Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp

Mungkin bagi pengguna Telegram, fitur ini bukan hal yang baru. Karena memang fitur ini sudah ada di Telegram. Namun kini WhatsApp sudah menambahkan fitur tersebut, dengan versi yang agak berbeda dari Telegram.

Fitur ini berguna bagi kamu yang mungkin ingin mengirimkan foto atau video yang rahasia atau hanya untuk diketahui orang itu saja. Maka kamu bisa gunakan fitur sekali lihat ini. Setelah foto atau video dibuka oleh si penerima, maka nanti akan menghilang dengan sendirinya.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan WhatsApp kamu sudah di update. Kalau belum, silahkan update WhatsApp milikmu dulu di Play Store. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara menggunakan fiturnya.

Langkah-langkah mengirim foto sekali lihat di WhatsApp

Dicontoh dibawah kita akan kirimkan foto saja, prosesnya mengirim video harusnya sama kok.

1. Pertama, buka roomchat seseorang yang ingin kamu kirimkan pesan sekali lihat.
2. Setelah itu pilih ikon attachment seperti yang aku beri tanda panah pada gambar dibawah.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 1

3.Selanjutnya pilih “Galeri”. Perlu diingat, fitur sekali lihat ini hanya untuk file berupa foto dan video. Tidak bisa digunakan untuk file jenis dokumen seperti .pdf, .docx, .mp3, dan lainnya.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 3

4. Pilih foto atau video yang kamu inginkan. Dicontoh ini aku pilih salah satu fotoku.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 5

5. Setelah memilih foto, akan muncul tampilan seperti pada gambar, disini tap ikon “angka 1 dalam lingkaran” yang ada dikolom keterangan.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 7

6. Pastikan ikon sudah berubah warna menjadi hijau, yang artinya fitur sekali lihat tersebut sudah aktif. Kalau sudah kemudian langsung pilih tombol kirim untuk mengirimkan fotonya.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 9

7. Selesai. Setelah dikirim, kira-kira tampilannya seperti pada gambar.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 11

Jadi fotonya tidak akan terlihat sebelum dibuka oleh si penerima. Beda dengan foto biasa yang langsung terlihat setelah kita kirim. 

Artikel Lainnya :  Cara menggunakan stiker Telegram di aplikasi WhatsApp

Untuk tau bagaimana tampilannya ketika foto sudah dibuka oleh si penerima, nanti akan aku perlihatkan dibawah.

Langkah-langkah mengirim video sekali lihat di WhatsApp

Proses mengirim video kurang lebih sama saja dengan sebelumnya, disini aku tetap jelaskan karena aku akan contohkan metode yang berbeda. Video yang dikirim disini bukan video dari galeri melainkan video yang langsung diambil saat itu juga lewat kamera.

1. Seperti biasa, buka dulu chat kamu dengan temanmu.
2. Tap ikon “attachment“, lalu pilih “Kamera” untuk mengambil foto atau video.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 13

3. Disini aku akan mengambil video.
4. Setelah video siap untuk dikirim, jangan lupa untuk pilih ikon “angka 1 dalam lingkaran” yang berada di kolom keterangan tsbt. Kalau ikon sudah berubah menjadi berwarna hijau seperti pada gambar, tandanya fitur sekali lihat sudah aktif.
5. Sekarang tinggal pilih tombol kirim untuk mengirimnya.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 15

6.Selesai, berikut hasilnya bisa dilihat pada gambar.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 17

Disana terlihat bahwa aku sudah mengirimkan satu foto dan satu video sekali lihat. Tampilannya seperti pada gambar. Jadi foto atau video yang dikirimkan tidak terlihat secara langsung. Harus dibuka terlebih dahulu.

Tampilan setelah foto dan video sekali lihat dibuka pengirim

Ketika pesan sudah dibaca, maka akan terlihat tanda ceklis dua sudah berwarna biru. Kemudian ketika pesan sudah dibuka, maka foto/video yang kita kirimkan akan bertuliskan “Dibuka”.

Pada contoh gambar dibawah, foto yang aku kirimkan terlihat sudah dibuka oleh si penerima. Sehingga muncul tulisan “dibuka”. Sedangkan video yang aku kirim, belum dibuka oleh penerima. Sehingga masih bertuliskan “video” dan belum muncul tulisan “dibuka”.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp 19
Foto telah dibuka tapi video belum

Itu dia pembahasan bagaimana cara mengirim foto dan video sekali lihat. Walaupun dengan metode ini kamu bisa mencegah penerima menyebar ulang foto dan video tsbt, tetapi tetap tidak bisa kita pungkiri, ada banyak metode yang bisa menembus batasan ini.

Artikel Lainnya :  Cara mencegah anggota mengganti info grup di whatsapp

Seperti yang kita bisa lihat diatas, video dan foto sekali lihat itu tampilannya berbeda. Jadi penerima bisa antisipasi, misalnya dengan menyiapkan perangkat lain untuk merekam saat mereka membuka foto/video sekali lihat tsbt.

Ini salah satu contoh, contoh lainnya adalah penggunaan aplikasi mod, barusan aku cek disalah satu situs WhatsApp Mod, mereka sudah menyediakan fitur “Anti view once” yang berfungsi menegasikan fitur ini.

Point penting yang ingin aku sampaikan adalah, kamu tetap harus tau konsekuensinya bahwa apapun yang kamu kirimkan, bisa dengan mudah tersebar di internet, dan banyak metode tersedia untuk mem-bypass fitur tsbt.


Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, atau ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah ya. Sekian dan sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar