Cara mengetahui sudah berapa lama berteman di Facebook

Pernah penasaran sejak kapan kamu berteman dengan teman kamu di Facebook? Jika iya, kamu sampai kehalaman yang tepat.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengetahui sejak kapan kamu dan seseorang mulai berteman di Facebook. Disini kita akan gunakan fitur “Lihat Pertemanan”, di mana nantinya kamu bisa melihat detail-detail perteman kamu dengan orang tsbt di Facebook. Mulai dari jumlah teman yang sama, kapan mulai berteman, hingga interaksi seperti foto dan postingan yang kalian bagikan satu dengan yang lainnya.

Penasaran caranya bagaimana? Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengetahui Lama Pertemanan di Facebook (dengan Aplikasi Facebook reguler)

Untuk cara pertama ini, saya akan menjelaskan cara mengetahui berapa lama pertemanan melalui aplikasi Facebook biasa. Jadi, bagi kamu pengguna Facebook jenis ini, bisa langsung simak langkah-langkah berikut :

  1. Buka aplikasi Facebook dan tekan menu hamburger di kanan atas. Lalu pilih profil atau tekan ‘Lihat Profil Anda’.
  1. Setelah masuk ke halaman profil Facebook, geser ke bawah hingga kamu menemukan bagian terkait “Teman”. Disini cari dan tap tombol “Lihat Semua Teman”.
lihat semua teman
  1. Gunakan kotak pencarian dan ketik nama teman Facebook yang ingin kamu ketahui lama pertemanannya. Setelah ketemu, tekan profil atau nama Facebook teman tsbt.
  1. Setelah masuk ke profil Teman Facebook, kita hanya perlu menekan menu ‘Pengaturan Profil’ yang digambarkan dengan simbol titik tiga. Selanjutnya pilih menu ‘Lihat Pertemanan’
  1. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pertemanan kamu dengan orang tsbt. Disini kamu akan menemukan banyak detail, dibaris ketiga akan terlihat tulisan “Berteman dengan Anda sejak (tanggal pertemanan)“. Itulah lama waktu pertemanan kamu dan teman Facebook.
waktu pertemanan facebook

Dicontoh diatas, saya dan sendrika sudah berteman sejak Februari 2014. Jadi yang diketahui hanya bulan dan tahunnya saja, untuk data terkait tanggalnya ternyata tidak tersedia.

Mengetahui Lama Pertemanan di Facebook (Lewat browser)

Berbeda dengan Facebook biasa, bagi kamu pengguna Facebook lite harus sedikit berusaha dalam menemukan menu lama pertemanan. Hal ini karena Facebook Lite tidak menyediakan fitur tersebut layaknya Facebook biasa, jadi disini kita akan gunakan bantuan browser seperti chrome.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Simpan atau copas url https://www.facebook.com/friendship/nama-saya/nama-teman, ke aplikasi catatan atau note di ponsel kamu. 
  2. Dalam tutorial kali ini, saya akan menggunakan aplikasi catatan “Google Keep” bawaan smartphone. Paste link tsbt seperti pada contoh dibawah.
tempel tautan ke aplikasi catatan
  1. Setelah itu, masuk ke aplikasi FB Lite kamu, tekan menu hamburger di kanan atas, lalu buka profil dengan tap menu “Lihat Profil Anda”.
  1. Dihalaman profil, tap “ikon titik tiga” lalu pilih “Salin Tautan ke Profil”
  1. Masuk ke aplikasi catatan, lalu paste/tempel link tadi dibagian bawahnya. Disini kamu akan mendapatkan link ke profil kamu.
tempel tautan profil ke aplikasi catatan
  1. Selanjutnya adalah ganti url ‘nama-saya’ yang berada di Link Pokok dengan nama akun facebook kamu seperti berikut.
ubah url pokok dengan nama akun kita
  1. Kembali lagi ke aplikasi Facebook Lite. Disini kamu perlu mencari teman yang ingin kamu cek lama pertemanannya. Masih di halaman profil kamu, kamu hanya perlu menggeser layar ke bawah hingga menemukan tab menu Teman. Lalu ketuk tulisan  ‘Lihat Semua’.
  2. Cari nama teman Facebook yang ingin kamu ketahui waktu lama pertemanannya. Setelah itu ketuk profil dari teman tersebut.
  1. Dihalaman profil teman tsbt, tap “ikon titik tiga” seperti pada gambar, lalu pilih menu “Salin Tautan ke Profil”
  1. Kembali lagi ke aplikasi catatan, paste atau tempelkan link tautan dari profil teman yang sudah kamu salin sebelumnya dan beri nama ‘Link Teman’.
tempel tautan profil ke aplikasi catatan
  1. Lalu ganti url ‘nama-teman’ yang ada di Link Pokok dengan url teman Facebook seperti ini.
  1. Jika sudah, salin tautan dari ‘Link Pokok’ yang sudah diedit dan buka aplikasi web browser. Lalu, tempel pada tab pencarian.
  1. Selanjutnya kamu akan diminta login jika belum login. Jika sudah login, kamu akan melihat halaman pertemananmu seperti dibawah ini. Perhatikan bagian yang diberi kotak, disana akan terlihat lama pertemanan kamu dengan teman tsbt.
hasil link yang telah di salin

Cara ini bisa kamu gunakan untuk profil teman yang lainnya, cukup hapus url ‘nama-teman’ dan ganti dengan url teman Facebook yang sudah kamu salin sebelumnya.

Mengetahui lama Pertemanan Facebook (Untuk pengguna PC)

Jika biasanya kamu membuka halaman Facebook melalui komputer atau laptop, tentu bisa mengetahui berapa lama berteman di Facebook dengan sangat mudah. Untuk penjelasan lebih lengkap, ikuti instruksi berikut ini :

  1. Pastikan sudah login ke akun Facebook kamu. Diberanda, cari nama teman Facebook menggunakan kotak pencarian di kiri atas. Lalu tekan profil atau nama teman Facebook tersebut.
hasil pencarian nama akun facebook
  1. Setelah masuk ke profil teman Facebook. kamu hanya perlu menekan tombol titik tiga yang berada di sebelah kanan. 
tombol titik tiga untuk akses lihat pertemanan
  1. Akan muncul beberapa pilihan menu, disini kamu hanya perlu memilih menu “Lihat Pertemanan”.
tab menu lihat pertemanan
  1. Browser akan memunculkan halaman pertemanan seperti dibawah. Dibagian atas sidebar sebelah kiri, akan terlihat kotak dengan judul “Hal yang sama”. Dibaris ketiga akan terlihat sejak kapan kamu berteman dengan teman tsbt.
hasil dari lihat pertemanan dalam bar hal yang sama

5. Selesai.

Dengan melihat waktu lama pertemanan di Facebook tentu membuat kita sedikit bernostalgia, apalagi jika kita pernah mengupload foto kebersamaan dengan teman membuat kita menyadari jika waktu telah berjalan dengan cepat.


Semoga artikel ini dapat membantu, jika ada hal yang kurang dimengerti jangan ragu-ragu untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Tinggalkan komentar