Cara Menghapus Tag dan Mention di Instagram

Jika kita aktif di Instagram, maka tentunya kita akan sering di tag dan di mention. Terkadang kita menyukainya dan terkadang tidak.

Sebenarnya, kalau pun kita tidak suka saat ada teman mention atau tag kita, hal ini bukan masalah besar. Hanya saja, kalau kamu di tag di postingan yang dirasa cukup mengganggu, maka tentu kamu ingin menghapus tag tersebut.

Menghapus tag sendiri sebenarnya cukup mudah. Tapi tentu tidak semua orang tahu caranya. Nah, untuk kali ini, kita akan membantu kamu yang kesulitan saat ingin menghapus tag dan mention di Instagram.

Oh iya, buat kamu yang belum tahu, tag dan mention itu merupakan fitur yang berbeda. Tag bisa kamu temukan pada postingan. Seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Contoh "Tag".

Sementara yang terdapat di komentar atau story adalah mention, bukan tag. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Penjelasan mengenai perbedaan antara tag dan mentions sudah saya bahas di artikel “cara melakukan tag dan mention di ig“. Kamu bisa baca disana terlebih dahulu jika belum terlalu paham perbedaan tag dan mention.

Kalau sudah paham, lanjut baca dibawah ini.

Cara Menghapus Tag (ditandai) di Postingan Instagram

Untuk menghapus postingan yang menandai kamu (nge-tag kamu), silahkan ikuti langkah-langkah singkat berikut ini.

1. Buka aplikasi Instagram dan tap foto profilmu.

Tap Foto Profil

2. Di halaman Edit Profil, tap icon “orang” seperti dibawah.

Tap icon "Orang"

3. Kamu akan dibawa ke tab yang berisi seluruh postingan yang menandai kamu di Instagram. Disini buka postingan yang ingin kamu hapus tag-nya.

Tap foto yang menandaimu.

4. Dipostingan tsbt, tap icon “tiga titik” di kanan atas untuk memunculkan menu.

Tap icon "Tiga Titik" di kanan atas postingan.

5. Selanjutnya pilih menu “Tandai Opsi”.

Tap "Tandai Opsi".

6. Setelah itu akan muncul pilihan menu baru. Disini kamu pilih “Hapus Saya dari Postingan” untuk menghapus tag.

Tap "Hapus Saya Dari Postingan".

Admin: Kalian juga bisa pilih menu “Sembunyikan dari profil saya”, kalian masih akan tetap di tandai di foto tsbt, dan postingannya tidak akan terlihat di tab “Ditandai” tadi. Jadi misalnya teman dekat kalian yang nge-tag, dan kalian tidak enak untuk menghapus tag, maka menu “sembunyikan dari profil saya” ini bisa jadi alternatifnya. Hal ini dijelasin lebih detail di tulisan lain disini bukugue.com/hide-dan-unhide-tag-foto-di-instagram

7. Selesai. Setelah itu kalian bisa refresh Instagram dan cek tab “tag” tadi. Jika sudah di refresh maka postingan yang nge-tag kalian tadi seharusnya sudah terhapus dari sana.

Cara Menghapus Mention di Instagram

Berbeda dengan tag yang bisa kamu hapus secara manual, untuk mention, kamu tidak bisa menghapusnya begitu saja.

Diinternet, ada banyak informasi yang salah terkait hal ini. Ada yang bilang bisa hapus mention bisa dengan blokir akun yang me-mention kamu. Saya sudah coba dan hasilnya, link mention masih aktif dan jika di tap akan masuk ke halaman profil akun Instagram..

Saya juga sudah mencoba mengganti username akun Instagram tsbt, hasilnya, meski nama username sudah berubah, tapi link yang ada di mention tetap mengarah pada halaman profil akun tsbt.

Untuk saat ini, satu-satunya cara untuk menghapus mention (yang saya tau) adalah dengan meminta orang yang mention kamu untuk menghapusnya. Kamu bisa melakukannya dengan mengirim pesan pada akun tersebut.

1. Caranya, cukup tap nama akun yang mention kamu.

Tap nama akun yang mention kamu

2. Tap “Kirim Pesan”.

Tap "Kirim Pesan".

3. Ketik permintaan untuk menghapus mention dan tap “Kirim” untuk mengirim pesan.

Kirim pesan

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghapus tag dan mention di Instagram. Seperti yang di sebutkan di atas, tag bisa kamu hapus dengan mudah. Tetapi untuk mention, tidak bisa dan perlu minta bantuan yang mention terlebih dahulu untuk menghapusnya.

Jika kamu tidak suka ada yang sembarang tag dan mention, sebenarnya ada solusi yang lebih simpel. Kamu bisa mengatur siapa saja yang boleh men-tag dan mention kamu. Jadi kedepannya tidak sembarang orang bisa mention kamu. Kamu juga bisa bahkan melarang semua orang sehingga tidak ada yang bisa tag dan mention kamu di Instagram. Hal tsbt sudah saya bahas ditulisan saya sebelumnya disini bukugue.com/cara-supaya-tidak-bisa-di-tag-dan-di-mention-di-instagram


Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar