Cara mengganti nada dering notifikasi Facebook

Notifikasi push adalah sebuah fitur yang membuat website atau aplikasi dapat mengirimkan pesan pemberitahuan ke perangkat yang kamu gunakan. Pesan tersebut akan muncul secara otomatis di layar device ketika ada informasi terbaru yang harus kamu buka.

Saat ini, hampir semua aplikasi smartphone populer menyediakan fitur ini. Termasuk aplikasi sosial media seperti Facebook.

Pada aplikasi Facebook sendiri, notifikasi push akan membuat Facebook menampilkan informasi seperti komentar terbaru, aktivitas terbaru dari teman Facebook, permintaan pertemanan hingga info baru dari tawaran marketplace yang kamu ikuti.

Pesan notifikasi push ini nantinya akan muncul saat kamu sedang tidak membuka aplikasi Facebook atau ketika smartphone dalam keadaan terkunci.

Nah, untuk notifikasi push pada Facebook ini, terdapat sejumlah pengaturan yang dapat kamu lakukan agar tampilan notifikasi push atau informasi yang muncul bisa sesuai dengan yang kamu inginkan.

Salah satunya yang dapat kamu ubah adalah nada dering dari notifikasi yang muncul. Jadi, kalau kamu bosan dengan nada dering default dari notifikasi push Facebook, kamu bisa menggantinya dengan nada dering yang kamu sukai.

Merubah Suara Notifikasi di Aplikasi Facebook biasa

Untuk mengubah suara notifikasi push di aplikasi Facebook, silahkan ikuci cara berikut.

1. Buka aplikasi Facebook lalu tap icon “hamburger” di kanan atas.

 Tap icon "Hamburger" di kanan atas.

2. Scroll ke bawah. Lalu tap “Pengaturan & Privasi”.

Tap "Pengaturan & Privasi".

3. Tap “Pengaturan”.

Tap "Pengaturan".

4. Scroll ke bawah. Lalu tap “Pengaturan Notifikasi”.

Tap "Pengaturan Notifikasi".

5. Di halaman “Pengaturan Notifikasi”, scroll ke bawah. Cari bagian pengaturan “Tempat Anda Menerima Notifikasi”, lalu tap menu “Otomatis” yang ada dibawahnya.

Tap "Otomatis".

6. Dihalaman selanjutnya, tap “Nada”.

Tap "Nada".

7. Setelah itu, kamu tinggal pilih nada dering yang kamu sukai. Lalu tap “Ok”.

Pilih nada dering yang kamu sukai. Lalu tap “Ok”.

8. Selesai. Dengan begitu, nada dering untuk notifikasi push pun akan langsung berubah secara otomatis.

nada dering notifikasi push sudah berubah.

Merubah Suara Notifikasi di Aplikasi Facebook Lite

Fitur untuk mengubah suara notifikasi push di Facebook hanya terdapat di aplikasi FB saja. Sementara pada FB Lite dan Facebook yang dibuka di browser hanya terdapat pilihan untuk menyalakan atau mematikan notifikasi push. Tidak ada pilihan untuk mengganti suara notifikasi default dengan nada dering lain.

Tapi untuk FB Lite sendiri bisa diakali dengan cara mengubah suara notifikasinya melalui menu pengaturan umum yang tersedia di smartphone android. Caranya adalah sebagai berikut.

NOTE: Disini kita akan melakukan pengaturannya melalui pengaturan ponsel, dan kamu harus tau, bahwa tampilan screenshot dibawah bisa berbeda jauh dengan ponsel kamu. Ini karena ponsel Android memiliki varian, tergantung produsen ponsel tsbt. MIUI oleh xiaomi, ColorOS oleh Oppo, One UI oleh samsung, dll.

1. Buka “Setelan” atau “Setting” di ponsel kamu.

Tap "Setelan".

2. Scroll ke bawah dan tap “Notifikasi”.

Tap "Notifikasi".

3. Dihalaman pengaturan notifikasi ini, cari dan tap aplikasi “Facebook Lite”.

Tap "FB LIte".

4. Selanjutnya aktifkan sejumlah pengaturan seperti “Izinkan Suara”,“Notifikasi Mengambang” dan “Notifikasi layar kunci”.

Setelah itu, di menu “Kategori Notifikasi” yang terdapat dibagian bawah, kamu bisa tap notifikasi yang suaranya ingin kamu ubah. MIsalnya, jika kamu ingin mengganti suara notifikasi untuk semua komentar dari orang lain, maka kamu bisa tap “Komentar”. Atau jika kamu ingin mengganti notifikasi untuk “Marketplace”, kamu tinggal tap bagian “Marketplace”.

5. Disini misalnya saya pilih “Komentar”. Dihalaman pengaturan “Komentar ini”, pilih menu “Suara”.

Tap "Suara".

6. Berikutnya kamu akan dihadapkan ke pemilihan suara. Tampilannya akan berbeda tergantung ponsel, jadi silahkan sesuaikan saat mencari nada dering yang kamu suka. Disini saya harus pilih kategori suara, lalu tap pada icon “lonceng” di sebelah kanan nada dering, lalu menekan tombol “OK” untuk memilih nada dering tsbt.

7. Selesai. Suara notifikasi push di aplikasi FB Lite berhasil diganti.

Notifikasi push sudah berhasil diubah.

Itulah cara merubah suara notifikasi push di aplikasi Facebook dan Facebook Lite. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, nantinya smartphone akan memainkan nada dering yang kamu pilih setiap kali ada notifikasi push dari Facebook yang masuk ke smartphonemu.


Sekian untuk tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar