Cara menghapus grup WhatsApp permanen

Untuk menghapus grup whatsapp sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, memang yang punya wewenang untuk menghapus grup adalah hanya admin grup tsbt saja. Jadi anggota lain, tidak bisa menghapus grup tsbt.

Kalau kamu anggota biasa, dan tidak ingin “diganggu” oleh grup tsbt. Solusinya adalah dengan keluar dari grup lalu memblokir grup tsbt agar kamu tidak diundang lagi ke grup tsbt.

Balik lagi ke pembahasan awal, jika kamu adalah admin, maka proses menghapus grup sangat simpel, kamu hanya perlu mengeluarkan seluruh anggota grup semuanya, sebelum mengklik tombol exit grup dan dilanjutkan dengan tombol hapus grup.

Simpel kan?

Hal ini tentu tidak masalah kalau anggota grup cuma 10 orang, tapi untuk grup yang 200 orang bagaimana? apakah ada cara lain yang lebih cepat?

Sayangnya sejauh yang aku tau, tidak ada cara cepat untuk hal ini. Jadi memang harus ikutin alur tadi, keluarkan semua anggota, barulah hapus grup. Mungkin untuk memudahkan dan mempercepat keluarnya anggota dari grup, kita dapat memberikan pengumuman dalam grup tersebut bahwa grup akan dihapus dan meminta semua anggota grup untuk keluar.

Cara menghapus grup whatsapp secara permanen

1. Buka grup yang ingin dihapus. Lalu tap “nama grup” untuk masuk ke halaman info grup tsbt.

2. Dihalaman info grup, scroll kebagian bawah untuk melihat daftar member atau anggota grup tsbt. Disini kita perlu mengeluarkan seluruh anggota satu persatu. Untuk mengeluarkan anggota, tap nama anggota tsbt, lalu pilih menu “remove anggota”, setelah itu pilih OK untuk menyetujui.

3. Jika semua anggota sudah berhasil dihapus, dan hanya tinggal kamu sendiri didalam grup tsbt, barulah tap “Exit group”. Setelah itu tap “Exit” sekali lagi untuk mengkonfirmasi.

4. Setelah kamu keluar dari grup, dan grup benar-benar kosong, barulah pilih menu “delete group”.

5. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil menghapus grup whatsapp tersebut.

Pertanyaan terkait menghapus grup whatsapp

Aku lihat ada beberapa pertanyaan terkait menghapus grup whatsapp, jadi aku akan bahas disini.

Bisakah menghapus grup whatsapp tanpa jadi admin? Setauku tidak, menu hapus grup memang hanya ada untuk admin.

Bisakah menghapus grup whatsapp tanpa mengeluarkan anggota? Ini juga sudah aku coba testing sendiri beberapa kali, dan kesimpulannya adalah grup tidak bisa dihapus langsung tanpa mengeluarkan anggota. Aku setidaknya sudah coba dibeberapa grup test dari tadi untuk hal ini, walaupun bisa dihapus grupnya, tapi setelah di cek di HP anggota lain, grup tersebut tetap ada dan anggota tsbt otomatis diangkat jadi admin.

Bisakah menghapus grup whatsapp tanpa ketahuan? Aku kurang paham pertanyaan ini tujuannya kearah mana. Untuk menghapus grup, kamu perlu jadi admin, dan perlu mengeluarkan anggota dulu sebelum bisa menghapus grup secara permanen. Tapi jika kamu ingin “keluar” dari grup secara diam-diam, penulisku sudah bahas terkait hal ini dihalaman https://www.bukugue.com/cara-keluar-dari-grup-wa/#cara_keluar_dari_grup_whatsapp_diam-diam


Seperti yang kita tau, grup di WhatsApp memakan memori penyimpanan di smartphone kita, karena banyaknya file media yang ada di grup tsbt. Ini tentu mengakibatkan kinerja aplikasi WhatsApp maupun aplikasi lainnya jadi lebih lambat.

Selain itu, apabila grup yang sudah tidak digunakan tersebut tidak dihapus, memungkinkan salah satu atau beberapa orang yang berada dalam grup tersebut menyalahgunakan fungsi grup seperti menjadikannya lapak jualan atau membuat rusuh grup yang tentunya akan mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan WhatsApp. Untuk itu, maka sebaiknya kita menghapus grup yang sudah tidak diperlukan lagi.


Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan atau saran, bisa tambahkan dikolom komentar.

Tinggalkan komentar