Cara mengganti nada dering WA dengan suara google

Pernah dengar nada dering WhatsApp teman yang menyebutkan nama-nya dengan kata-kata tertentu dengan suara Google? Jika iya, kamu juga bisa membuat nada dering serupa.

Tap tombol play untuk mendengarkan contoh nada dering dengan suara google ini.

Disini kita akan menggunakan teknologi yang bernama “Text to speech”, simpelnya teknologi ini digunakan untuk menghasilkan “suara” dari kalimat yang kita masukkan. Tersedia banyak pilihan suara dan banyak pilihan bahasa.

Kamu bisa buat suara Google bahasa indonesia, jepang, korea, dll. Jadi lebih banyak kreasi yang bisa kamu coba. Penasaran? Langsung aja yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Membuat nada dering WA dengan Suara Google (tanpa download aplikasi tambahan)

Secara umum, prosesnya seperti ini sob, pertama kita akan buat dulu suara google-nya lalu download hasil suara tsbt dalam format mp3, lalu kita gunakan file mp3 tadi dipengaturan nada dering WhatsApp kita.

Step 1 : Buat dan download file mp3 suara google

Untuk membuat suara google, ada banyak situs dan aplikasi yang bisa digunakan. Disini kita akan gunakan situs soundoftext.com, nanti dibawah juga akan diberi alternatif situs lain juga.

Dengan menggunakan situs ini, kamu nggak perlu download aplikasi apapun ya sob. Kamu cukup membuka browser chrome atau browser lain yang ada di HP-mu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka situs soundoftext.com, gulir kebawah dan cari kolom pengisian teks.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 1

2. Tekan ikon panah dibagian “voice”, lalu pilih bahasa yang kamu inginkan.

3. Selanjutnya isi kata-kata yang ingin diubah menjadi suara dikolom “Text”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 7

4. Setelah mengisi kata-kata, tekan tombol “Submit”. Setelah itu tunggu sebentar.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 9

5. Setelah beberapa detik, akan muncul link donwload dibagian bawah. Tap “DOWNLOAD” . Kamu juga bisa “play” dulu untuk mendengarkan hasilnya jika mau.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 11

6. Selanjutnya akan muncul pilihan lokasi penyimpanan. Ingat-ingat nama file dan lokasi penyimpanannya, lalu tap “Download”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 13

7. Tunggu download selesai. Sampai disini kamu sudah punya file mp3 dengan suara google. Langkah selanjutnya adalah mengatur file tsbt agar menjadi nada dering di WhatsApp kamu.

Artikel Lainnya :  Cara membuat pintasan (shortcut) kontak WhatsApp di ponsel kamu

Admin: Berikut contoh file MP3 suara google yang barusan aku buat, kamu bisa coba dengarkan hasilnya. Bisa download juga jika mau.

Kalimatnya: Ada pesan masuk nih bosku
Kalimatnya: Ada panggilan masuk sayang. Ayo diangkat.
Kalimatnya: Chat baru dari grup nih bosku

Step 2: Mengatur file mp3 suara google tadi agar menjadi nada dering WhatsApp

Proses ini agak banyak variasinya, ini karena beda merk ponsel, beda tampilan UI dan pengaturannya. Kamu bisa baca proses memasang file mp3 jadi nada dering Whatsapp di 5 tipe HP disini. Dilaman tsbt dijelaskan lebih detail, beberapa tipe ponsel justru lebih simpel prosesnya.

Admin: Disini penulis tidak menjelaskan pakai ponsel apa, tapi ini proses yang tergolong agak ribet. Dibeberapa tipe ponsel, kamu bisa langsung pilih file MP3-nya di pengaturan WhatsApp, tapi disini sepertinya tidak bisa, sehingga prosesnya jadi agak ribet. Sekali lagi, aku lebih menyarankan kamu baca proses memasang file mp3 jadi nada dering WA di 5 tipe HP dulu.

Ok langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi file manager di HP kamu.
2. Cari file MP3 suara google tadi di folder penyimpanan yang kamu pilih. Dicontoh ini file MP3 tersimpan di folder “Download”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 15

3. Tekan dan tahan di file MP3 tsbt, pastikan sudah muncul tanda centang. Setelah itu tap ikon titik tiga dipojok kanan atas, dan pilih menu “Pindahkan ke”. Proses ini akan berbeda-beda tergantung aplikasi File manager kamu, jadi pandai-pandai untuk menyesuaikan.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 17

4. Dimenu “Pindahkan ke”, cari dan pilih folder “Notifications”. Setelah itu tap “OKE”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 19

5. Setelah file MP3 berhasil dipindahkan ke folder Notifications, barulah buka aplikasi WhatsApp kamu.
6. Tap ikon titik tiga dipojok kanan atas, pilih menu “Setelan”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 21

7. Selanjutnya pilih “Notifikasi”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 23

8. Dihalaman notifikasi ini, ada 3 pengaturan nada, ada nada notifikasi pesan, ada nada notifikasi grup, dan ada nada dering panggilan masuk. Proses pengaturannya sama saja, dicontoh ini saya akan mengatur nada notifikasi pesan masuk, ini karena suara googlenya tadi kita setting “Ada pesan baru nih”.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 25

9. Setelah tap “Nada notifikasi” tadi, akan muncul pilihan nada. Disini bisa dilihat file MP3 kita sudah otomatis terdeteksi (karena sebelumnya sudah dimasukkan ke folder Ringtones). Disini pilih file MP3 tsbt.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 27

10. Selesai. Nada notifikasi berhasil diubah.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 29

Selanjutnya jika kamu ingin mengganti nada notifikasi grup ataupun nada dering panggilan, kamu bisa ulangi proses diatas. Kamu bisa sesuaikan kalimatnya misalnya “Ada chat baru di grup nih bosku” jika untuk nada notifikasi grup. Sedangkan untuk nada dering, kalimatnya misalnya “Aliyah, ada panggilan masuk”. Jadi bisa jelas apakah ada chat, grup chat, ataupun panggilan yang masuk.

Artikel Lainnya :  Cara mengubah ikon grup WhatsApp

Kamu bahkan bisa setting nada dering berbeda untuk grup tertentu ataupun orang tertentu, misalnya kamu bisa buat nada dengan kalimat “Chat baru dari grup kelas ipa 1”, sedangkan untuk grup lain bisa nada dering default. Sehingga dengan begini, kamu bisa tau chat atau panggilan itu dari mana tanpa harus buka ponsel.

Prosesnya terlihat agak ribet ya? tapi sebenarnya tidak begitu rumit, intinya adalah kamu buat dulu suara googlenya di situs seperti “soundoftext.com”, lalu download hasil suara tsbt, dan setting suara tsbt di aplikasi WhatsApp kamu, bisa sebagai nada dering umum ataupun nada dering custom perorangan/grup.

Alternatif lain situs pembuat suara google (Botika.online)

Jika kebetulan kamu tidak bisa akses situs soundoftext.com, misalnya karena situsnya lagi bermasalah. Kamu bisa gunakan alternatif situs ini. Prosesnya kurang lebih sama, hanya tampilan situsnya saja yang sedikit berbeda.

Oke deh, langsung aja yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka laman https://botika.online/TextToSpeech/.
2. Scroll ke bagian bawah, lalu klik pada kolom “Text to speech”. Hapus tulisan dalam kolom itu kemudian ketikkan kata atau kalimat yang kamu inginkan untuk dijadikan nada notifikasi.

TULISKAN KALIMATMU

3. Selanjutnya klik tanda panah kecil di bawahnya untuk mengatur jenis suara google.

KLIK PANAH KECIL

4. Pilih “Female 1 – Mature, Professional” untuk menghasilkan suara google yang lebih resmi. Atau kamu juga bisa pilih “Female 2 – Youngster, Fast” untuk menghasilkan suara google yang lebih santai dengan tempo yang agak cepat.

PILIH JENIS SUARANYA

5. Pilih tombol “PLAY” untuk mengecek hasil suaranya.

KLIK PLAY

6. Jika sudah yakin dengan pilihanmu, Selanjutnya klik “Saya bukan robot” sampai muncul tanda centang.

Cara mengganti nada dering WA dengan suara google 35

7. Selanjutnya pilih tombol “DOWNLOAD” dan tunggu proses unduhannya sampai selesai.

KLIK DOWNLOAD

8. Tunggu hingga download selesai.

Artikel Lainnya :  Cara menghapus status WhatsApp sendiri

Setelah itu kamu bisa mengikuti tutorial kita sebelumnya untuk menyetel suara tsbt ke WhatsApp. Berikut hasil nada notifikasi sudah berubah ke suara google BotikaTTS.

SELESAI

Nah, begitulah cara mengganti notifikasi WA dengan suara google. Cara ini gampang banget dipakai karena kamu tidak perlu install aplikasi tambahan apapun. Ohya, kamu juga bisa tonton versi videonya dibawah ya, jika butuh intruksi yang lebih jelasnya lagi. Kamu bisa lihat dengan jelas bagaimana prosesnya dari awal sampai akhir.

Versi video-nya proses mengganti nada dering WhatsApp dengan suara google

Ok sampai sini dulu artikel kali ini, kalau ada kendala sewaktu mencoba, komentar aja di bawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Di Update Terakhir Tanggal 29 September 2021

33 pemikiran pada “Cara mengganti nada dering WA dengan suara google”

    • apa ini mba? aku rada2 kurang paham beberapa komentar dihalaman ini, tapi biasanya aku masih ngerasa komentarnya nyambung.. ini aku benar2 ga paham maksudnya apa.

Tinggalkan komentar