Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa

Salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk membuat kelas maya adalah Google Classroom.

Walaupun kelas online memberikan kemudahan dalam mengajar, tidak dapat dipungkiri pembelajaran tatap muka lebih disarankan (lebih baik) karena terdapat nilai-nilai budi pekerti, karakter yang ditanamkan oleh guru serta interaksi guru dan siswa yang dapat menyentuh hati, memberikan semangat, keteladanan, tatapan hangat dan jalinan kasih sayang antara siswa dan guru. Pada kelas daring, hal ini tentu tidak bisa didapatkan semua.

Namun , Indonesia mencatat sejarah pertamanya pada dunia pendidikan dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan sekolah libur tidak pada jadwalnya.

Pada peristiwa yang luar biasa ini pemerintah akhirnya memutuskan pembelajaran tetap dilakukan namun siswa tidak hadir disekolah. Siswa melakukan BDR (Belajar Dari Rumah) sampai batas waktu yang belum ditentukan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Berdasarkan kondisi seperti inilah kelas maya atau daring menjadi pilihan terbaik untuk para guru agar proses belajar mengajar tetap berjalan meskipun dari rumah dan tidak membahayakan kesehatan guru dan siswa karena tetap memberlakukan social distancing sesuai anjuran pemerintah.

Media pembelajaran secara online memiliki banyak pilihan yang dapat digunakan oleh para pengajar untuk membuat kelas daring. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Selain itu platform yang bisa digunakan untuk membuat sekolah virtual juga sangat banyak misalnya whatsapp group, telegram, microsoft team, webex, google classroom, dll.

Pada artikel ini mimin akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan google classroom. Dalam aplikasi Google Classroom terdapat dua mode yaitu untuk pengajar (guru) dan siswa, kedua mode ini memiliki perbedaan ya tentunya.

Nah kali ini mimin akan bahas bagaimana cara kamu mengikuti kelas maya di google classroom. Artikel ini mimin tujukan untuk siswa ya, agar siswa yang belajar menggunakan google classroom lebih paham dalam proses pembelajarannya.

Perangkat yang digunakan untuk pembelajaran di Google classroom bisa menggunakan PC/Laptop, Android dan iPhone/iPad.

Yuk simak pembahasannya sampai selesai !

Tutorial Google Classroom untuk siswa

Kita akan bagi penjelasannya menjadi beberapa bagian, agar mudah dipahami. Jadi alurnya adalah “Bergabung ke kelas yang disediakan”, dilanjutkan dengan “melihat materi”, setelah itu dilanjutkan dengan “mengerjakan dan menyerahkan tugas”, terakhir barulah “melihat nilai.

Berikut kita akan bahas satu persatu.

A. Bergabung ke kelas yang disediakan

Untuk menggunakan google classroom kamu harus memiliki alamat email dari google (Gmail). Jika belum punya, silahkan dibuat dulu. Bisa baca halaman bukugue.com/cara-membuat-email-gmail untuk informasi pembuatan email gmail.

Google Classroom dapat diakses menggunakan aplikasi google classroom yang bisa kamu unduh di playstore atau mengunjungi laman via web di alamat classroom.google.com. Tapi kali ini mimin akan bahas tutorial menggunakan aplikasi googleclassroom ya… agar lebih jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu pastikan kamu sudah mendownload dan menginstall aplikasinya di smartphone kamu ya , supaya kita satu persepsi. hehehe

Cara bergabung ke kelas ada 3 cara, yaitu :

  • Melalui Link : Guru membagikan link kelasnya kepada kamu
  • Melalui Kode kelas : Guru memberikan kode kelas nya
  • Melalui Undangan Email : Guru mengundang kamu kekelas melalui email.

1. Bergabung ke Kelas Melalui Link

Langkah Pertama, Klik link kelas yang dibagikan oleh gurumu. Setelah di klik akan muncul icon google classroom kemudian kamu klik untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Langkah Kedua, Pastikan kamu sudah login menggunakan gmail yang akan kamu gunakan untuk Google Classroom.

Note : Jika akun Gmail kamu ingin diganti , klik ganti akun sebelum mengklik tombol gabung.

Langkah ketiga, Klik Gabung untuk bergabung di google classroom yang dibuat oleh gurumu.

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 5

2. Bergabung ke Kelas melalui Kode Kelas

Langkah pertama, login menggunakan akun gmail kamu lalu masuk aplikasi Google classroom.
Langkah kedua, pada pojok kanan bawah terdapat tanda “+” klik tanda tersebut kemudian pilih menu “Gabung Kelas”

Langkah Ketiga, Masukkan kode kelas dari guru mu kemudian klik “gabung”

Langkah Keempat, Setelah bergabung kamu siap mengikuti pembelajaran pada google classroom yang dibuat oleh gurumu.

3. Bergabung ke Kelas Melalui Undangan Email

Langkah Pertama, Buka email yang kamu gunakan untuk classroom

Langkah Kedua, Pada undangan email klik “Gabung”, kemudian pilih email yang akan digunakan atau login menggunakan akun email lain untuk googleclassroom lalu klik OK.

B. Melihat Materi

Langkah Pertama, Klik menu “Tugas Kelas” pada Google Classroom

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 23

Langkah Kedua, Pilih Icon Buku , lalu klik maka akan muncul materi pembelajaran. Materi pembelajaran bisa dalam bentuk buku elektronik, file, atau video tergantung postingan yang gurumu buat.

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 25

C. Mengerjakan dan Menyerahkan Tugas

Langkah Pertama, Pilih menu “Tugas Kelas” kemudian pilih icon “lembar kerja” yang berisi tugas.

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 27

Langkah Kedua, pilih tugas yang akan kamu kerjakan.

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 29

Langkah Ketiga, Kamu akan diarahkan pada halaman berikutnya yang berisi tugas, biasanya dalam bentuk google form atau sejenisnya. Kerjakan tugas tersebut , setelah selesai klik “Tandai Sebagai Selesai” maka tugas akan terkirim pada gurumu.

D. Melihat Nilai

Langkah Pertama, Pastikan tugas yang kamu serahkan sudah di koreksi dan di beri nilai oleh gurumu.
Langkah Kedua, Pilih “Kelas” dan klik “Tugas Kelas” kemudian pilih “tugas kamu”. Jika ingin melihat detail penilaian kamu tinggal klik “Nilai”.

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa 37

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai cara menggunakan Google Classroom. Kalau menurut kamu bagaimana gaes yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk mengerjakan tugas? apakah kesulitan? atau malah lebih mudah? yuk share pengalamanmu di kolom komentar!

Semoga artikel ini dapat membantu. Terimakasih sudah membaca artikel mimin sampai habis. See you…

14 pemikiran pada “Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa”

  1. wah informasi yang sangat bermanfaat sekali kak untuk kita-kita yang masih sekolah maupun kuliah, sekarang kami tidak kebingungan lagi dalam menggunakan classroom. Terima kasih banyak kak 🙂 hehehe

    btw, perkenalkan nama saya Hensceh Gunawan, mahasiswa ISB Atma Luhur. Terima kasih banyak ya kak 🙂

    Balas
    • salam kenal juga mas… hehe.. ada apa dengan atmaluhur, dari kemarin ada banyak banget komentar SPAM yang diulang2 promosikan kampus ini..

      ini salah satu komentar yang aku setujui, karena setidaknya komentarnya naymbung sama topik tulisan ini.. 😀

    • betul mas yudha, setujui jika nyambung dengan topik saja, jangan terima komentar yang hanya copy paste..minimal mas hensceh membaca konten di web mas baru memberikan komentar. memang ini tujuan kampus memberikan tugas ke mahasiswanya..terimakasih mas yudha sudah menggaprove komen yang murni dari mahasiswanya karena membaca 🙂

    • tugas model apa yang suruh mahasiswanya kirim komentar SPAM kemana2 mas..? jujur, dengan begini, reputasi atmaluhur bakal lebih menurun..

      harusnya, kalau mahasiswa diminta bikin promosi, jangan lewat komentar.. misalnya minta mahasiswa kontribusi dengan cara menulis sesuatu, kirim ke situs2 besar seperti di grid, kompasiana, dll. Nanti di bagian BIO, baru tuliskan bahwa dia mahasiswa atmaluhur.. Setidaknya tulisan mereka bakal dibaca dan bermanfaat buat banyak orang.. dan kesannya lebih keren, karena mahasiswanya bisa nulis..

      yang bisa ditulis banyak banget kok, mulai dari topik simpel, opini, hingga topik2 berat yang hanya bisa dibaca sama mahasiswa aja…

    • tugas yang ini sebenarnya hanya gampang, hanya mencari website2 yang dibangun menggunakan CMS WordPress mas Yudha..sebagai bukti mereka sudah mencari, mereka diminta meninggalkan jejak komentar dan link ke web kampus,
      setelah mengerjakan ini, harusnya mereka akan terinspirasi “wah banyak sekali web yang bisa dibangun dengan WordPress”.
      nama matakuliahnya rekayasa web, dengan banyaknya mereka melihat web yang dibangun dengan wordpress, mereka akan lebih terbuka pikirannya wordpress itu bukan itu2 saja.

      hanya..yang disayangkan itu, ada “yang berbaik hati” memberikan list website yang mereka komen ke teman lainnya..sehingga pasti spam lah karena isinya itu2 saja (mereka copy paste..salah satunya web mas yudha ini).

      klo mereka kreatif, tentu nya akan nyoba nyari web lain dimana bukan web yang sudah ada “temannya” komen.

      makasih mas yudha 🙂

    • oh gitu…kirain diminta promosi, soalnya selalu pake link tiap komentarnya… 😀

      sebenarnya kalau komentarnya “nyambung” itu bakal mudah diaprove kok mas.. contohnya komentar mas ini langsung masuk ke tab “pending”.. sedangkan kalau komentar yang “copas” tadi, biasanya langsung masuk ke kotak SPAM.. jadi justru lebih sulit buat mereka nyelesaiin tugas dengan cara copy paste komentar tadi…

      diawal2 aku memang dapet komentarnya, dan harus tekan tombol SPAM secara manual.. tapi seperti yang mas tau, di wordpress itu ada plugin yang membantu untuk hal ini.. aku pakai plugin akismet (ini plugin paling populer untuk deteksi SPAM)..sekarang aku liat, rata2 udh masuk ke kotak SPAM…

      jadi komentar copas justru bikin komentarnya hilang dan ga bakal keliatan oleh pihak admin web..

    • betul mas yudha..makanya saya dari awal dah bilang setuju cara mas yudha dan cara mas hensceh 😀
      karena itu lah sejatinya..dia bisa komen nyambung pasti dia membaca apa yang ditulis yang punya web (admin)
      itu lah pembelajaran jarak jauh kayak gini mesti sering2 liat artikel bukan di kampus saja…
      saya yakin pasti mas merasa terganggu lah oleh komen2 yang tidak bermanfaat kayak gitu..karena yang diminta sebenernya adalah berikan komentar yang bermanfaat..klo komentar copy paste ya kita sama2 tau lah…(ganggu saja)
      terimakasih mas 🙂

    • sama2 mas..

      intinya kalau diaku mah, kalau komentar ga nyambung, ga bakal aku approve.. komentar soalnya menjadi “bagian” dari halaman tsbt, dan di index oleh google. jadi komentar yang baik bisa membantu untuk ranking di google. Kalau yang jelek justru merusak..

  2. Terimakasih kak ats artikelnya, sangat bermanfaat sekali bagi saya dan yang lain jga, setelah membaca artikel kaka saya jdi ga kebingungan lg menggunakan classroom, terus berkarya kak. Perkenalkan nama Alfina mahasiswa ISB ATMA LUHUR, terimakasih

    Balas
  3. wahh alhamdulillah ,,berkat artikel kakak saya bisa menyelesaikan tugas kuliah saya. soalnya saya masih sedikit binggung waktu menggunakan google classroom. terimakasih banyak kak. Perkenalkan saya Astrid Fajriyanti Fadillah, anak ISB Atmaluhur

    Balas
  4. Terima kasih Ya kak untuk artikelnya, ini sangat berguna dan bermanfaat sekali untuk pelajar maupun mahasiswa dimasa pndemi yg mana sistem bljr mlalui classroom. Tdak sdikit yg masih bngunh dgn artikel ini mngkin bisa mmbantu.
    Oh iya kak perkenalkan saya Ria Resti mahasiswa dari ISB Atma Luhur

    Trima kasih kak🙏🏻

    Balas

Tinggalkan komentar