Cara menghapus status WhatsApp orang lain

WhatsApp memiliki fitur bernama story atau status yang bisa digunakan oleh kita untuk mengunggah hal-hal menarik seperti teks, foto maupun video. Story ini juga akan muncul selama 24 jam, sehingga teman yang ada di daftar kontak kita bisa melihatnya.

Namun terkadang, ada teman yang membuat status menjijikkan atau menggelikan bagi kita. Bahkan tak jarang ada juga yang membuat status secara terus menerus (spam) hingga membentuk titik-titik kecil. Contohnya seperti pada gambar ini :

contoh status spam
contoh status spam

Tentunya hal tersebut sangat mengganggu, karena kita akan kesulitan melihat status dari teman yang lain secara urut. Secara tidak langsung, kamu pun ingin pasti ingin menghapus status tersebut agar tidak terlihat lagi.

Yang jadi pertanyaan, apakah kita bisa menghapus status WhatsApp orang lain?

Jika kamu berpikir ingin menghapus status orang lain langsung dari ponsel kita sehingga orang lain juga tidak bisa melihatnya, tentu hal ini sangat mustahil untuk dilakukan. Namun ada cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu kita tinggal “menghilangkan” status tersebut sehingga tidak terlihat lagi di WhatsApp kita.

Ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan. Berikut ini saya akan menjelaskan caranya, sekaligus keuntungan dan kekurangan dari masing-masing pilihan yang ada.

Admin: Aku menyarankan metode C. Ini yang normal digunakan seharusnya jika kita tidak suka dengan status teman kita di WhatsApp. Sedangkan metode lainnya hanya bisa digunakan dikondisi tertentu saja. Ohya, cek juga videonya jika kalian lebih suka versi video.

A. Hapus Kontak dari HP

Cara pertama sangat efektif jika kamu berniat untuk tidak melihat status orang tersebut untuk kedepannya. Dengan metode ini, baik kamu maupun orang tersebut tidak bisa melihat status WhatsApp satu sama lain.

Artikel Lainnya :  Cara memperbesar atau memperkecil ukuran font di WhatsApp

Namun, cara ini akan menyulitkan kita ketika ingin menghubungi orang tersebut. Sebab nomor teleponnya tidak lagi tersimpan di daftar kontak. Bukan itu saja, metode ini tidak cocok bagi kamu yang masih sering berkomunikasi dengan orang tersebut.

Jika kamu cocok dengan metode ini, berikut langkah-langkah yang bisa ditiru :

  1. Buka aplikasi telepon atau kontak di smartphone milikmu.
buka aplikasi telepon di smartphone
  1. Kemudian, cari kontak yang tidak ingin kamu lihat lagi status WhatsApp-nya.
cari kontak
  1. Setelah itu, hapus kontak tersebut dari daftar kontak.
hapus kontak dari daftar kontak
  1. Selesai, kamu sudah berhasil menghapus kontak tersebut.

B. Blokir Kontak di WhatsApp

Cara kerjanya hampir sama dengan metode hapus kontak. Namun, kamu tidak perlu repot-repot menghapus kontak tersebut sehingga tetap bisa menyimpan nomornya apabila ada teman yang membutuhkannya.

Kekurangan metode ini, kita tidak bisa mengirim chat ke kontak tersebut sebelum membuka blokirannya (Hal ini juga berlaku bagi orang yang kamu blokir). Tentunya, cara ini cukup beresiko ketika kontak tersebut mengirim kita pesan atau informasi penting.

Jika kamu tidak mempermasalahkan kekurangan dari cara ini, langsung saja ikuti tutorialnya dibawah :

  1. Masuk aplikasi WhatsApp, lalu gunakan tombol ‘cari’ untuk mencari kontak yang ingin kamu blokir dan masuk ke halaman percakapan dengannya.
  1. Setelah halaman percakapan terbuka, ketuk pada ‘nama kontak’ yang ada di kiri atas layar.
ketuk pada nama kontak yang ada di kiri atas layar
  1. Kamu akan masuk ke halaman profil orang tersebut, disini gulir layar ke bawah dan tekan tombol ‘Blokir’.
gulir layar ke bawah dan tekan tombol blokir
  1. Jika muncul pemberitahuan seperti ini tekan tombol ‘Blokir’ untuk melanjutkan.
tekan tombol blokir untuk melanjutkan
  1. Selesai, kamu sudah memblokir kontak tersebut.

C. Bisukan atau “Mute” Status WhatsApp

Jika cara pertama dan kedua tidak cocok bagimu, kamu bisa memilih solusi instan yakni membisukan status WhatsApp.

Artikel Lainnya :  Cara mengubah pesan suara menjadi teks di WhatsApp

Dengan cara ini, kita tidak perlu repot-repot menghapus kontak dan tetap bisa mengirim pesan kepada orang tersebut.

Dengan membisukan kontak, orang tersebut tetap bisa melihat status yang kita buat dan begitu juga sebaliknya, kita masih bisa menerima status darinya. Hanya saja, status yang dia buat tidak akan muncul di daftar status, sehingga kamu tidak akan terganggu dengan status yang mengganggu tersebut.

Diblog ini juga sudah pernah dibahas terkait fitur mute WhatsApp ini, mulai dari proses membisukan, membatalkan mute tsbt, dan apa saja yang terjadi saat kita memute teman tsbt, semuanya sudah dibahas dengan lebih detail dihalaman ini bukugue.com/cara-membisukan-status-whatsapp/.

Namun dibawah tetap aku jelaskan langkah-langkahnya, jadi kamu bisa langsung me-mute teman yang statusnya mengganggu kamu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp dan buka tab menu ‘Status’ yang ada di tengah.
buka tab menu status yang ada di tengah
  1. Buka status dari kontak yang ingin kamu bisukan.
buka status dari kontak yang ingin dibisukan
  1. Setelah halaman status terbuka, tekan ‘ikon titik tiga’ yang ada di pojok kanan atas layar dan ketuk menu ‘Bisukan’ yang muncul.
  1. Akan muncul kotak konfirmasi di layar ponsel, tekan tombol ‘Bisukan’ untuk melanjutkan.
tekan tombol bisukan pada kotak konfirmasi
  1. Selesai kamu sudah membisukan status kontak tersebut. Untuk memastikannya, pada bagian paling bawah layar akan muncul menu ‘Pembaruan yang dibisukan’. Disinilah status orang tersebut disimpan atau dibisukan.
status akan disimpan di menu pembaruan yang dibisukan
status akan disimpan di menu pembaruan yang dibisukan

D. Mengubah Pengaturan Waktu di Ponsel

Selain ketiga cara diatas, ada metode lain untuk menghapus status WhatsApp orang lain yakni dengan mengubah setelan waktu di ponsel kita menjadi lebih cepat. Cara ini akan membuat seluruh status yang sudah dibuat akan menghilang secara otomatis.

Selain bisa membuat tampilan menu ‘Status’ jadi lebih bersih, cara ini juga akan menghemat kuota karena kamu tidak perlu repot-repot mengunduh status yang dibuat oleh orang lain. 

Artikel Lainnya :  Cara mengunci voice note di WhatsApp agar tidak tahan layar

Metode ini juga cocok digunakan ketika ada teman yang ingin meminjam ponsel kita, namun tidak ingin dia melihat status dari kontak yang kita miliki.

Jika kamu tertarik dengan metode ini langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka pengaturan smartphone, lalu cari menu ‘Pengaturan Tambahan’ dan pilih menu ‘Tanggal & Waktu’ (penempatan atau penamaan tampilan mungkin akan berbeda di beberapa tipe smartphone).
  1. Setelah masuk ke menu Tanggal & Waktu, matikan fitur pengaturan waktu otomatis yang diberikan oleh jaringan seperti gambar berikut ini.
matikan fitur pengaturan waktu otomatis
matikan fitur pengaturan waktu otomatis
  1. Jika sudah, tekan menu ‘Atur Waktu’ yang muncul di bawahnya. 
tekan menu atur waktu yang muncul di bawahnya
  1. Disini kamu tinggal mengatur tanggal menjadi beberapa hari kedepan, misalnya dari tanggal 24 Juni menjadi 26 Juni.
  1. Setelah mengatur waktu, muat ulang aplikasi WhatsApp. Kamu akan melihat status yang sebelumnya ada sekarang sudah menghilang secara otomatis.
  1. Jangan lupa untuk mengatur ulang pengaturan waktu, dengan kembali ke menu Tanggal & Waktu. Selanjutnya, hidupkan lagi fitur waktu otomatis seperti sedia kala.
di pengaturan hidupkan lagi fitur waktu otomatis seperti sedia kala

Sayangnya, cara ini terbilang ribet karena kamu harus berulang kali masuk ke menu pengaturan untuk mengubah waktu. Jika kamu tidak mempermasalahkan hal ini, cara ini sangat saya rekomendasikan untuk menghapus status WhatsApp orang lain.


Keempat cara diatas memang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi kamu tinggal menyesuaikan, mana yang lebih tepat untuk menghapus status WhatsApp orang lain.

Semoga artikel ini dapat membantu! Jika kamu mengalami kesulitan atau memiliki usul tentang topik yang sama, jangan ragu untuk menuliskannya lewat kolom komentar yang ada di bawah.

Tinggalkan komentar