Cara Menghapus Direct Message Twitter Sekaligus

Terlalu banyak Direct Message (DM) yang masuk ke Twitter kamu? Ingin hapus tapi bingung bagaimana caranya? Kamu sedang membaca artikel yang tepat!

Kali ini aku akan membagikan tips berupa cara menghapus DM Twitter sekaligus. Seperti biasa, tentunya artikel bukugue.com akan kasih tau kiatnya step by step, disertai penjabaran yang lengkap.

Tak perlu pengantar yang lebih panjang, yuk simak penjelasan berikut ini! Aku harap kamu membacanya hingga tuntas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Menghapus Banyak DM Twitter Sekaligus dengan REDACT

Redact adalah penghapus DM massal yang cukup populer saat ini. Tak heran, ini dikarenakan penggunaannya yang sangat sederhana dan efektif. Dijamin, semua pesan spam yang masuk ke bilik DM kamu akan lenyap sekaligus.

Aku sudah mencoba berbagai tools lainnya; seperti DMCleaner.com, Twitter Archives Eraser, Twitter DM Deleter, dan berbagai situs/tools lain yang diklaim bisa menghapus DM secara massal. Namun hasilnya tidak memuaskan.

Bahkan pada beberapa situs yang dulunya populer seperti DMCleaner.com untuk menghapus DM, saat ini tidak bisa diakses.

Oleh karena itu, aku menyarankan untuk menggunakan Redact. Sebab sejauh ini, tools tersebutlah yang terbukti berfungsi secara efektif, mudah digunakan, serta aman dari malware atau risiko berat lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati fitur canggih yang ditawarkan oleh Redact secara GRATIS!

Admin note: Redact hanya bisa digunakan di PC, selain itu versi gratisnya membatasi kemampuan menghapus DM hanya untuk 30 hari terakhir. Jika ada aplikasi yang menurut kalian lebih baik, mohon tinggalkan sarannya di kolom komentar dibawah. Thanks

Baca juga :  Cara mengetahui apakah kita diblokir seseorang di twitter

Tanpa basa-basi, yuk langsung saja. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Download & Install Redact ke PC/Laptop kamu terlebih dahulu disini redact.dev/download. Klik “Install“.

Mulai menginstal tools Redact ke PC/Laptop

2. Setelah selesai mengunduh, jalankan setup Redact di folder Download pada PC, dengan cara mengklik “Redact-Setup-0.16.4” sebanyak dua kali.

Jalankan Setup Redact

3. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
4. Apabila proses instalasi berhasil, Redact akan langsung berjalan secara otomatis. Jika tidak, kamu bisa jalankan aplikasi-nya seperti aplikasi lain pada umumnya.
5. Saat masuk ke dalam Redact, kamu akan melihat fitur yang sangat banyak, sehingga kemungkinan akan membingungkan. Namun jangan khawatir, kamu cukup mengklik tombol “Service” di samping kiri layar.

Mengklik tombol servis Redact

6. Pilih “Twitter“, yang terletak di bagian bawah layar.

Memilih fitur yang tersedia di Redact

7. Untuk langkah selanjutnya, kamu perlu masuk ke akun Twitter-mu. Klik “Log in“.

Log in ke akun Twitter

8. Masukkan username yang kamu gunakan untuk Twitter.

Memasukkan username Twitter


9. Selanjutnya masukkan password Twitter kamu dengan benar, lalu klik “Log in“.

Masukkan password Twitter

10. Kamu berhasil Log in. Selanjutnya, klik “Delete Direct Message“;

Klik "Delete Direct Message"

11. Klik “Select All” untuk menghapus seluruh Direct Messages yang ada di akun kamu, atau kamu juga bisa memilih jika ada DM yang tidak ingin kamu hapus.

Memilih DM yang akan dihapus secara massal

12. Tentukan sejauh mana kamu ingin menghapus DM (untuk fitur yang FREE, maksimal 30 hari terakhir).

Menentukan rentang waktu DM yang ingin dihapus

13. Setidaknya ada empat mode pilihan untuk menghapus massal Direct Message di Redact. (1) Preview Mode: Terlebih dahulu melihat DM yang akan dihapus dengan teliti, sebab tidak akan bisa dikembalikan, (2) Deletion Mode: Langsung menghapus DM yang dipilih tanpa preview, (3) Select & Delete Mode: Memungkinkan kamu untuk menghapus secara langsung DM yang kamu klik, (4) Schedule Deletion: Mengatur jadwal penghapusan.

Baca juga :  Cara membaca pesan di DM Twitter tanpa ketahuan

Apabila kamu menggunakan fitur gratisan dan sudah yakin untuk menghapus DM terpilih, klik “Deletion Mode: Delete without Previewing“. Sebagaimana ditunjuk oleh anak panah pada gambar di bawah;

Memilih mode penghapusan di Redact

14. Klik “Start Deleting“, dan jangan lupa untuk beri centang pada box “Terms of Service”, seperti yang dilingkari pada gambar berikut;

Centang box Terms of Service & klik Start Deleting

15. Tunggu hingga proses penghapusan selesai, ditandai dengan munculnya popup bertuliskan “Deletion Completed“. Selamat! Kamu berhasil menghapus DM secara massal sekaligus.

Notifikasi proses penghapusan selesai

16. Sekilas saat proses penghapusan selesai, kamu bisa melihat arsip DM yang telah hilang dari akun Twitter kamu. Berbagai DM tersebut akan ditandai dengan tulisan “Deleted“;

Me-review kembali DM yang berhasil terhapus

17. Lihat perbandingan room chat kamu, antara sebelum & sesudah menggunakan fitur dari Redact. Gimana? Langsung bersih dari pesan-pesan berbau spam, bukan?

Sebelum penghapusan DM oleh Redact
Sebelum dihapus
Roomchat Twitter yang telah dihapus Redact
Setelah dihapus

Admin : Dari yang aku liat, Redact sangat bagus untuk mengelola dan menghapus sesuatu di sosmed kita. Bukan hanya Twitter, aplikasi ini bisa digunakan untuk FB, IG, dll. Sayangnya versi premiumnya biayanya cukup besar (sekitar 600ribu-an pertahun). Untuk pengguna sosmed biasa, bukan profesional atau brand, harganya cukup bikin kantong tipis. 😀

Mencegah Banyak DM Twitter yang Masuk Untuk kedepannya

1. Menonaktifkan Permintaan Mengirim Pesan

Kamu bisa mencegah non-mutual dalam mengirim DM Twitter ke kamu dengan cara menonaktifkan permintaan mengirim pesan di pengaturan. Hal ini hanya akan bekerja dengan baik apabila non-mutual tersebut sama sekali belum pernah nge-DM kamu.

Untuk caranya, kamu bisa baca disini.

2. Blokir Mutual yang Meresahkan

Definisi meresahkan di sini bisa bermacam-macam, Sob. Bisa jadi dia nge-spam, ngirimin kamu link phising, atau bahkan konten tak senonoh. Nah, ngeblokir ini bisa menjadi solusi jitu apabila tidak ada alternatif lain guna mengatasi mutual-mutual yang meresahkan.

Baca juga :  Cara membuat (dan menggunakan) fitur list di Twitter

Untuk proses blokir bisa baca disini bukugue.com/blokir-akun-di-twitter/

Selain memblokir, kamu juga bisa me-report orang tersebut. Hal ini bertujuan agar Twitter bisa mendeteksi akun-akun yang menimbulkan keresahan.

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta mutual atau followers kamu me-report orang tersebut bersamaan; semakin banyak report yang masuk, semakin cepat akun meresahkan itu dilumpuhkan oleh Twitter.

3. Menulis Peringatan di Bio Twitter

Jika kamu tidak menginginkan Direct Message (DM) dari mutual atau followers; tidak ada salahnya menulis kalimat peringatan di bio kamu, yang mengisyaratkan bahwa kamu tidak ingin dikirimi pesan oleh siapa pun.

Kalimat seperti, “No DM”, atau “Tidak menerima DM”, setidaknya bisa mencegah sebagian pengguna (yang masih punya common sense) untuk tidak mengganggu kamu.


Demikianlah tips dan cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan menghapus DM yang menumpuk di akun Twitter kamu. Apabila kamu menemukan kesulitan dalam penggunaan Redact, jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu, jika dirasa bermanfaat. Hehehe. Sampai jumpa di pembahasan lainnya!

Admin: Sekali lagi aku ingatkan, jika teman-teman punya rekomendasi aplikasi lain, yang lebih murah atau bahkan gratis, bisa share dibawah.

Tinggalkan komentar