Cara mengganti nada notifikasi WhatsApp dengan suara google

Sebagai pengguna WA, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya nada notifikasi kan? Whatsapp sudah menyediakan puluhan nada notifikasi yang bisa kamu pilih sob. Tapi, walaupun sudah ada banyak pilihan nada notifikasi, pasti kamu pernah kan ngerasa bosan dengan pilihan nada notifikasi yang tersedia di aplikasi WA kan.

Nah, kamu nggak perlu kuatir sob, karena di sini aku bakal kasih kamu tips bagaimana caranya membuat nada notifikasi WA sendiri dengan memakai suara google.

Dengan cara ini, kamu bebas membuat nada notifikasi sendiri yang jauh lebih unik dan pastinya akan berbeda dengan notifikasi WA temanmu. Langsung aja yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga : Cara mengganti nada notifikasi WhatsApp dengan lagu

Mengganti nada notifikasi WhatsApp dengan suara google lewat situs soundoftext.com

Cara ini gampang banget karena kamu nggak perlu download aplikasi apapun ya sob. Kamu cukup membuka google chrome atau browser lain yang ada di HP-mu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka situs soundoftext.com.

buka soundoftext.com

2. Scroll ke bagian bawah. Jika bahasanya masih menggunakan bahasa Inggris, klik tombol panah kecil untuk mengubahnya. Lalu pilih bahasa Indonesia.

3. Selanjutnya tuliskan kata-kata atau kalimat yang kamu jadikan sebagai nada notifikasi WA pada kolom yang tersedia.

tuliskan kata2

4. Klik Submit dan tunggu prosesnya beberapa saat.

klik SUBMIT

5. Scroll sedikit ke bawah dan Klik tombol PLAY untuk mendengarkan hasil suaranya. Jika sudah yakin ingin menggunakan kalimat dan suara tsbt, tap tombol DOWNLOAD.

KLIK DOWNLOAD

6. Disini kamu bisa beri nama file mp3 tsbt sesuai kebutuhan kamu. Lalu Klik DOWNLOAD sekali lagi dan tunggu proses unduhannya sampai selesai.

KLIK DOWNLOAD LAGI

7. Selanjutnya buka aplikasi Manager File di ponselmu, lalu cari hasil unduhan tsbt di folder “Download”. Pindahkan file tersebut ke penyimpanan internal dengan cara klik tombol titik tiga di pojok kanan atas.

KLIK TITIK TIGA

8. Pilih “Pindahkan ke”.

PINDAHKAN KE

9. Pilih penyimpanan internal, lalu cari dan pilih folder “Notifications”.

10. Selanjutnya buka aplikasi WA, lalu tombol titik tiga di bagian atas. Pilih menu Setelan.

11. Dihalaman setelan, pilih menu “Notifikasi”.

pilih Notifications

12. Dihalaman notifikasi, Pilih menu “Nada notifikasi”.

pilih nada notifikasi

13. Cari nada notifikasi suara google tadi lalu klik OKE.

PILIH oke

14. SELESAI. Nada notifikasi WA mu sudah berubah menjadi suara google.

Alternatif lain situs pembuat suara dari text

Cara ini juga sama-sama pake web sob. Cuma bedanya di sini kamu bisa pilih jenis suara google yang mau kamu jadikan ada notifikasi WA. Selain itu, pengaturan bahasanya juga udah otomatis pake bahasa Indonesia, jadi kamu nggak perlu repot-repot setting bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

Oke deh, langsung aja yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka laman https://botika.online/TextToSpeech/.
2. Scroll ke bagian bawah, lalu klik pada kolom “Text to speech”. Hapus tulisan dalam kolom itu kemudian ketikkan kata atau kalimat yang kamu inginkan untuk dijadikan nada notifikasi.

TULISKAN KALIMATMU

3. Selanjutnya klik tanda panah kecil di bawahnya untuk mengatur jenis suara google.

KLIK PANAH KECIL

4. Pilih “Female 1 – Mature, Professional” untuk menghasilkan suara google yang lebih resmi. Atau kamu juga bisa pilih “Female 2 – Youngster, Fast” untuk menghasilkan suara google yang lebih santai dengan tempo yang agak cepat.

PILIH JENIS SUARANYA

5. Pilih tombol “PLAY” untuk mengecek hasil suaranya.

KLIK PLAY

6. Jika sudah yakin dengan pilihanmu, Selanjutnya klik “Saya bukan robot” sampai muncul tanda centang.

7.Selanjutnya pilih tombol “DOWNLOAD” dan tunggu proses unduhannya sampai selesai.

KLIK DOWNLOAD

8. Tunggu hingga download selesai.

Setelah itu kamu bisa mengikuti tutorial kita sebelumnya untuk menyetel suara tsbt ke WhatsApp. Prosesnya kurang lebih sama, dimulai dari memindahkan file ke folder “Notification”, hingga masuk kepengaturan WhatsApp dan mengubah nada notifikasi ke suara hasil download tadi.

Berikut hasil nada notifikasi sudah berubah ke suara google BotikaTTS.

SELESAI

Kenapa tidak ada folder notification? Apakah ada cara mudah untuk settingnya ke WhatsApp?

Saat kamu mau memindahkan file hasil unduhan ke folder Notification, kemungkinan tampilannya agak berbeda dari apa yang kujelaskan di atas sob. Ini karena tampilan setiap HP itu beda-beda. Dan aku pakai HP ASUS ya. Jika kamu bukan pengguna HP ASUS, mungkin aja nggak ada folder notifications. Nah, kamu bisa pakai beberapa solusi berikut ini.

  1. Cari folder ringtones di apk Manager File. Terus kamu bisa memindahkan file hasil unduhan itu ke folder ringtones tsbt.
  2. Jika kamu tetap tidak menemukan folder notification maupun ringtones, coba masuk ke folder Media. Biasanya folder notifications atau ringtones itu ada di dalam folder Media. Jika sudah menemukan folder notifications atau ringtones di dalam Media, pastekan file hasil unduhan disana.
  3. Jika kamu masih tidak menemukannya juga, kamu bisa membuat foldernya sendiri sob. Intinya, file hasil unduhan itu harus masuk ke dalam list nada dering WA.

Admin: Jika kamu baca halaman “Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu” ini, kamu bakal tau kalau pengaturan untuk hal ini memang berbeda-beda antara tiap HP. Ada HP yang mudah banget untuk menambahkan file mp3-nya, bisa langsung dari WhatsApp, ada juga yang perlu copy-paste file ke folder ringtones atau notifications tadi. Dihalaman tsbt dijelaskan contoh dari 4 tipe HP, dan ke-empatnya memiliki cara pengaturan yang berbeda. Jika kamu masih gagal, bisa baca halaman tsbt untuk memahami lebih dalam terkait cara mengganti nada dering WhatsApp ini.

Kenapa nada notifikasi balik lagi ke nada default?

Meski kamu sudah merubah nada notifikasi menggunakan suara google, ada kemungkinan nada notifikasi tsbt akan kembali ke nada dering default sob. Aku sendiri juga sempat mengalami kondisi ini. Nah untuk menangani masalah ini, ikuti solusi-solusi berikut ini.

  1. Setelah mengatur nada dering WA ke suara google, tunggu beberapa menit. Nada notifikasi yang awalnya masih default akan berubah sendiri ke nada notifikasi suara google.
  2. Tapi kalau dalam beberapa menit dia masih nggak mau ganti, coba ulangi langkah ke 10 sampai langkah ke 14 yang sudah aku jelasin di atas.
  3. Kemungkinan ketiganya adalah file suara google tadi hilang atau terhapus dari folder notifications atau ringtones. Jadi, coba cek lagi apakah file itu masih ada di sana atau tidak. Jika tidak ada, kamu harus mendownload ulang dan memindahkannya ke dalam folder tsbt.

Nah, begitulah cara mengganti notifikasi WA dengan suara google. Cara ini gampang banget dipakai karena kamu tidak perlu install aplikasi tambahan apapun.

Ok sampai sini dulu artikel kali ini, kalau ada kendala sewaktu mencoba, komentar aja di bawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba.

7 pemikiran pada “Cara mengganti nada notifikasi WhatsApp dengan suara google”

Tinggalkan komentar