Cara Menghapus Banyak Postingan Lama Facebook Sekaligus

Facebook merupakan aplikasi media sosial yang sudah ada sejak lama. Bagi kalian yang memiliki akun Facebook sejak lama, tentu sudah banyak sekali postingan yang sudah kalian bagikan. Entah itu foto atau postingan berupa tulisan.

Dari sekian banyak yang kalian bagikan dulunya, mungkin ada sebagian kalian bagikan dimasa “alay”, yang kalau sekarang kalian baca, kalian akan geleng-geleng kepala membaca-nya dan langsung cepat-cepat cari tombol hapus untuk menghilangkan status tsbt dari peredaran.

Jika yang ingin dihapus hanya satu atau dua biji, maka proses menghapus manual bisa dilakukan. Namun jika kalian ingin menghapus status selama setahun penuh, agak susah kalau harus manual 😀

Nah disini akan dijelaskan bagaimana proses menghapus dengan proses penandaan. Jadi kalian bisa tandai dengan cepat mana saja status yang ingin dihapus, lalu sekali tap tombol hapus untuk menghapusnya.

Penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasan dibawah ini.

A. Menghapus postingan lama di Facebook biasa

Seperti biasa, buka dulu aplikasi Facebook di Smartphone kalian masing-masing. Pastikan kalian sudah berada diberanda, setelah itu ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Ketuk ikon “garis tiga” dipojok kanan atas beranda Facebook kalian.

klik ikon garis tiga

2. Cari “Pengaturan & Privasi”, lalu masuk ke menu “Pengaturan”.

masuk ke menu pengaturan

3. Selanjutnya, dihalaman “Pengaturan”, gulir ke bawah lalu cari dan ketuk menu “Log Aktivitas”.

masuk ke log aktivitas

4. Dihalaman “Log Aktivitas” kalian akan menemukan kegiatan posting kalian selama ini. Disini kalian tap menu “Kelola Aktivitas” yang berada di bar atas.

pilih log aktivitas

5. Selanjutnya pilih “Postingan Anda” untuk melihat semua postingan kalian.

pilih postingan anda

6. Dihalaman ini akan terlihat semua aktivitas postingan kalian selama ini, mulai dari yang paling baru sampai yang paling lama. Postingan dipisahkan berdasarkan tanggal. Pilih postingan yang ingin dihapus, lalu tap tombol “Buang”.

pilih postingan lalu ketuk buang

7. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirimasi, tap saja “PINDAHKAN KE SAMPAH” untuk mengkonfirmasi.

ketuk indahkan ke sampah

8. Jika sudah berhasil kalian buang, maka akan muncul notifikasi “Memindahkan item ke sampah Anda” dibagian bawah halaman.

memindahkan item ke sampah

9. Selesai.

Sampai disini kalian sudah berhasil menghapus postingan yang dipilih tadi ke tong sampah dan postingan tadi akan otomatis terhapus setelah 30 hari permanen. Namun jika kalian berubah pikiran sebelum 30 hari, kalian bisa mengembalikan postingan tsbt dari kotak sampah kalian.

Untuk masuk ke kotak sampah kalian, cukup tap tombol “Sampah” yang ada dibagian atas dihalaman Log Aktivitas kalian.

masuk ke sampah

Jika sudah berada di halaman “Sampah”, akan terlihat postingan lama yang kalian buang tadi. Disini untuk tanggal dan tahun itu adalah keterangan waktu kalian membuang-nya bukan keterangan tanggal postingan kalian.

Jika kalian ingin menghapus permanen langsung postingannya, bisa tandai postingan tsbt, lalu tap ikon “Tong sampah” dibagian bawah laman. Lalu lanjutkan dengan tap “HAPUS” untuk konfirmasi.

B. Menghapus postingan lama di Facebook Lite

Prosesnya kurang lebih sama, tapi ada sedikit perbedaan dari segi tampilan, jadi disini tetap dijelaskan dari awal.

Mulai dari buka aplikasi Facebook Lite kamu terlebih dahulu dan masuk ke beranda. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketuk “ikon garis tiga” dipojok kanan atas.

ketuk menu garis tiga

2. Gulir kebawah dan cari menu “Pengaturan”.

masuk ke pengaturan

3. Dihalaman pengaturan, gulir dan cari menu “Log Aktivitas”. Tap menu tsbt.

masuk ke Log Aktivitas

4. Setelah berada di halaman “Log Aktivitas”. Tap menu “Kelola Aktivitas”.

ketuk kelola aktivitas

5. Selanjutnya kalian pilih saja menu “Postingan Anda” dari opsi menu yang muncul.

pilih Postingan Anda

6. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman aktivitas postingan kalian. Disini kalian pilih status yang ingin di hapus. Setelah postingan terpilih lalu kalian ketuk “Buang” untuk memindahkanya ke “kotak Sampah”.

pilih postingan dan ketuk buang

7. Selanjutnya akan muncul halaman kecil notifikasi untuk memastikan bahwa kalian ingin membuangnya. Ketuk saja “YA”. Setelah itu akan muncul notifikasi “memindahkan item ke sampah Anda”.

8. Selesai.

Sama seperti di Facebook biasa, untuk masuk ke kotak sampah, kalian hanya perlu tap “Sampah” yang ada di bar bagian atas.

ketuk sampah

Kalian bisa menggunakan cara di atas untuk menghapus postingan lama di Facebook kalian.

Postingan yang dihapus akan selalu masuk ke kotak sampah terlebih dahulu, dan postingan dalam kotak sampah akan dihapus setelah 30 hari berada dalam kotak sampah tsbt. Jadi kalian punya jeda untuk berubah pikiran setelah menghapus postingan kalian.


Sekian tulisan kali ini. Kritik, saran dan pertanyaan bisa kirimkan dikolom komentar dibawah. Terima kasih.

Tinggalkan komentar