Cara menghapus komentar di facebook

Facebook menjadi media social yang banyak di gunakan di indonesia saat ini. Facebook juga melengkapi aplikasinya dengan berbagai fitur di dalamnya.

Salah satu fitur yang bisa kita nikmati adalah kita bisa mengomentari postingan seseorang yang muncul di beranda kita. Begitupun sebaliknya, seseorang juga bisa berkomentar di postingan yang kita unggah.

Tapi masalahnya, tidak sedikit dari pengguna facebook yang jahil dan berkomentar tidak semestinya. Entah itu sekedar SPAM dan promosi, ataupun perundungan online (cyberbullying).

Tentu kita akan sangat risih sekali jika ada seseorang yang berkomentar kasar maupun komentar yang tidak pantas ada di postingan kita. Maka dari itu facebook juga memberi kita kewenangan untuk bisa menghapus komentar orang lain di postingan yang kita unggah.

Cara menghapus komentar orang lain di facebook kita

Untuk menghapus komentar yang kita inginkan kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena fitur ini sudah tersedia di dalam aplikasi facebook itu sendiri.

Untuk caranya kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Untuk cara yang satu ini kita bisa menghapus komentar siapa saja yang kita inginkan, selama komentarnya ada di postingan kita.

1. Buka aplikasi facebook atau facebook lite yang ada di smartphone kalian masing-masing. Lalu masuk ke postingan kalian untuk melihat komentar yang ada.

masuk ke menu komentar

2. Jika sudah berada di halaman komentar seperti dibawah, kalian tentukan salah satu komentar yang akan kalian hapus. Tekan dan tahan dikomentar tsbt. Setelah itu pilih menu “HAPUS” dari menu yang muncul.

3. Jika muncul kotak konfirmasi seperti dibawah, pilih HAPUS, untuk menyetujui penghapusan komentar tsbt.

4. Selesai. Mudah bukan?

Komentar yang kalian hapus tadi akan hilang dari kolom komentar di postingan kalian. Untuk hasilnya seperti gambar di bawah.

Sayangnya kalian hanya bisa menghapus komentar orang lain yang berkomentar di postingan kalian. Ini karena di postingan kalian, kalian diberi wewenang full untuk hal ini.

Bisakah menghapus komentar orang lain di postingan orang di facebook?

Ini tentu jadi pertanyaan juga kan.

Kadang pas lagi diskusi di grup kesayangan, atau mungkin di postingan teman kita, ternyata ada SPAMMER, atau orang jahat yang komentar tanpa mikirin perasaan orang.

Hal ini sering sekali terjadi, dan tentu kita kepikiran untuk menghapus komentar tsbt. Namun ternyata hal ini tidak bisa dilakukan.

Berikut contohnya, saya testing untuk menghapus komentar di grup dan di postingan orang lain diberanda. Menu “hapus” tidak muncul sama sekali.

Lalu apa solusinya?

Walaupun kita tidak bisa menghapus langsung komentarnya, tapi kita tetap bisa mengambil tindakan yang berujung ke penghapusan komentar tsbt. Walaupun hasilnya tidak langsung dan tidak 100% pasti dihapus. Tapi setidaknya, kita bisa ambil usaha/langkah untuk hal ini.

Kalau di grup, kita bisa pilih “Laporkan ke admin grup”. Jika grup aktif, dan adminnya aktif, dan komentar tsbt melanggar aturan grup, ada kemungkinan komentar di hapus dengan melaporkan ke admin.

Kalian juga bisa pilih menu “Cari dukungan atau laporkan komentar”. Ini bisa dipilih jika komentar tbst melanggar aturan facebook, nanti komentar akan ditinjau pihak support facebook dan bisa dihapus jika memang di anggap tidak layak/pantas tampil di publik.

Kalau pun masih gagal, kalian bisa pilih “sembunyikan komentar”, dan abaikan orang tsbt. Komentar hanya akan hilang dari facebook kalian, dan masih bisa dibaca oleh pengguna lain. Ini fungsinya hanya untuk mengabaikan komentar tsbt.

Cara menghapus komentar kita di postingan facebook orang

Kalau dari tadi kita bahas cara menghapus komentar orang lain, kali ini kita akan bahas cara menghapus komentar kita sendiri. Mungkin kita salah ketik, mungkin kita lagi “khilaf”, mungkin kita baru sadar kalau komentar kita “menyakiti” orang lain.

Apapun alasannya, kita bisa dengan mudah menghapus komentar kita dimanapun didalam facebook. Entah itu komentar di postingan sendiri, postingan orang lain, ataupun postingan di grup. Semuanya bisa dihapus dengan mudah.

Berikut caranya.

1. Buka aplikasi facebook ataupun fb lite yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Jika sudah, kalian cari postingan yang pernah kalian komentari. Selanjutnya kalian masuk ke halaman komentar postingan tsbt.

masuk ke halaman komentar postingan teman

3. Cari komentar kalian yang ingin kalian hapus tsbt, lalu tekan dan tahan di komentar tsbt. Selanjutnya pilih menu “HAPUS”.

4. Pilih HAPUS sekali lagi, untuk mengkonfirmasi penghapusan komentar tsbt.

klik hapus

5. Selesai.

Jika sudah maka komentar kalian akan hilang dari postingan teman kalian.


Cara menghapus komentar di atas juga bisa kalian lakukan di facebook versi lite, bukan hanya versi regulernya saja. Untuk yang versi lite nya kalian bisa menggunakan langkah yang sama seperti di atas. Yang membedakanya mungkin hanya tampilannya saja, untuk langkah-langkahnya sama saja.


Itulah pembahasan terkait cara menghapus komentar di facebook, kita punya wewenang penuh untuk komentar kita sendiri, dan bisa menghapusnya dari postingan manapun. Sedangkan untuk komentar orang lain, kita hanya bisa menghapusnya jika komentar tsbt ada didalam postingan kita, atau kalau kita menjadi admin sebuah grup.

Admin grup bisa dibilang punya wewenang full atas seluruh isi grup, bukan hanya komentar, tapi postingan dan anggota lain bisa dihapus dengan mudah dengan beberapa kali klik oleh admin.


Sekian mungkin bahasan kali ini. Jika ada pertanyaan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar