Cara mengganti nada notifikasi Instagram

Bagi kamu yang lebih banyak beraktivitas di Instagram, Notifikasi Instagram menjadi hal yang penting supaya kamu bisa terus memantau Instagram secara real time.

Setiap postingan yang disukai orang lain, DM masuk, atau pemberitahuan lainnya akan kamu terima jika kamu menyalakan nada notifikasi.

Tak banyak orang yang menyalakan nada notifikasi Instagram, namun jika kamu menyalakannya dan ingin mengubah nada notifikasi Instagram sesuai keinginan kamu, aku akan menjelaskannya.

Jadi disini ada dua langkah yang perlu kamu lakukan.

  1. Aktifkan dulu notifikasi di aplikasi Instagram. Misalnya notifikasi komentar, postingan, dll.
  2. Atur nada notifikasi melalui pengaturan ponsel, sesuai dengan notifikasi Instagram yang kamu aktifkan sebelumnya.

Step 1: Mengatur notifikasi di aplikasi Instagram

Kalau di dalam aplikasi Instagram, kamu tidak bisa mengubah nada notifikasi. Kamu hanya bisa mengatur mana saja pemberitahuan yang akan kamu aktifkan notifikasinya.

Ada banyak pilihan, kamu tinggal sesuaikan dengan keinginan. Mana saja notifikasi yang tidak kamu inginkan, kamu tinggal nonaktifkan. Caranya simak di bawah ini

1. Masuk ke aplikasi Instagram, kemudian tab ke profil kamu.

Tab ke profil akun Instagram

2. Pilih pengaturan untuk masuk ke pengaturan Instagram.

Pilih "pengaturan" untuk masuk ke pengaturan Instagram

3. Kemudian pilih “Notifikasi” untuk masuk ke pengaturan notifikasi Instagram

pilih “Notifikasi” untuk masuk ke pengaturan notifikasi Instagram

4. Nah, inilah tampilan halaman untuk mengatur notifikasi Instagram.

Sebagai contoh, aku akan memilih “Postingan, cerita dan komentar” untuk diatur notifikasinya. Nanti, tampilannya seperti pada gambar di sebelah kanan. Jadi kamu hanya bisa mengatur apakah nantinya notifikasi itu kamu ingin nonaktifkan, atau kamu ingin mendapat notifikasi dari semua orang yang kamu ikuti, atau dari semua orang, silahkan pilih.

Secara default, semuanya aktif “Dari semua orang”. Namun jika kamu ingin mendapatkan notifikasi dari orang yang kamu ikuti saja, kamu bisa pilih opsi tersebut.

Step 2: Ubah nada notifikasi Instagram dari pengaturan ponsel

Step ini mungkin akan berbeda dengan ponsel kamu, tapi setidaknya disini kamu bisa dapat gambaran dimana letak pengaturannya.

1.Buka pengaturan HP kamu kemudian masuk ke manajemen aplikasi. Kemudian cari aplikasi Instagram dan pilih aplikasinya supaya masuk ke pengaturannya.

Masuk ke aplikasi Instagram melalui pengaturan HP

2. Sampai disini, pilih “Kelola notifikasi” untuk masuk ke pengaturan notifikasi Instagram,

Pilih "Kelola Notifikasi" untuk masuk ke pengaturan notifikasi Instagram

3. Disini banyak sekali nada notifikasi yang bisa kamu ubah. Kamu bisa mengubah nada notifikasi ketika ada yang menyukai, berkomentar, posting, DM, permintaan pertemanan, dan lainnya.

Disini kamu cukup ubah nada notifikasi sesuai dengan fitur notifikasi yang kamu aktifkan di “step 1” sebelumnya.

Aku akan kasih satu contoh, misalnya aku mau mengubah nada notifikasi untuk komentar.

Pilih "Komentar" untuk memilih nada notifikasi komentar di Instagram

4. Setelah pilih “komentar”, kemudian kamu pilih “Nada dering” untuk mengubah nada dering atau nada notifikasi Instagram kamu yang akan berbunyi ketika nanti ada yang berkomentar di postingan kamu.

Pilih "nada dering" untuk mengubah nada notifikasi komentar di Instagram

5. Ada dua opsi yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa memilih nada notifikasi bawaan dari HP kamu atau yang kedua, kamu bisa menggunakan nada atau lagu favorit kamu yang tersimpan di HP.

Pilih “Pilih dari file” untuk mencari nada yang kamu inginkan.

Untuk menambahkan lagu atau nada favorit, pilih "Pilih dari file"

6. Setelah kamu memilih salah satu nada, akan tampak seperti pada gambar. Sekarang nada notifikasi Instagram kamu sudah berubah.

Tampilan nada notifikasi yang sudah berhasil diubah

7. Selesai. Kamu tinggal ulangi mengganti nada-nya di fitur notifikasi lain yang kamu aktifkan, karena nada yang di set diatas hanya akan berlaku untuk “Komentar” instagram saja.


Oke deh, itulah cara mengubah nada notifikasi Instagram. Oiya, tips dari aku, kalau kamu banyak akun sosmed lebih baik nada notifikasinya dibeda-bedakan. Termasuk untuk notifikasi dari Instagram. Supaya kamu tau dan tidak terlewatkan pemberitahuan Instagram serta dapat terpantau secara realtime.

Tinggalkan komentar