melainkan dimasukan ke dalam folder “Baru saja dihapus”.

Stories yang terhapus akan disimpan di folder tersebut selama 24 jam. Sementara untuk postingan lain seperti Reels, foto dan video akan tersimpan hingga 30 hari. Selama postingan masih tersimpan di folder “Baru saja dihapus”, maka postingan tersebut masih bisa dikembalikan.

Informasi mengenai cara mengembalikan postingan ini akan muncul setiap kali kamu menghapus postingan. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan lagi untuk mengembalikan postingan yang tidak sengaja kamu hapus.

Perubahan pada penghapusan foto dan video.

Tapi kalau kamu masih bingung mengenai cara mengembalikan postingan Instagram yang terhapus, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya bahas di bawah.

Langkah Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus dengan fitur “Recently Deleted”

Untuk mengembalikan postingan yang terhapus, maka buka Instagram lalu ikuti langkah berikut.

1. Tap foto profil di kanan bawah.

Tap foto profil di kanan bawah.

2. Tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon "Hamburger" di kanan atas.

3. Tap “Pengaturan”.

Tap "Pengaturan".

4. Tap “Akun”.

Tap "Akun".

5. Scroll ke bawah dan tap “Baru saja dihapus”.

Tap "Baru Saja Dihapus".

6. Tap postingan yang ingin kamu kembalikan. (Untuk mengembalikan Reel, IGTV atau Story, tap dulu salah satu icon yang saya tandai di gambar berikut.)

Tap postingan yang ingin dikembalikan.

7. Tap icon tiga titik di kanan atas. (Untuk Stories, IGTV atau Reels, kalian bisa menemukannya di kanan bawah atau di kiri bawah.)

8. Pilih “Pulihkan”.

Tap "Pulihkan".

9. Tap “Pulihkan” sekali lagi.

Tap "Pulihkan" sekali lagi.

10. Selesai. Selanjutnya, tap “LIhat di Profil” untuk kembali ke halaman Profil.


Itulah cara untuk mengembalikan postingan yang terhapus di Instagram. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu akan menemukan postingan yang kamu kembalikan di halaman Profil.

Jika postingan tersebut tidak ada, tunggu beberapa saat atau keluarkan dulu Instagram-nya. Setelah itu, masuk kembali ke Instagram dan buka halaman Profil.


Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar