Cara Menghapus Permanen Grup di Messenger (Panduan lengkap)

Saat kita tidak lagi memerlukan grup Messenger yang telah kita buat atau kita kelola, maka pilihan terbaiknya adalah menghapusnya. Dengan demikian, tidak akan ada lagi yang dapat mengakses grup tersebut.

Tapi menghapus grup Messenger sendiri tidak semudah membuatnya.

Untuk membuat grup Messenger, cukup tap pilihan “Buat Grup Baru” dan masukan beberapa anggota ke dalamnya. Hal ini berbeda saat kamu ingin menghapus grup Messenger, kamu akan kesulitan untuk menemukan tombol yang dapat menghapus grup tsbt.

Ini karena pihak Facebook sendiri memang tidak menyediakan tombol untuk menghapus grup Messenger.

Hal yang perlu diketahui

Kamu tidak bisa benar-benar menghapus grup Messenger. Meski demikian, kamu masih bisa menonaktifkan atau menutup grup tersebut sehingga tidak ada lagi yang dapat memperbaharuinya.

Setelah menonaktifkan atau menutup grup Messenger, tidak akan ada lagi yang dapat mengirim pesan dan menambahkan orang lain ke grup tersebut. Sayangnya, semua percakapan sebelum grup dihapus sudah tersimpan di grup dan semua orang yang sebelumnya menjadi anggota grup masih bisa melihat arsip percakapan tersebut. Jika kamu tidak keberatan dengan hal itu, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan dibawah.

Langkah-langkah menghapus Grup Messenger

Cara yang saya bahas ini bisa dilakukan di aplikasi Messenger dan Messenger Lite. Jadi silahkan buka salah satu dari aplikasi tersebut. Kemudian ikuti petunjuk berikut untuk menonaktifkan grup Messenger.

1. Tap grup Messenger yang ingin kamu hapus.

Tap grup yang ingin kamu hapus.

2. Tap icon “i” di kanan atas.

Tap icon "i".

3. Tap “Lihat Anggota Grup”.

Tap "Lihat Anggota Grup".

4. Tap salah satu anggota grup.

Tap salah satu anggota grup.

5. Tap “Hapus Dari Grup”.

Tap "Habus Dari Grup".

6. Kamu akan kembali ke menu “Anggota”. Hapus semua anggota dengan mengulangi langkah no 4 dan 5. Setelah itu, kembali ke halaman sebelumnya dengan tap icon panah di kiri atas.

Artikel Lainnya :  Cara cek perkiraan cuaca di Facebook

7.  Tap “Keluar dari Grup”.

Cara Menghapus Permanen Grup di Messenger (Panduan lengkap) 10

8. Tap “Keluar dari Grup” sekali lagi.

Cara Menghapus Permanen Grup di Messenger (Panduan lengkap) 12

9. Selesai. Kamu akan kembali ke halaman utama.

Grup sudah dinonaktifkan.

Setelah melakukan langkah di atas, semua orang yang telah menjadi anggota grup masih bisa melihat-lihat grup yang kamu nonaktifkan. Mereka juga akan melihat bahwa kamu telah mengeluarkan mereka dari grup. Meski demikian, mereka tidak akan dapat lagi mengirim pesan atau melakukan hal lain pada grup tersebut.

Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Beberapa sumber :

https://webapps.stackexchange.com/questions/37221/how-can-i-delete-messages-from-group-chat-in-facebook

https://www.quora.com/How-can-I-delete-the-whole-Facebook-group-chat-conservation-so-that-no-member-can-see-the-conversation


Tinggalkan komentar