Cara menghilangkan lencana “New Member” di Grup Facebook

Facebook yang kini memiliki banyak sekali pengguna di seluruh penjuru dunia, tentu memiliki cara tersendiri untuk membuat para penggunanya bertahan dengan media sosial ini.

Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur-fitur baru yang unik.

Salah satu fitur keren yang di kenalkan oleh facebook adalah fitur badge atau lencana. Fitur ini memudahkan para pengguna lain untuk mengetahui status kalian di dalam sebuah group di facebook.

Bukan hanya lencana “pendatang baru” atau “new member” saja, namun ada beberapa tipe lencana lainnya yang ada di group facebook .Misalnya, lencana “conversation starter”, “Rising star”, “Visual Story teller” dan “Admin”.

Walaupun tujuannya baik, ternyata tidak semua orang nyaman dengan lencana yang di berikan oleh pihak facebook. Terutama mungkin bagi “new member”, karena kadang dipandang remeh oleh sesepuh di grup, jadi kalau share sesuatu, bisa kurang dipercaya.

Tergantung grup-nya juga, ada grup yang ramah ke member baru, ada juga yang tidak terlalu antusias melihat member baru.

Nah, buat yang ingin menyembunyikan lencana-nya di grup, facebook sendiri menyediakan pengaturannya, jadi bisa disesuaikan dengan keadaan.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing. Setelah berada di beranda, kalian bisa buka salah satu group facebook yang kalian ikuti.

cari dan pilih salah satu group

2. Setelah itu kalian bisa membuat sebuah potingan baru atau memberi komentar pada salah satu potingan yang ada di group tersebut untuk melihat lencana kalian.

3. Disini kita coba lewat komentar. Setelah kalian memberikan komentar, maka secara otomatis akan muncul lencana di samping profil akun facebook kalian.

lencana new member

4. Jika sudah kelihatan lencana kalian di group tersebut. Kalian klik icon profil kalian yang ada di komentar itu.

klik profil

5. Setelah itu maka kalian akan di bawa ke riwayat aktifitas kalian di group tersebut. Cari bagian lencana, tap tombol kelola pada menu lencana tsbt.

klik icon kelola

6. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman kelola lencana. Untuk menghilangkan lencana kalian bisa non-aktifkan tombol navigasi yang ada di situ.

7. Setelah kalian non-aktifkan maka lencana akan hilang. Di bawah contoh sebelum dan sesudah lencana di hilangkan.

Dicontoh diatas, untuk postingan yang pertama masih ada lencananya, tapi postingan berikutnya sudah tidak kelihatan lagi lencananya.

8. Selesai.


Lencana yang di berikan tentunya akan berbeda-beda dengan yang lain. Lencana itu sesuai dengan aktivitas yang kalian lakukan di group tersebut.

Jika kalian bisa menarik banyak komentar dipostingan kalian, biasanya kalian akan dapat lencana tambahan seperti conversation starter ataupun rising star. Untuk lencana admin, hanya bisa didapat kalau kalian diangkat jadi admin grup tsbt, atau kalian buat grup baru (otomatis kalian yang jadi admin).

Dengan adanya lencana kalian bisa membedakan setiap akun yang ada di group sesuai lencananya.

Bagaimana menurut kalian? perlukah menyembunyikan lencana new member di grup yang kalian ikuti saat ini?

Tinggalkan komentar