Cara Mengganti Tema DM Instagram

Sebagai media sosial yang popular di Indonesia, Instagram terus menyuguhkan pembaruan-pembaruan untuk menarik minat para penggunanya. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan pembaruan fitur. Kamu udah tau belum sih fitur apa aja fitur yang diperbarui oleh instagram?

Nah, info aja nih ya. Salah satu fitur terbaru Instagram yang bisa kita nikmati adalah fitur tema obrolan atau DM. Fitur “tema DM Instagram” ini beda lho ya sama fitur “tema Instagram”.

Supaya nggak salah paham, yuk simak dulu penjelasan tentang perbedaan “tema DM Instagram” sama fitur “tema Instagram” berikut ini.

  • Tema Instagram. Fitur ini menyediakan dua pilihan tema, yaitu tema terang dan gelap. Jika kamu memilih tema terang, maka warna latar belakangnya akan menjadi putih. Sebaliknya, jika kamu pilih tema gelap, maka warana latar belakang akan menjadi hitam. Fitur ini biasa digunakan untuk mengubah tema Instagram secara keseluruhan. Misalkan kamu mengubah tema instagrammu menjadi gelap, maka tampilan beranda, explore, notifikasi, maupun DM akan berwarna gelap atau hitam. Nah inilah yang membedakannya dengan tema DM Instagram.
  • Tema DM Instagram. Fitur ini tidak mengubah tema secara keseluruhan. Fitur ini hanya akan mengubah tampilan obrolan saat kamu berbagi DM dengan orang lain. Jadi, walaupun kamu sudah mengubah tema DM Instagram, itu tidak akan berpengaruh pada tampilan beranda, explore, notifikasi, dan lain sebagainya. Nah, untuk pilihan temanya, di sini ada lebih banyak pilihan yang bervariasi ya sob. Kira-kira ada sekitar dua puluh lima pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Wah mantap nggak tuh?

Nah, yang akan dibahas kali ini, khusus tema DM instagram ya sob.

Langkah-langkah mengganti tema DM Instagram

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus memastikan dulu ya kalo instagrammu sudah terupdate ke versi terbaru. Karena fitur ini tidak bisa ditemukan kalau kamu masih menggunakan Instagram versi yang lama. Jika sudah diupdate, selanjutnya kamu bisa mempraktikkan cara-cara di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram dan klik menu DM yang terdapat pada pojok kanan atas layar beranda.

pilih tombol DM

2. Pilih salah satu teman yang ingin kamu ajak chatting. Lalu pilih tombol yang ada pojok kanan atas. Perhatikan contoh gambar!

pilih menu pojok kanan atas

3. Klik menu “Tema” yang ada di atas foto profil.

pilih menu tema

4. Selanjutnya kamu bebas memilih pilihan tema yang tersedia sesuai dengan keinginanmu.

pilih tema favoritmu

5. Jika kamu sudah selesai memilih, maka tema DM instagrammu akan berubah seperti contoh gambar di bawah ini.

tema telah berubah

6. Kamu juga akan mendapat notifikasi bahwa kamu telah mengubah tema obrolan sesuai tema yang sudah kamu pilih.

notifikasi

7. Selesai deh.

Gimana sob, gampang bgt kan ya? Di sini kamu bisa memilih tema yang berbeda antara teman chatting satu dengan teman chatting lainnya lho. So, kalau temanmu itu anaknya agak ekspresif, pilih aja tema yang colorfull. Tapi kalau teman chattingmu yang satunya lagi anaknya lebih kalem, pilih aja tema yang soft. Asik bgt kan?

Bagaimana jika tema DM Instagram tidak muncul?

Terkadang, meskipun kamu sudah update IG-mu ke versi terbaru, fitur ini mungkin saja tidak muncul. Pasti kamu bete bgt kan kalau teman-temanmu udah pada bisa menikmati fitur ubah tema DM IG, tapi fitur ini malah nggak mau muncul di HP-mu. Nah, hal ini bisa terjadi sebab kamu belum mengatur pembaruan DM IG-mu. Simak dan praktikkan petunjuk berikut ya.

1. Pilih tombol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas pada profil instagrammu.

pilih tombol titik tiga

2. Selanjutnya pilih tombol “Pengaturan” di bagian bawah.

pilih pengaturan

3. Pilih “Perbarui pesan”.

pilih perbarui pesan

4. Selanjutnya akan muncul keterangan seperti gambar di bawah. Kamu hanya perlu pilih tombol ”Perbarui”.

perbarui

5. Setelah itu kamu bisa menuju halaman DM dan pilih teman yang ingin kamu ajak berkirim pesan.

pilih teman

6. Pilih tombol yang ada pojok kanan atas untuk mengecek muncul tidaknya fitur ubah tema DM.

pilih tombol pojok kanan atas

7. Fitur ubah tema DM sudah bisa kamu gunakan.

Gimana nih sob, gampang banget kan cara untuk mengubah tema DM Instagram? Nah, kamu wajib banget cobain fitur baru itu karena dijamin suasana chattingmu akan jauh lebih asik. Kamu bisa memilih tema yang berbeda untuk orang satu dengan orang lainnya. Wah, seru bgt ya?

Tapi buat kamu yang masih belum bisa menikmati fitur ini, coba cek dulu apakah aplikasi instagrammu sudah diupdate ke versi terbaru apa belum. Kalau aplikasinya sudah diupdate tapi fitur ini masih belum muncul  juga, coba lakukan cara perbarui pesan yang sudah tertera di atas ya.

Selamat mencoba 😊

Tinggalkan komentar