Cara Mematikan Notifikasi Grup di Facebook

Saat awal-awal menggunakan facebook, biasanya kita suka gabung grup sana-sini. Tanpa sadar, kita sudah gabung belasan grup, bahkan mungkin puluhan grup. Hal ini wajar terjadi, karena kita sebagai manusia, punya banyak interest atau ketertarikan.

Yang jadi masalah adalah ketika grup sudah mulai banyak, notifikasi yang muncul pun bertubi-tubi dan mulai mengganggu kegiatan kita. Kalau hal ini terjadi, jangan bingung, disini kita akan bahas solusinya.

Solusi paling manjur adalah dengan “bersih-bersih”, ada baiknya kamu meninjau ulang seluruh grup yang kamu ikuti. Jika ada yang dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi, langsung saja keluar dari grup tersebut.

Jika setelah keluar dari grup-grup yang tidak dibutuhkan tadi, masih tersisa banyak grup dan masih banyak notifikasi yang masuk, langkah selanjutnya adalah mengatur notifikasi dari tiap-tiap grup tersebut.

Inilah yang akan kita bahas di tulisan kali ini.

Menghilangkan notifikasi dari grup facebook satu-persatu

Jika tidak banyak grupnya, kamu bisa atur pengaturan notifikasi satu-persatu di masing-masing grup. Keuntungannya adalah kamu bisa melihat profil grup dan aktifitas grup sebelum memutuskan setting notifikasi yang tepat untuk grup tersebut.

A. Setting notifikasi grup di aplikasi facebook reguler

Untuk facebook lite, hampir sama, cuma mungkin beda sedikit dari segi tampilannya, jadi teman-teman silahkan menyesuaikan saja. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke aplikasi facebook di ponsel kamu. Lalu Tap Icon Group yang ada di bar atas seperti pada gambar untuk masuk ke halaman grup seperti dibawah. Selanjutnya tap menu “Grup anda”.

Tap Icon Group, lalu pilih group anda

2. Di daftar “grup anda” ini, pilih salah satu group yang ingin dimatikan notifikasinya.

Pilih Group yang ingin dihilangkan notifikasi nya

3. Di halaman grup tsbt, tap “ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.

tap ikon titik tiga

4. Setelah itu akan muncul kotak kecil berisi menu “Fitur”, disini pilih “notifikasi” untuk mengatur notifikasi grup tersebut.

5. Selanjutkan kamu akan dibawa kehalaman pengaturan notifikasi grup, disini pilih “Nonaktif” untuk mematikan seluruh notifikasi dari grup tersebut. Jika grupnya cukup penting, mungkin kamu bisa pilih “sorotan” atau “postingan teman”, untuk tetap dapat notifikasi (tidak semua, hanya sebagian saja).

pilih Nonaktif

Untuk notifikasi permintaan anggota pun bisa dimatikan, dengan men-tap ikon navigasi disebelahnya. Jika ikon berwarna abu seperti diatas, itu artinya notifikasinya sudah mati.

B. Setting notifikasi grup facebook di komputer atau laptop

Disini kita menggunakan browser chrome. Kalaupun kamu pakai browser yang berbeda, seharusnya tidak ada pengaruhnya disini. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, login ke akun facebook kamu, selanjutnya di beranda, pilih ikon “grup” seperti pada gambar.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

2. Di halaman grup, perhatikan jendela sebelah kiri. Disana ada banyak pilihan grup yang kamu ikuti, pilih salah satu.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

3. Setelah masuk ke grup tersebut. Pilih menu “notifikasi”, selanjutnya pilih “nonaktif” sampai ada tanda centang.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

4. Selesai. Sampai disini sudah berhasil menonaktifkan notifikasi dari grup tersebut.

Menghilangkan notifikasi dari grup facebook secara massal (banyak grup sekaligus)

Jika cara sebelumnya pengaturannya dilakukan satu-persatu, disini kita akan menghilangkan notifikasi banyak grup sekaligus. Hasil akhirnya sama seperti cara diatas, tapi lebih cepat dan ringkas.

A. Setting notifikasi banyak grup sekaligus di aplikasi facebook reguler

Sekali lagi, untuk pengguna facebook lite, caranya hampir sama, hanya sedikit berbeda dari segi tampilan.

1. Seperti biasa, buka aplikasi facebook. Lalu Tap “Icon Grup” untuk masuk kehalaman grup seperti dibawah. Kemudian, dibagian menu grup, gulir ke kiri hingga terlihat menu “Pengaturan”. Tap menu “Pengaturan” tersebut.

masuk ke grup dan gulir ke menu pengaturan

2. Di halaman “pengaturan grup” ini, pilih menu “Notifikasi” untuk masuk ke pengaturan notifikasi seluruh grup.

Cara menghilangkan notifikasi group facebook

3. Nah, terlihat semua daftar nama group yang diikuti. Untuk edit notifikasi nya, silahkan tap tulisan sorotan, kemudian ada pop up pilih nonaktif. Sampai tulisan sorotan tadi berubah menjadi nonaktif seperti dibawah.

4. Ulangi langkah sebelumnya, untuk grup-grup yang lain. Jadi kamu bisa langsung menonaktifkan seluruh grup-grup yang tidak kamu perlukan lagi, langsung dari halaman ini sekaligus seluruhnya.

B. Setting notifikasi banyak grup facebook sekaligus di komputer atau laptop

1. Seperti biasa, masuk ke akun facebook kamu terlebih dahulu. Selanjutnya tap “icon tanda panah kecil” seperti pada gambar, lalu pilih menu “Pengaturan”.

Pilih menu pengaturan

2. Dihalaman pengaturan, perhatikan sidebar sebelah kiri, disana ada banyak pilihan, klik “Notifikasi” untuk masuk kepengaturan notifikasi seperti halaman dibawah.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

3. Dari banyak pilihan menu notifikasi, cari dan pilih menu “Grup”. Setelah dipilih menu grup, akan muncul pengaturan dibawahnya seperti pada gambar. Disini pastikan notikasi email dan sms sudah nonaktif seperti dibawah. Walaupun notifikasi ke SMS dan Email sudah nonaktif, notifikasi push masih aktif, untuk menonaktifkannya, pilih grup yang ada dibawah tulisan “Grup anda”.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

4. Setelah memilih salah satu grup, akan muncul pop-up pengaturan notifikasi grup tersebut seperti gambar dibawah. Disini ubah semua pengaturannya ke “nonaktif”. Setelah itu klik tombol “Selesai” untuk menyimpan pengaturan.

Cara menghilangkan notifikasi grup facebook

5. Ulangi langkah #3 dan #4 diatas untuk mengatur notifikasi grup lainnya. Memang sedikit lebih ribet, mengingat lewat aplikasi facebook di ponsel, pengaturannya lebih cepat dan simpel.


Selesai sudah caranya. Mudahkan?

Selamat mencoba, mudah-mudahan dengan cara seperti yang sudah dijelaskan bisa meminimalisir notifikasi group yang tidak penting yang dirasa mengganggu kamu. Sekian terimakasih.

Tinggalkan komentar