Cara menghapus stiker WhatsApp (dari chat, menu favorit,dll)

Stiker WhatsApp sudah menjadi salah satu fitur pendukung yang menjadikan pengalaman chatting bersama teman atau grup lebih menyenangkan. Bahkan tak jarang berbagai stiker-stiker baru setiap hari muncul dan menghiasi kolom percakapan.

Namun semakin maraknya penggunaan stiker WhatsApp ini, banyak pengguna yang mengirimkan stiker berbau jorok atau tidak senonoh. Tentunya bagi kamu yang merasa tidak nyaman dengan hal tersebut dapat menjadikan pengalaman chatting sedikit berbeda.

Belum lagi, resiko salah kirim stiker, jika kamu menyimpan stiker yang “jorok” tadi, misalnya salah kirim ke orang tua atau guru. Siap-siap saja kena ceramah berjam-jam.

Nah, solusi-nya untuk hal ini adalah, pilah dan pilih stiker yang kamu simpan atau gunakan. Selain itu hapus stiker yang beresiko tadi.

Disini saya akan jelaskan proses menghapus stiker berdasarkan sumbernya, ada beberapa cara, dan kamu bisa terapkan sesuai sumber stiker tadi. Penasaran? ikuti beberapa panduan dibawah ini dengan seksama.

Menghapus stiker yang dikirim teman di halaman chat WhatsApp

Jika teman tiba-tiba mengirimkan stiker yang membuatmu tidak nyaman, kamu bisa langsung menghapusnya dari laman percakapan dengan mudah. Caranya sama seperti menghapus chat biasa. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih laman percakapan tempat stiker tersebut dikirim.
buka laman percakapan
  1. Tekan cukup lama pada stiker yang ingin dihapus.
tahan lama stiker yang ingin dihapus
  1. Ketuk tombol ‘Tong Sampah’ di atas layar dan pilih ‘Hapus Untuk Saya’.
  1. Nantinya stiker tersebut akan hilang dari laman percakapan sehingga kamu tidak akan terganggu olehnya.
hasil stiker yang berhasil terhapus

Yang perlu diketahui disini, stiker hanya terhapus di ponsel kamu, sedangkan di ponsel teman tadi, mereka masih melihat stiker yang mereka kirimkan tsbt.

Menghapus stiker tersimpan dari daftar stiker kamu

Seperti yang kita tau, WhatsApp sendiri memiliki stiker bawaan yang bisa kamu install. Kamu juga bisa menginstall dan menambahkan stiker sendiri. Di blog ini sendiri pernah membahas beberapa cara menambahkan stiker WhatsApp, seperti disini, disini dan disini. Nah semua stiker ini setelah di Install, bisa kamu hapus dengan mudah jika memang tidak akan kamu gunakan lagi.

Berikut proses menghapus stiker tsbt.

  1. Disini buka sembarang laman percakapan. Selanjutnya tap tombol ‘Emoticon’ di sebelah kiri dikolom ketik pesan.
tap tombol emoticon
  1. Dihalaman pemilihan stiker seperti dibawah, tap ikon ‘+’ di sebelah kanan untuk masuk kehalaman pemilihan stiker.
ketuk tombol ikon '+'
  1. Dihalaman pemilihan stiker ini, masuk ke tab menu ‘STIKER SAYA’.
pilih tab menu stiker saya
  1. Di tab ‘STIKER SAYA’ ini kamu akan melihat semua stiker yang kamu pasang sebelumnya, baik stiker resmi yang di download WhatsApp, stiker dari aplikasi penambah stiker, ataupun stiker buatan kamu sendiri yang di install dengan aplikasi penambah stiker tsbt. Untuk menghapus stiker, tekan ikon ‘Tong Sampah’ yang ada disebelah stiker, lalu pilih ‘Hapus’.
  1. Nantinya stiker tersebut akan hilang dari daftar sekaligus dari aplikasi WhatsApp kamu. Sayangnya cara ini hanya bisa menghapus seluruh stiker dalam satu series, misalnya series “shiba inu” dicontoh diatas. Kamu tidak bisa menghapus hanya satu stiker saja dalam series “shiba inu” tadi

Menghapus stiker WhatsApp yang tersimpan di Menu Favorit

Selain bisa di install sendiri, stiker juga bisa didapat dari teman. Nah stiker yang didapat dari teman, bisa digunakan sendiri jika disimpan ke menu Favorit. Semakin banyak stiker yang disimpan ke menu Favorit, semakin sulit kamu mencari stiker yang akan kamu gunakan. Inilah pentingnya untuk menghapus stiker-stiker yang tidak lagi kamu gunakan dari daftar Favorit tsbt.

Berikut cara melakukannya.

  1. Sama seperti sebelumnya, tap tombol ‘Emoticon’ di sebelah kiri bawah.
tap tombol emoticon
  1. Kemudian pilih tab ‘Favorit’ yang digambarkan dengan logo bintang.
pilih tab menu favorit
  1. Kamu akan melihat beberapa stiker yang tersimpan. Tekan cukup lama pada stiker yang ingin dihapus, lalu akan muncul pemberitahuan dan pilih ‘Hapus’.
  1. Secara otomatis stiker yang sudah kamu pilih akan hilang dari menu Favorit.
hasil penghapusan stiker dari menu favorit

Menghapus stiker WhatsApp juga bisa mengurangi resiko salah kirim stiker, karena pilihan stiker yang terlampau banyak. Selain itu cara ini juga bisa menghemat memori penyimpanan data, terutama bagi kamu yang menyimpan stiker hingga ratusan bahkan ribuan.


Semoga artikel ini dapat membantu kamu menghapus stiker jorok ataupun stiker yang sudah tidak lagi kamu gunakan. Jika ada hal yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar dibawah.

Terimakasih.

Tinggalkan komentar