Cara mengetahui Email akun Instagram orang lain

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling ramai digunakan di dunia. Jika kamu termasuk penggunanya, tentu saja pernah lakuin yang namanya stalking. Hayoooloh, ngaku 🙂

Entah itu stalk temen, gebetan, hingga mantan pacar. Terkadang, ada juga yang kelewat ekstrem dengan mencari tahu email Instagram yang digunakan oleh sang ‘korban’ stalking‘.

Waduh, kalau kayak gini jatuhnya seperti mas-mas tukang bakso bawa walkie-talkie alias INTEL ya! “Abang tukang bakso, bawa walkie-talkie, kijang satu ganti.” Bwahaha 🙂

Cara mengetahui email akun Instagram orang lain bisa dibilang susah-susah gampang. Sebab, risiko gagalnya cukup tinggi. Kamu memerlukan keberuntungan untuk bisa berhasil. Namun tenang saja, kali ini bukugue.com. tidak hanya memberi satu trik buat kamu.

Jadi, kalau saja cara A tidak berhasil, kamu masih bisa mencoba berbagai metode yang lain.

Gimana? Yakin nih tetap pengen tau cara dapetin e-mail Instagram doi? Kalau iya, cus langsung saja simak artikel berikut hingga tuntas ya, Sob!

Yang Harus Diperhatikan saat Melacak Email Seseorang

1. Jangan Sembarang Menggunakan Platform Pelacak Email di Internet

Saat ini, banyak web di luar sana yang menawarkan jasa untuk melacak e-mail akun instagram orang lain. Sekadar saran aja nih, jangan pernah gunakan situs tersebut. (Ini berdasarkan pengalaman aku yang udah nyoba). Karena sangat rawan untuk keamanan handphone kamu.

Boro-boro bisa dapetin e-mail Instagram orang lain, yang ada kamu bakal disuruh nge-download aplikasi random terlebih dahulu. Dan hal tersebut dipastikan TIDAK AMAN. Setelah itu, mereka seakan-akan menampilkan proses pelacakan e-mail. Hasilnya? ZONK!

Kenapa aku bilang hasilnya ZONK? Bayangin aja, misal kamu pengen lacak e-mail Instagram doi dengan nama pengguna fulanbinfulan_, nantinya situs tersebut tinggal nambahin @gmail.com di belakangnya menjadi fulanbinfulan_@gmail.com. ‘Kentang’ banget, bukan?

2. Perhatikan Email Siapa yang Ingin Kamu Lacak

Jangan sampai buang-buang waktu! Atau si calon korban yang malah berhasil ngelacak dan ngeretas balik akun sosmed kamu. Oleh karenanya, perhatikan terlebih dahulu siapa orang yang pengen kamu lacak e-mailnya.

Hindari melacak e-mail orang-orang penting yang masuk dalam unsur pemerintahan, khususnya dengan tujuan spam atau membajak akun sosmed mereka. Ingat, bekingan-nya banyak lho! Bisa-bisa kamu kena delik dan dijebloskan ke penjara.

Begini Cara Mengetahui Email Akun Instagram Orang Lain

1. Cek Sosial Medianya yang Lain

Mungkin kamu bisa mendapati beberapa orang memajang e-mailnya di bio Instagram, namun biasanya hanya untuk keperluan bisnis. Untuk e-mail pribadi? Sangat jarang ditemukan.

Solusinya, kamu bisa melihat sosial medianya yang lain. Terutama jika kamu memang mengenal dan berteman dengan doi. Yang paling mudah dilakukan adalah mengunjungi profil Facebook orang tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Facebook

Membuka aplikasi Facebook

2. Cari orang yang bersangkutan di kolom pencarian Facebook

Membuka kolom pencarian Facebook

3. Klik profil Facebook-nya

Mengklik profil Facebook seseorang

4. Temukan dan klik “Lihat info tentang (nama doi)

Melihat info tentang seseorang di FB

5. Jika beruntung, kamu akan melihat e-mail pribadi mereka

Berhasil melhat e-mail orang lain lewat FB

Mengapa aku bisa yakin bahwa itu adalah e-mail pribadi? Sebab, informasi yang tercantum di profil Facebook diambil secara otomatis dari data login orang tersebut. Sangat besar kemungkinan e-mail itu juga ia gunakan untuk akun Instagram-nya.

Dengan kata lain, jika kamu beruntung, maka sangat mungkin mendapatkan e-mail Instagram orang tersebut. Eits, kita pun bisa jadi lupa untuk menyembunyikan informasi yang tergolong privasi ini. Hati-hati lho e-mail kamu juga diincar orang lain.

2. Melacak Email Seseorang Melalui LinkedIn

LinkedIn bisa dibilang salah satu platform yang menampung data pribadi seseorang dengan lengkap. Mulai dari nama, tempat & tanggal lahir, pendidikan, hobi, nomor telepon, hingga e-mail pribadi.

Wajar saja, sebab LinkedIn adalah sebuah platform yang diciptakan sebagai tempat pertemuan antara pencari kerja dan penyedia lapangan pekerjaan. Jadi, memang sudah seharusnya tiap orang melampirkan resume atau CV-nya.

Apabila kamu ingin melacak email Instagram orang lain, maka bisa mencoba trik yang satu ini. Yakni dengan memanfaatkan LinkedIn.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi LinkedIn di smartphone kamu

Membuka aplikasi LinkedIn

2. Login ke akun LinkedIn dan cari akun LinkedIn doi dengan mengetik nama lengkapnya di kolom pencarian

Mencari akun orang di LinkedIn

3. Ajukan permohonan koneksi kepada orang tersebut. Langkah ini penting untuk dilakukan, sebab aturan default LinkedIn mengharuskan adanya koneksi terlebih dahulu sebelum kedua pihak bisa melihat e-mail satu sama lain

Meminta persetujuan koneksi di LinkedIn

4. Setelah kalian sudah saling terkoneksi, maka secara otomatis informasi tentang e-mail yang bersangkutan akan muncul

3. Memanfaatkan Google Form untuk Mendapatkan E-mail Instagram Seseorang

Google form biasanya digunakan untuk melakukan survey maupun sebagai alternatif lembar soal/jawaban di sekolah atau pun perguruan tinggi, khususnya pada masa pandemi sekarang.

Layanan dari Google yang satu ini terbilang praktis alias tidak membutuhkan pengoperasian yang rumit. Buktinya, para dosen yang terbilang (maaf) kurang update perihal teknologi pun bisa dengan mudah menggunakannya. Hehe.

Akan tetapi, pernah ga sih kepikiran untuk memanfaatkan Google form sebagai salah satu cara mengetahui e-mail akun instagram orang lain?

Penasaran gimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Cari tahu terlebih dahulu hobi atau ketertarikannya. Kita ambil satu kasus di mana doi tertarik untuk menjadi seorang penulis.
2. Setelah tau bahwa ia tertarik menjadi penulis, mulailah membuat Google Form yang berisi penawaran untuk bergabung di komunitas penulis. Apabila pada kenyataannya kamu memang memiliki grup semacam itu, tentu saja hal tersebut akan jauh lebih baik.
3. Buka layanan pembuatan Google Form lewat mesin pencarian atau kunjungi https://docs.google.com/forms/u/0/

Menggunakan layanana Google Form

4. Dalam Google Form tersebut, masukkan beberapa pertanyaan/perintah untuk mencantumkan “Nama Lengkap“, “Domisili“, “Motivasi untuk bergabung di Komunitas Penulis“, dan yang paling penting dan tak boleh kamu lupakan adalah “E-mail Instagram

Tuntas membuat Google Form

5. Sesudah membuat Google Form, klik “ikon berbentuk pesawat kertas

Klik ikon pesawat kertas Google Form

6. Nah, di sini kamu bisa mendapatkan link yang nantinya kamu share ke doi. Copy tautan tersebut.

Menemukan dan menyalin tautan

7. Apakah berhenti sampai di sini? Tunggu dulu! Agar terlihat lebih meyakinkan, lakukan modifikasi terlebih dahulu terhadap link yang akan kamu bagikan. Sekarang, buka bitly.com atau bit.ly.
8. Paste link atau tautan yang akan di-share, lalu klik “create“. Klik bagian belakang tautan dan edit

Meng-custom tautan dari bit.ly

9. Taraa. . .tautan yang tadinya berisi kode acak, kini berubah menjadi bit.ly/Gabungkomunitaspenulis yang tentunya lebih meyakinkan

Tautan bit.ly berhasil diubah jadi lebih meyakinkan

*) Sedikit catatan, kamu perlu login ke akun bit.ly terlebih dahulu untuk bisa membuat link custom

10. Silakan bagikan link tersebut melalui DM Instagram yang bersangkutan.
11. Jika beruntung, kamu akan mendapati formulir tersebut telah berisi informasi yang dibutuhkan

Mencari tau e-mail lewat Google Form

12. SELESAI. Kamu berhasil mendapatkan e-mail Instagram si “dia”


Itulah tadi beberapa cara mengetahui e-mail akun Instagram orang lain. Oh ya ada sedikit wejangan nih. HEHE. Aku sama sekali tidak mengajak untuk melakukan tindakan peretasan atau pembajakan akun ya. Sebab itu termasuk pelanggaran privasi dan pelanggaran hukum di Indonesia.

Aku harap berbagai trik dalam artikel ini bisa digunakan untuk tujuan baik, Sob! atau malah sebagai pembelajaran agar berhati-hati dalam menampilkan data pribadi, maupun memasukkan informasi privasi pada formulir yang tersebar di media sosial.


Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk nge-share artikel ini ya! Kalau ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan komentar