Cara Mengetahui Teman Yang Pura-Pura Offline di Facebook

Sebagian orang mempunyai sangat banyak teman di Facebook. Entah mereka berteman di real life, atau sekadar teman di dunia maya saja. Namun, apakah pernah terpikir bahwa temanmu pura-pura offline?

Hal ini bukan tidak mungkin terjadi. Bisa saja temanmu menghindar untuk terlihat online di Facebook, misalnya saja karena terlibat utang dan tak ingin ditagih.

Kasusnya hampir sama seperti tanda “centang biru” di WhatsApp. Di mana kamu tak bisa mengetahui apakah seseorang sudah aktif untuk membaca pesanmu atau belum. Bedanya, di Facebook, kamu tak bisa lagi menjamin seseorang offline hanya karena di profilnya tak terdapat “titik hijau” (tanda online).

Lalu, apakah ada cara untuk mengetahui teman yang pura-pura offline di Facebook? Simak jawabannya sampai habis, ya. Bukugue akan menjelaskannya untukmu.

Bukti bahwa seseorang dapat berpura-pura offline di Facebook

1. Facebook menyediakan fitur untuk hal tsbt.

Atas pertimbangan privasi, platform besutan Mark Zuckerberg ini menyediakan fitur ‘menyembunyikan status online‘ bagi penggunanya.

So, dengan tersedianya fitur ini oleh Facebook. Maka terbukti bahwa seseorang bisa berpura-pura offline di Facebook. Dengan kata lain, hal tersebut bukan HOAKS atau pun ‘kabar burung’ yang tak jelas kebenarannya.

2. Terdapat selisih antara jumlah teman online di Beranda dan Room Chat FB.

Adanya selisih ini, menjadi acuan seseorang guna mengetahui teman yang pura-pura offline di Facebook. Masalah muncul ketika kamu sudah mengetahui selisih antara keduanya, namun tidak tau siapa “personal” atau “oknum” yang sedang menyembunyikan status online-nya.

Baca juga :  Istilah dan Singkatan dalam Facebook

Tentunya akan repot jika harus bertanya satu-satu ke teman yang terlihat dalam list “sedang online” atau pun room chat.

Sebab kendala tersebut, penulis tak memasukkan teknik “melihat selisih” ini sebagai cara untuk mengetahui teman yang menyembunyikan ‘tanda’ online-nya di FB.

Cara yang wajib dihindari karena beresiko terhadap keamanan akun ataupun ponsel kamu.

1. Menggunakan situs yang tidak jelas reputasinya.

Ketika kamu menekan link di sosmed secara serampangan; lalu mengisi data pribadi kamu di dalamnya, maka besar kemungkinan kamu menjadi korban scam atau phising.

Di mana data yang kamu berikan ke dalam situs atau tools tersebut, nantinya akan disalahgunakan untuk memberi keuntungan pada pihak tertentu.

Begitu pula dengan situs yang memberi iming-iming untuk me-reveal teman kamu yang pura-pura offline. Setelah aku telusuri, semua situs tersebut hanya akan menyalahgunakan nomor HP yang kamu beri kepada mereka.

Tak menutup kemungkinan, situs-situs scam ini akan memintamu untuk men-download aplikasi tertentu berulang kali. JANGAN pernah mengikuti instruksi mereka. Hal tersebut hanya akan mengurus waktu dan kuotamu.

2. Menggunakan aplikasi yang mencurigakan dan tidak jelas reputasinya.

Pernah dengar pengaturan “Install unknown application” atau “izinkan instalasi aplikasi tak dikenal” di handphone kamu? Hal tersebut pada dasarnya berfungsi untuk mencegah kerusakan pada HP, diakibatkan oleh malware yang bersembunyi di dalam aplikasi.

Bayangkan apabila kamu dengan sengaja menginstal aplikasi untuk mengetahui status online/offline seseorang. Akan tetapi, ternyata aplikasi tersebut mengandung ‘perangkat jahat’ yang dapat mengakibatkan kerusakan serius apda laptop.

Oleh karenanya, sebagai bentuk kehati-hatian, sebaiknya hindari penggunaan aplikasi semacam ini. Risiko terbesar? HP kamu bisa error akibat serangan malware atau virus.

Baca juga :  Cara blokir (menghilangkan) iklan di Facebook

Berbagai cara yang tersebar di internet namun tidak berfungsi (berdasarkan testing)

Aku telah melakukan pelbagai cara dalam hal ini. Mulai dari menginstal aplikasi bernama StalkScan, serta mengunjungi situs StalkFace. Hasilnya? Mengecewakan! Terlalu banyak iklan dalam aplikasi tersebut, dan selalu gagal dalam mendeteksi profil teman yang dituju.

Selain itu, aku juga coba menggunakan Python (bahasa pemrograman). Terdapat program ciptaan seorang pengguna GitHub; di mana ia mampu men-tracking setiap kali teman online dan melakukan aktivitas terbarunya di Facebook.

Sayangnya, program yang dibuat dengan basis Python itu selalu gagal ketika proses log in ke Facebook. Oleh karenanya, dengan prinsip kerja yang sama, aku menemukan metode yang lebih simpel dan aman. Yakni dengan memasukkan teman ke dalam daftar “Favorit” dan “Teman Dekat“.

Metode simpel dan aman untuk mengetahui teman yang pura-pura Offline di Facebook

1. Buka Aplikasi Facebook. Pastikan orang yang ingin kamu ketahui tsbt telah berteman denganmu di Facebook.
2. Tap “Hamburger menu” untuk memunculkan pilihan menu di Facebook.

Mengklik tombol dropdown

3. Masuk ke pengaturan Facebook dengan tap ikon “gearyang ditandai pada gambar;

Masuk ke pengaturan Facebook

4. Gulir kebawah, cari bagian “Preferensi” dan pilih menu “Kabar Beranda” .
5. Selanjutnya tap menu “Favorit“.

6. Ketik nama teman di kolom pencarian (gambar kiri). Setelah menemukan teman yang dimaksud, klik tombol ‘Tambahkan. (gambar kanan)

7. Tulisan Favorit” beserta ikon bintang, adalah tanda bahwa kamu sukses menambahkan temanmu ke daftar favorit. Eitss, jangan senang dulu, masih ada langkah selanjutnya. Simak terus ya, Sobat!

Berhasil menambahkan teman ke daftar favorit

8. Selanjutnya, kembali lagi ke menu pengaturan, masih dibagian “Preferensi”, disini tap menu “Notifikasi”.

Masuk ke pengaturan notifikasi Facebook

9. Dipengaturan notifikasi, tap menu “Pembaruan dari Teman“, lalu pastikan Notifikasi diizinkan, dan minimal kamu mengaktifkan notifikasi “Push”. Sebaiknya aktifkan juga notifikasi email-nya seperti dibawah.

Baca juga :  Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (atau kembali ke mode data)

10. Selesai.

Sampai disini pengaturannya sudah berhasil kamu lakukan.

Selanjutnya untuk mengetahui kapan teman tsbt online dan pura-pura offline, kamu tinggal tunggu notifikasi push dan email terkait aktifitas mereka. Apapun aktifitas terbaru mereka di Facebook, system Facebook akan memberitahumu.

Misalnya saja kamu menemukan adanya aktivitas yang dilakukan oleh teman tsbt “Beberapa menit yang lalu,” Maka sangat besar kemungkinan ia masih ONLINE saat itu juga. Meskipun dia terlihat offline.

Selain itu kamu juga bisa memantau aktifitas lainnya diaplikasi Facebook dibagian “Terbaru dan Favorit”. Caranya dengan tap menu “hamburger” untuk menampilkan pilihan menu Facebook, gulir kebawah dan cari menu “Terbaru & Favorit”, tap menu tsbt.

Mengetahui aktvitas terbaru dari teman dekat di Facebook

Kamu akan dibawa kehalaman “Favorit” seperti dibawah. Dan bisa juga memantau kapan saja teman tsbt “online”.

Melihat aktivitas terbaru dari teman di Facebook, guna mengetahui bahwa ia sedang ONLINE

Demikianlah cara yang bisa penulis sampaikan untuk mengetahui teman yang pura-pura offline di Facebook. Barangkali kamu menemukan cara lain yang lebih simpel, atau mendapati kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, maka jangan sungkan untuk menulis tanggapan di kolom komentar :).

Selamat mencoba, Sob!

Tinggalkan komentar