Cara menggunakan fitur Photobooth di Instagram

Belum lama ini Instagram meluncurkan fitur baru yang cukup menarik. Fitur ini adalah fitur Photobooth.

Dari namanya, fitur ini mengacu ke kios photo booth di dunia nyata. Jika dilihat dari hasil pengambilan story dengan fitur ini, memang ada kemiripan antara photobooth Instagram dengan Photo Booth di dunia nyata.

Secara sederhana, fitur photobooth adalah fitur untuk membuat video slideshow dari gabungan beberapa foto. Berikut contoh story dengan Photobooth, supaya kamu lebih paham mengenai fitur ini.

Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur ini? Langsung saja simak pembahasan dibawah.

Cara menggunakan Photobooth di story Instagram

1. Buka aplikasi instagram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda instagram. Silahkan masuk ke halaman pembuatan story seperti biasa.

masuk ke halaman cerita

3. Dihalaman pembuatan story ini terdapat beberapa ikon yang ada dibagian samping. Pilih ikon photobooth seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

klik pothobooth

4. Jika sudah, tekan ikon lingkaran untuk mulai mengambil photo. Saat kalian akan mengambil foto, akan muncul hitungan mundur 3,2,1, lalu kamera akan mengambil beberapa photo berturut-turut dalam satu kali rekam.

muncul detikan saat merekam

5. Setelah mengambil foto, akan muncul tulisan “memproses”. Tunggu beberapa detik.

tunggu prosesnya selesai

6. Setelah selesai ‘memproses’, kalian sudah bisa melihat hasil photobooth tadi disini. Sampai disini kalian sudah bisa upload hasilnya ke story kalian, tapi disini saya ingin jelaskan terkait efek. Untuk mengganti efek, tap ikon Photobooth yang ada dibagian atas.

klik pothotbooth

7. Dibagian bawah kalian akan menemukan 6 pilihan efek, kalian bisa coba satu persatu. Disini saya pilih efek ‘Filmstrip’ diurutan ke 4. Setelah itu memilih efek, tunggu beberapa saat untuk diproses, setelah itu tap ikon ‘centang’ untuk menyimpan.

8. Sampai disini efek sudah berhasil diterapkan, kalian bisa tambahkan stiker, text, dll seperti pada saat membuat story biasa. Jika tidak ada yang ingin ditambahkan, langkah selanjutnya adalah memposting story ini seperti biasa, tap tombol “Kirim ke”, pilih mau dibagikan kemana, lalu tap tombol ‘Selesai’.

9. Selesai. Inilah hasilnya, photobooth dengan efek filmstrip.

Dengan menggunakan fitur photobooth, kalian bisa bisa membuat video slideshow keren dengan mudah. Sedikit catatan, dilangkah 7 saat pemilihan efek, pastikan untuk mencobanya beberapa kali jika tidak terlihat perubahan, pastikan juga sinyal kalian cukup kuat sehingga efeknya benar-benar terdownload.

Bagaimana kalau fitur photobooth tidak muncul?

Dari pengalaman saya, fitur ini sudah tersedia untuk pengguna indonesia, beda dengan fitur membuat story dengan lagu yang tidak tersedia secara default untuk pengguna indonesia.

Kalau fitur ini tidak muncul, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Coba mulai dari yang paling atas, jika tidak berhasil, coba tips berikutnya.

  1. Pastikan sudah dicek dibagian yang tersembunyi. Digambar pertama tidak terlihat ikon Photobooth, setelah tap ‘panah kebawah’, terlihat lebih banyak menu, dan salah satunya adalah ‘Photobooth’ tadi.
  1. Pastikan aplikasi Instagram sudah di update ke versi paling baru
  2. Restart HP
  3. Bersihkan cache dari aplikasi Instagram, paksa berhenti, lalu buka kembali aplikasi Instagram tsbt.
  4. Uninstall dan Install ulang aplikasi Instagram.

Itulah beberapa tips general untuk mencoba memunculkan fitur yang hilang. Jika kalian ada tips lain, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah.


Sekian pembahasan terkait fitur Photobooth Instagram ini. Semoga tulisan ini bisa membantu kalian. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar