Cara menghemat kuota saat menggunakan WhatsApp

Halo guys! Kalian pada sadar nggak sih kalau WA adalah aplikasi yang paling sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari? Yap, saat ini hampir semua orang pasti punya WA. WhatsApp dipilih banyak orang karena aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang menarik dan biayanya penggunaannya yang relatif murah.

Untuk menggunakan WhatsApp, kamu hanya perlu membeli kuota internet. Tidak ada biaya lain yang perlu dikeluarkan, hanya kuota saja.

Meskipun semakin hari harga paket internet semakin murah, namun berbanding lurus, penggunaan kuota kitapun semakin banyak.

Statistik penggunaan data sudah muncul
Total penggunaan kuota WhatsApp penulis

Meskipun sudah “murah”, tapi pernah nggak sih kamu mengeluh karena kuota internetmu cepat habis padahal cuma dipakai buka WA doang? Tenang, di sini aku bakal kasih tips supaya kamu bisa lebih menghemat kuotamu saat menggunakan WhatsApp.

Langsung aja yuk simak penjelasan berikut ini baik-baik ya.

1. Hanya aktifkan fitur Auto Download saat ada Wifi

Fitur Auto Download ini biasanya akan otomatis menyala saat kamu baru pertama kali menggunakan WhatsApp. Kalau fitur ini menyala, maka semua media seperti foto, video, dan dokumen yang masuk ke WhatsApp-mu akan terdownload secara otomatis.

Nah, kerugian pertama, kuotamu pasti akan cepat habis karena harus mendownload semua media, baik yang berukuran kecil maupun besar. Kerugian kedua adalah memori HP pasti juga gampang penuh.

Jadi, sebaiknya kamu mematikan fitur auto download ini, minimal saat menggunakan data seluler. Penasaran bagaiamana caranya? Simak tutorial berikut ini ya.

  1. Tap menu ‘titik tiga’ yang ada di pojok kanan atas.
klik TITIK TIGA

2. Tap menu ‘setelan’ atau ‘setting’.

klik SETELAN

3. Tap menu ‘Penyimpanan dan Data’.

klik Penyimpanan dan Data

4. Tap menu ‘Saat Menggunakan Data Seluler’.

klik "Saat Menggunakan Data Selluler"

5. Hilangkan semua tanda centang yang ada pada foto, audio, video, maupun dokumen. Lalu tap ‘OKE’.

hilangkan semua tanda centang

6. Selesai.

Dengan begini, WhatsApp tidak akan mendownload semua media secara otomatis. Tapi, kamu masih tetap bisa mendownloadnya secara manual dengan cara klik pada media yang ingin kamu download. Disini kamu bisa memilih sendiri media-media yang menurutmu penting. Selain itu kamu bisa menghindari kiriman foto atau video spam yang membuat memorimu makin penuh. Oke banget kan?

Artikel Lainnya :  Apa itu pesan bintang di WhatsApp? Ini penjelasan lengkapnya

2. Aktifkan Fitur Low Data Usage

Tanpa kita sadari, ternyata salah satu alasan kuota whatsapp cepat habis adalah karena banyak tersedot saat kita melakukan panggilan suara maupun video call. Tapi untungnya, whatsapp punya fitur low data usage yang bisa dipakai untuk menghemat penggunaan kuota.

Fitur low data usage ini akan membantumu menghemat kuota whatsapp dengan cara menekan penggunaan data saat melakukan panggilan telepon maupun video call.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan fitur ini.

  1. Pergi ke menu ‘setelan’, lalu pilih menu ‘Penyimpanan dan Data’.
klik Penyimpanan dan Data

2. Tap menu ‘Kurangi penggunaan data panggilan’ sampai berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

aktifkan "kurangi penggunaan data panggilan"

3. Selesai.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kuotamu akan lebih hemat sob. Tapi, di sisi lain ada konsekuensinya juga. Kualitas panggilan suara dan video call akan berkurang. Seberapa banyak kualitasnya berkurang, kamu bisa coba sendiri, dan jika menurutmu kualitasnya terlalu buruk untuk digunakan, kamu bisa matikan fitur ini.

3. Pantau Penggunaan Data di Aplikasi WhatsApp

WhatsApp juga memberi kemudahan pada kita untuk melihat jumlah kuota yang terpakai selama mengunakan WhatsApp. Dengan adanya fitur ini, kita bisa memantau dan mengontrol penggunaan kuota untuk WhatsApp. Lalu, bagaimana cara melihatnya? Yuk simak caranya berikut ini.

  1. Pergi ke menu “Penyimpanan dan Data”.
klik Penyimpanan dan Data

2. Tap menu ‘Penggunaan Jaringan’.

klik Penggunaan Jaringan

3. Selanjutnya akan muncul data statistik total penggunaan jaringan pada WhatsApp-mu. Di sini kamu juga bisa mengetahui berapa banyak kuota yang habis untuk melakukan panggilan, media, pencadangan google drive, pesan, status, dan roaming.

Statistik penggunaan data sudah muncul

Pada gambar di atas, kita bisa lihat kalau kuotaku paling banyak dipakai untuk melihat atau mengunggah status dan untuk melakukan pencadangan pesan ke google drive.

Nah, dengan begini aku bisa mengontrol penggunaan kuotaku dengan cara mengurangi melihat status dan mengatur pencadangan pesan ke google drive. Tapi, kamu udah tahu belum sih gimana caranya mengatur pencadangan pesan? Kalau belum tahu, jangan lupa simak tutorial selanjutnya ya.

4. Mengatur Pencadangan Data WhatsApp kamu

Nah, salah satu alasan besar yang menjadikan kuotamu boros adalah pencadangan pesan yang dilakukan whatsapp secara otomatis setiap harinya.

Artikel Lainnya :  Cara melihat pesan whatsapp yang dihapus pengirim

Pencadangan data ini biasanya dimulai pada pukul 02.00 dini hari sampai selesai, tergantung besarnya pesan yang dicadangkan dan kecepatan internet yang kamu punya.

Semakin besar data (pesan, foto, video, dll dalam chat kamu) yang harus dicadangkan, maka akan semakin besar juga kuota yang akan tersedot.

Coba bayangin kalau setiap hari kuotamu habis hanya untuk mencadangkan pesan? Pasti sayang banget kan ya? Jadi, kamu harus mengatur pencadangan pesan ini dengan cara mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Pergi ke menu ‘setelan’ dan klik menu ‘Chat’.
klik menu CHAT

2. Tap menu ‘Cadangan Pesan’.

KLIK "CADANGAN PESAN"

3. Tap menu ‘Cadangkan Melalui’.

KLIK "CADANGKAN MELALUI"

4. Tap menu ‘Wi-Fi’.

KLIK "WIFI"

5. SELESAI.

Nah, dengan begini WhatsApp hanya akan mencadangkan pesan saat ponselmu terhubung wifi sob. Jadi, kuotamu nggak akan dikuras lagi deh.

5. Mematikan Penggunaan Data di Latar Belakang

Admin : Ini sebaiknya tidak dilakukan, karena penggunaan data latar belakang WhatsApp cukup kecil. Selain itu hal ini bisa mengganggu fungsionalitas WhatsApp kamu. TAPI, hal ini bisa diterapkan ke aplikasi lain yang tidak terlalu penting, seperti Youtube, aplikasi permainan, dll

Salah satu faktor lain yang membuat kuotamu cepat habis adalah penggunaan data di latar belakang. Tanpa kita sadari, WhatsApp akan terus berjalan dan memakan kuotamu meski kamu tidak sedang menggunakannya untuk chat maupun telpon. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu harus mematikan penggunaan data di latar belakang dengan cara mengaturnya di pengaturan ponsel.

Tapi sebelum menyimak tutorialnya, perlu diingat ya kalau pengaturan di setiap ponsel itu berbeda. Untuk kali ini, aku pakai hp merk Vivo ya. Jadi kamu bisa menyesuaikan langkah-langkah berikut ini dengan memilih menu yang serupa.

  1. Pergi ke menu ‘setelan’ atau ‘setting’ yang ada di ponselmu.
klik SETELAN

2. Tap menu ‘Aplikasi dan Notifikasi’.

klik APLIKASI DAN NOTIFIKASI

3. Cari aplikasi WhatsApp, lalu ketuk pada apk tersebut.

KLIK WHATSAPP

4. Tap menu ‘Kuota dan Wifi’.

KLIK "KUOTA DAN WIFI"

5. Nonaktifkan menu ‘Kuota Latar Belakang’ sampai warna birunya hilang.

NONAKTIFKAN MENU "KUOTA LATAR BELAKANG"

6. SELESAI.

Dengan begitu, WhastApp tidak akan bekerja di latar belakang. Kamu juga bisa menonaktifkannya untuk apk lain supaya kuotamu bisa lebih hemat sob.

Artikel Lainnya :  Cara mengatur privasi status WhatsApp (dilihat semua/sebagian/dll)

Admin : Kuota latar belakang ini diperlukan supaya pesan yang dikirim orang bisa langsung masuk keponselmu dengan cepat tanpa delay. Sekali lagi, pengaturan ini penting untuk diikutkan disini, tapi sebaiknya digunakan untuk aplikasi lain yang tidak terlalu penting, misalnya youtube, kita tidak terlalu butuh notifikasi video seperti kita butuh notifikasi chat masuk ke WhatsApp. Jadi terapkan ini di aplikasi lain untuk mengurangi penggunaan kuota kamu secara overall.

6. Mengaktifkan fitur Penghemat Kuota Ponsel

Untuk cara yang kelima ini juga akan sedikit berbeda di masing-masing ponsel. Untuk kali ini aku pakai ponsel dengan merk Vivo. Kamu bisa ikuti tutorial berikut ini dan sesuaikan dengan menu-menu yang ada di ponselmu ya sob.

Admin: Jika diponsel kalian tidak ada aplikasi penghemat data, bisa search google play. Ada banyak aplikasi alternatif. Yang terpenting install aplikasi yang ratingnya baik dan populer.

  1. Pertama, kamu harus pergi ke menu ‘Setelan’ atau ‘Setting’ yang ada di ponselmu.
klik SETELAN

2. Tap menu ‘Jaringan dan Internet’. Untuk menu ini, masing-masing ponsel akan memiliki nama yang sedikit berbeda. Biasanya menu yang tersedia adalah ‘Penggunaan Data’ atau ‘Cellular Data Usage’.

KLIK "Jaringan dan Internet"

3. Tap menu ‘Penghemat Kuota’.

klik PENGHEMAT KUOTA

4. Aktifkan menu ‘Gunakan Penghemat Kuota’ sampai warnanya menjadi biru.

AKTIFKAN PENGHEMAT KUOTA

5. Untuk melakukan penghematan ekstra, kamu bisa klik menu “Kuota tidak dibatasi”.

KLIK "KUOTA TIDAK DIBATASI"

6. Pastikan semua aplikasi dalam keadaan nonaktif. Jika ada yang berwarna biru, matikan sampai warnanya berubah menjadi abu-abu seperti gambar di bawah ini.

PASTIKAN SEMUA APK NONAKTIF

Nah, begitulah cara-cara yang bisa kamu praktikkan untuk menghemat kuota WhatsApp-mu sob. Setelah kamu pakai beberapa cara di atas, selanjutnya pasti kuotamu jadi lebih irit. Jadi, mulai sekarang kamu bisa lebih hemat uang nih.

Oke deh. Sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga apa yang aku jelasin diatas bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk share juga artikel ini ke teman-temanmu ya sob. Thank you.

Tinggalkan komentar