Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook

Setiap hari kalian pasti mencari sesuatu di internet. Kadang di google, kadang di youtube, atau mungkin di Facebook. Setiap hari kalian mencari berbagai macam hal, mungkin mencari orang tertentu, topik tertentu, ataupun hal-hal lainnya yang kalian sukai atau yang membuat kalian penasaran.

Semakin hari, history pencarian kalian akan makin bertambah dan menumpuk.

Tidak jarang, sebagian dari pencarian tersebut mungkin sifatnya rahasia. Mungkin kalian pernah cari akun mantan di facebook sehingga malu kalau keluarga tidak sengaja liat. Atau mungkin kalian pernah cari sesuatu hal terkait aib/penyakit yang ingin disembunyikan dari orang lain.

Apapun itu, history tersebut bisa kalian hapus.

Untuk cara menghapusnya, tentu akan berbeda antara platform satu dengan yang lain. Cara menghapus history di Youtube, tentu tidak sama dengan di facebook.

Nah disini akan dibahas khusus mengenai cara menghapus riwayat pencarian dari akun facebook kalian.

Untuk menghapus riwayat pencarian facebook, kalian bisa melakukannya manual satu persatu, atau bisa juga sekaligus semua. Disini penulis akan bahas semua, jadi jangan diskip langkah-langkahnya.

Penulis juga akan bagi pembahasan ini berdasarkan aplikasi yang kalian gunakan. Jadi disini dibahas cara menghapus history dengan aplikasi facebook, dengan facebook lite, dan dengan facebook browser di PC.

Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Menghapus riwayat pencarian FB lewat aplikasi Facebook

Disini kita gunakan aplikasi facebook di ponsel android. Seharusnya pengguna iPhone pun bisa ikutin proses dibawah ini.

1. Buka aplikasi facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda halaman facebook, silahkan klik icon pencarian yang ada di bar atas.

masuk ke icon search

3. Jika sudah maka akan muncul riwayat yang pernah kalian cari. Untuk menghapusnya satu persatu silahkan kalian tekan dan tahan “kalimat pencarian” tersebut. Lalu muncul kotak konfirmasi, pilih “HAPUS”. Dan pencarian tsbt akan hilang dari riwayat kalian.

4. Jika kalian perlu menghapus seluruh riwayat sekaligus. Kalian bisa tap tombol “Edit” seperti pada gambar.

klik icon EDIT

5. Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman catatan aktivitas, disini tap tombol “Hapus Pencarian”. Dan semua riwayat pencarian kalian akan dibersihkan.

6. Selesai. Sampai disini kalian seharusnya sudah berhasil membersikah riwayat pencarian kalian.

Untuk memastikannya, silahkan kembali ke beranda, dan klik icon pencarian. Maka kolom riwayat pencarian seharusnya sudah kosong sekarang.

Menghapus riwayat pencarian FB lewat aplikasi Facebook Lite

1. Buka aplikasi facebook lite yang ada di samrtphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada dihalaman beranda facebook lite. Silahkan tap “icon pencarian” seperti pada gambar.

klik kolom pencarian

3. Jika sudah maka akan muncul riwayat pencarian seperti dibawah ini. Silahkan tap tombol “Edit” .

klik edit

4. Jika kalian ingin menghapus satu persatu, silahkan klik ikon silang yang ada disamping pencarian. Setelah itu tap ikon “hapus” yang ada dibawah layar untuk mengkonfirmasi penghapusan.

5. Jika kalian ingin menghapus semua riwayat sekaligus, silahkan tap menu “Hapus pencarian”. Lalu tap “YA” saat diminta konfirmasi penghapusan.

6. Selesai.

Sampai disini kalian juga seharusnya sudah paham cara menghapus manual ataupun menghapus massal riwayat kalian melalui aplikasi facebook lite.

Menghapus riwayat pencarian Facebook di komputer PC

1. Silahkan masuk ke akun Facebook di browser kalian masing-masing.
2. Diberanda facebook, klik kolom pencarian seperti pada gambar,

klik kolom pencarian

3. Jika sudah, akan muncul halaman kecil berisi riwayat pencarian seperti dibawah ini. Untuk menghapusnya satu-persatu, kalian bisa klik “icon X” seperti pada gambar. Silahkan tunggu, pencarian tsbt akan hilang setelah beberapa saat.

4. Jika kalian ingin menghapus riwayat pencarian sekaligus. Klik menu “edit” seperti pada gambar.

klik edit pojok halaman riwayat pencarian

5. Setelah berada dihalaman riwayat pencarian, klik menu “Hapus pencarian” untuk menghapus semua riwayat tersebut sekaligus. Jika diminta konfirmasi, klik “Hapus Pencarian”.

6. Jika sudah, kalian bisa lihat gambar di bawah ini. Semua riwayat pencarian yang ada di log aktivitas hilang.

tampilan halaman riwayat pencarian

7. Selesai.


Jika kalian punya beberapa perangkat, kalian tidak perlu mengulangi langkahnya dibanyak perangkat, cukup dari satu tempat saja. Jadi jika kalian hapus riwayat pencarian di facebook lite di ponsel, tidak perlu ulangi prosesnya dilaptop. Selama akunnya masih sama, cukup sekali saja.


Itulah cara menghapus pencarian di facebook, jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, bisa kirim dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar