Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah)

Grup Facebook adalah ‘tempat’ yang bagus untuk berinteraksi dengan banyak orang. Facebook memudahkan penggunanya untuk tetap terhubung menggunakan Grup Facebook.

Meskipun grup Facebook bermanfaat dan memiliki potensi berbagi yang luar biasa, tetapi ada banyak alasan penggunanya untuk mempertimbangkan menghapus grup Facebook miliknya.

Nah di artikel kali ini saya akan membagikan langkah-langkah mudah untuk menghapus grup Facebook.

Siapa yang bisa menghapus grup Facebook?

Langkah untuk menghapus Grup Facebook cukup sederhana. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk menghapus grup Facebook kamu. Kamu hanya dapat melakukannya jika kamu termasuk dalam dua jenis pengguna berikut :

Admin Pemilik Grup adalah seorang ADMIN dan pembuat grup tersebut. Pemilik Grup Facebook harus menghapus semua anggota dari grup terlebih dahulu. Setelah ini selesai, pemilik grup cukup mengklik opsi ‘Keluar dari Grup’ untuk menghapus grup dan itu akan dihapus dari Facebook secara permanen.

Admin adalah anggota grup yang dipilih pemilik grup untuk menjadi admin. Anggota grup sebagai admin ini hanya dapat menghapus grup jika semua anggota telah keluar, termasuk pemilik aslinya. Atau, admin hanya dapat mengarsipkan Grup Facebook saat anggota, termasuk pemiliknya, masih ada di grup.

Pengarsipan grup adalah alternatif penghapusan, yang berarti bahwa grup tidak lagi muncul untuk non-anggota, tidak muncul di pencarian Facebook, dan mencegah anggota baru untuk bergabung.

Cara Menghapus Grup Facebook Yang Kita Buat Sendiri

  1. Masuk ke aplikasi Facebook seperti biasa.
Beranda Facebook

2. Dari beranda Facebook klik ‘gambar icon grup’.

Pengaturan Grup Facebook

3. Kemudian pilih opsi ‘Grup Anda’.

Hapus grup Facebook

4. Pilih atau klik grup milikmu yang akan dihapus.

Hapus grup di fb

5. Di beranda grup pilih pengaturan Admin atau ‘icon bintang’.

Pengaturan grup Facebook

6. Kemudian pilih opsi ‘Anggota’.

Hapus anggota grup Facebook

7. Pilih opsi ‘Semua Anggota’.

Menghapus anggota grup Facebook

8. Hapus atau keluarkan semua anggota grup. Klik opsi titik tiga di samping nama Anggota.

Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah) 8

9. Kemudian pilih opsi ‘Hapus Anggota’.

Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah) 10

10. Pilih ‘Konfirmasi’

Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah) 12

Sebelum menghapus grup pastikan anggota grup telah terhapus semua dari grup tersebut. Ulangi langkah-langkah seperti dipoin 8, 9 dan 10. Setelah semua anggota terhapus semua lanjut ke langkah berikutnya.

Artikel Lainnya :  Cara Menghapus Permanen Grup di Messenger (Panduan lengkap)

11. Selanjutnya kembali ke beranda Grup, pilih opsi ‘Icon Bintang’

Pengaturan admin grup

12. Pilih opsi ‘Keluar dari Grup’

Keluar dari grup

13. Kemudian konfirmasi dan pilih lagi ‘Keluar dari Grup’.

Hapus grup di Facebook

Nah selesai, grup tersebut akan terhapus dari Facebook, setelah kamu keluar dari grup maka setelah beberapa menit secara otomatis grup yang kamu buat akan terhapus secara permanen.

Agak ribet memang, disini kita perlu hapus dulu semua member, barulah bisa menghapus grup. Hal ini ditekankan juga dihalaman help Facebook disini, jadi memang tidak ada alternatif lain.

Bisakah menghapus grup Facebook orang lain?

Jika kamu melihat sebuah grup yang tidak kamu suka, bisakah kamu menghapusnya? Jawabannya adalah tergantung.

Kamu tidak bisa menghapusnya dari laman pengaturan grup tsbt, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu perlu menjadi pemilik ataupun minimal admin untuk menghapus grup tsbt.

Tapi kamu bisa ambil tindakan seperti “melaporkan grup” yang bisa berujung ke dihapusnya grup tsbt dari peredaran.

Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah) 17

Kamu bisa laporkan grup tsbt sesuai dengan pelanggaran yang mereka lakukan, dan hal ini bisa membuat grup di tinjau oleh pihak Facebook. Dan jika terbukti, minimal admin akan mendapat teguran, jika pelanggaran cukup parah, grup akan dihapus oleh pihak Facebook.

Cara Menghapus Grup Facebook (Dengan Mudah) 19

Berdasarkan nbcnews.com, Facebook menghapus 1 juta grup yang melanggar dalam satu tahun di 2020 lalu. Grup yang dihapus tsbt dihapus karena melanggar aturan yang ada di Facebook.

Jadi jika ditanya apakah kita pengguna biasa bisa menghapus grup Facebook? Jawabannya tergantung grupnya, jika grup melanggar aturan, kita cukup lapor dan tinggal tunggu pihak Facebook ambil tindakan. Jika tidak, maka tidak bisa.


Itulah langkah-langkah mudah untuk menghapus grup di Facebook secara permanen. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Jika ada kesulitan bisa tinggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Terimakasih. . .

Tinggalkan komentar