Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram

Menggunakan auto folllow untuk menambah follower di Instagram memang menggiurkan. Tanpa susah payah membuat konten yang berkualitas, kita bisa memiliki folllower yang banyak secara instan dengan embel-embel organik/aman untuk di gunakan, tanpa harus takut akun kita di blokir oleh pihak Instagram.

Namun tanpa kita sadari, jika tidak hati-hati dalam memilih tools atau aplikasi, maka akan berdampak terbalik untuk akun Instagram kita. Mungkin tidak di blokir oleh Instagram tetapi kemungkinan lain bisa terjadi. Mungkin juga saat ini aman, tapi apakah yakin akan terus aman?

Belum lagi efektifitas metode ini juga perlu dipertanyakan.

Beberapa tahun lalu, saat orang baru kenal dengan media sosial, memang ada budaya saling follow balik. Tapi sekarang-sekarang ini, pengguna media sosial sudah sangat membludak, dan pengguna mulai banyak yang peduli akan privasi, sehingga banyak pengguna tidak mau asal follow ataupun asal difollow. Sehingga metode auto follow ini tidak lagi seefektif dulu.

Nah, jika kamu termasuk yang pernah menggunakan tools auto follow dan ingin bertaubat, berikut caranya.

1. Hapus Akun di Situs atau Tools Autofollow tsbt

Jika kalian masih ingat nama situs ataupun aplikasi auto follow yang kalian gunakan, kalian cukup kunjungi situs tsbt, login ke akun kalian disitus tsbt, lalu putuskan koneksi ke akun Instagram kalian.

Kalian juga bisa hapus akun kalian di situs tsbt jika memungkinkan, jika tidak, ya cukup putuskan koneksinya ke akun Instagram kalian.

Jika kalian sudah lupa tools dan situs yang kalian gunakan, bisa gunakan salah satu atau beberapa metode selanjutnya yang saya jabarkan dibawah.

2. Mencopot Izin Aplikasi Lain di Instagram

Saat kalian menggunakan aplikasi atau tools autofollow, beberapa diantaranya akan meminta kalian memberi izin akses ke aplikasi tsbt. Saat diberi akses, tools tsbt akan terdaftar di akun Instagram kalian.

Artikel Lainnya :  Cara mengembalikan akun Instagram yang di hack atau di bajak

Jadi disini kita akan putuskan akses aplikasi tsbt, dari pengaturan Instagram kita sendiri.

Untuk mengetahui apakah ada aplikasi atau tools yang terhubung ke Instagram kalian, kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini.

1. Buka link berikut ini Instagram.com/accounts/manage_access/ . Pastikan kalian sudah login dibrowser tsbt, jika belum biasanya akan diminta login seperti biasa.
2. Kalian akan dibawa kehalaman Aplikasi dan Situs Web seperti dibawah. Kalian bisa cek aplikasi dan situs web apa saja yang aktif disana.

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 1

3. Selanjutnya, kalian bisa hapus semua aplikasi yang menurut kalian berkaitan dengan tools atau situs autofollow.

Dicontoh ini kebetulan akunku bersih dari aplikasi dan situs apapun. Jika kalian kurang paham fungsi aplikasinya, silahkan hapus semua, karena aplikasi disini terkait dengan aplikasi yang memiliki izin akses ke akun kalian, jadi tidak ada salahnya dimatikan semua. Nanti jika ternyata ada aplikasi yang penting yang kalian butuhkan, kalian bisa beri izin akses ulang jika kalian mau.

3. Mengganti Password Instagram

Beberapa aplikasi ataupun tools autofollow ada yang justru meminta kalian login dengan akun Instagram kalian. Mereka tidak meminta izin akses, tapi meminta kalian memasukkan username dan password kalian.

Ini adalah tipe aplikasi yang sangat beresiko, dan biasanya aplikasi atau tools seperti ini tidak tersedia diplaystore secara resmi karena berbahayanya aplikasi tsbt.

Jika kalian sudah melakukan langkah sebelumnya, dan masih ada aplikasi autofollow yang membuat kalian following otomatis, kemungkinan dari sini masuknya.

Solusinya cukup mudah, yaitu dengan mengganti password Instagram kalian. Untuk yang belum tau caranya, kalian bisa lihat ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kalian. Lalu masuk ke halaman pengaturan.
2. Setelah itu pilih menu “Keamanan”.

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 3

3. Selanjutnya pilih menu “Kata Sandi”

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 5

4. Kemudian kalian akan di bawa ke halaman pembuatan sandi, masukkan sandi lama di kolom pertama, dan sandi baru di kolom kedua dan ketiga. Jika sudah semua kalian isi kalian ketuk ikon centang yang ada di pojok kanan atas.

Artikel Lainnya :  Perbedaan antara Instagram dan Pinterest

5. Selesai.

4. Aktifkan Autentifikasi Dua-Faktor

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Autenfikasi Dua-Faktor. Fitur ini mencegah orang-orang yang tau username dan password kalian untuk bisa login dengan mudah. Sebenarnya jika kalian sudah ganti password dan sudah hapus semua izin akses aplikasi, seharusnya sudah tidak ada lagi tools yang bisa memaksa akun kalian autofollow.

Namun hal ini tetap disarankan diaktifkan sebagai lapisan keamanan ekstra.

Buat yang belum tau apa itu fitur ini, efeknya dan proses penggunaannya yang benar, bisa baca laman bukugue.com/cara-mengaktifkan-autentikasi-dua-faktor-di-instagram/

Opsional : Ubah akun menjadi private

Jika kalian sudah berhasil mengikuti langkah-langkah sebelumnya, seharusnya semua masalah following otomatis kalian sudah teratasi.

Nah yang terakhir ini langkah opsional, tidak terlalu wajib, tapi bisa kalian terapkan sambil kalian bersih-bersih following dan follower kalian.

Sekali lagi, akun sosmed kita yang punya, kita bebas menggunakannya sesuai kebutuhan kita. Jangan takut untuk memprivate akun kalian jika itu yang memang kalian butuhkan.

Buat yang ingin tau lebih lanjut, bisa baca laman bukugue.com/cara-private-akun-instagram/. Disana dijelaskan detail prosesnya, kekurangan dan kelebihan fitur ini, sehingga kalian tau kapan fitur ini perlu dan tidak perlu dipakai, dstnya.


Saya harap tulisan saya membantu kalian dalam menghentikan tool/aplikasi autofollow di Instagram kalian. Kedepannya, jangan mudah tergiur untuk menggunakan tools yang berkaitan dengan akun kalian, entah itu tools autofollow, tools tambah views, tools management akun, dll.

Jika tools-nya legit dan tidak berbohong, mungkin akun kalian akan aman, namun tetap saja, didunia ini tidak ada sesuatu yang benar-benar gratis, dan tanpa kalian sadari kalian mungkin akan membayar di tools tbst, mungkin bukan dengan uang, tapi akses ke data dan privasi kalian di Instagram.

Artikel Lainnya :  25+1 Akun Instagram Inspiratif untuk Inspirasi Style dalam Berhijab

Jika toolsnya tidak legit, kalian malah bisa kehilangan akun.


Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Tinggalkan komentar