Cara blokir (menghilangkan) iklan di Facebook

Facebook merupakan layanan jejaring sosial media gratis yang memiliki banyak sekali pengguna. Berdasarkan informasi dari situs-situs berita, hingga pertengahan 2019 lalu, pengguna Facebook telah mencapai 2,4 miliar manusia bumi. Demi membiayai seluruh layanannya dan mengakomodasi semua penggunanya, Facebook pun memberikan kesempatan brand lain untuk beriklan di situs facebook.

Facebook menyematkan iklan-iklannya “sehalus” mungkin supaya tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

Iklan-iklan Facebook dibuat menyerupai status – terselip diantara status-status pengguna. Biar begitu, pengguna bisa membedakan iklan dan status secara jelas, karena iklan terdapat kata “sponsored/bersponsor”.

Namun, tetap saja ada pengguna yang emoh melihat iklan-iklan muncul di beranda akun Facebooknya. Alasannya bermacam-macam: iklan makan kuota internetlah, terganggulah, dsb. 

Nah, bagaimana cara menghilangkan iklan di Facebook ini ? Berikut dua solusi yang bisa dicoba.

A. Singkirkan iklan di facebook dengan masuk ke facebook mode gratis

Di smartphone, kamu bisa menghilangkan iklan FB dengan cara mengakses Facebook mode gratis. Ada dua cara mengakses mode gratis Facebook, yaitu memakai Facebook for smartphone dan browser. Silakan simak kedua penjelasannya!

I. Masuk Facebook mode gratis di aplikasi Facebook

1. Buka aplikasi Facebook, login menggunakan akunmu.
2. Tab tulisan “buka gratis” yang terletak di atas aplikasi.

3. Secara otomatis, kamu langsung masuk Facebook mode gratis.

4. Selesai, iklan FB sudah tidak ada lagi.

Kalau kamu masih belum memahaminya, silakan baca cara masuk Facebook mode gratis. Kamu akan mendapatkan pencerahan secara detail tentang Facebook mode gratis.

II. Masuk Facebook mode gratis di browser

1. Buka free.facebook.com di browser kamu.
2. Kalau diminta login, login seperti biasa. Berikut tampilannya.

3. Selamat, kamu telah masuk Facebook mode gratis. Oiya, sekadar informasi, tidak semua provider internet bisa mengakses free.facebook.com untuk browser.

Kekurangan dari cara blokir iklan FB dengan mode gratis adalah foto atau video yang ada di semua halaman Facebook takkan muncul. Kamu hanya bisa membaca teksnya saja.

B. Memblokir iklan FB dengan ekstensi browser PC

Kamu memerlukan addons di Firefox atau ekstensi di Chrome untuk bisa menghilangkan iklan Facebook via browser PC. Saat ini, browser yang kugunakan adalah Chrome. Jadi screenshot contoh kuambil dari browser tersebut. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

1. Buka Chrome, pergi ke Chrome Web Store untuk memasang ekstensi bernama uBlock Plus Adblocker. Alamatnya ada di https://chrome.google.com/webstore/detail/ublock-plus-adblocker/oofnbdifeelbaidfgpikinijekkjcicg?hl=id.
2. Usai memasang ekstensi, restart Chrome. Perhatikan ikon uBlock Plus Adblocker di kanan atas. Klik sekali untuk memastikan ekstensi aktif. Jika muncul ikon ceklis biru, berarti ekstensi telah aktif.

3. Selanjutnya, buka tab baru di Chrome. Pergilah ke facebook.com, login dengan akunmu seperti biasa. Setelah masuk, perhatikan ikon uBlock Plus Adblocker. Kamu akan menemukan angka disana. Angka-angka tersebut adalah jumlah iklan yang diblokir uBlock Plus Adblocker.

4. Selesai. Kamu bisa main Facebook tanpa diganggu iklan.

Demikianlah cara menghilangkan iklan Facebook yang muncul di beranda. Mudah-mudahan setelah menerapkan salah satu cara di atas, kamu takkan melihat iklan lagi dan aktivitasmu di Facebook makin menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar