Cara mengirim foto di Telegram (bisa tanpa penurunan kualitas)

Selain Whatsapp, Telegram juga menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan.

Layaknya Whatsapp, Telegram juga memiliki fitur untuk berbagi foto atau gambar. Namun banyak pengguna Telegram yang mengeluhkan jika kualitas foto yang dikirim melalui Telegram menjadi menurun.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengirim foto di Telegram. Nah, cara yang kedua ini akan mempertahankan kualitas foto atau gambar yang kamu kirim.

Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Mengirim foto di Telegram (cara biasa)

1. Buka roomchat dimana kamu ingin mengirimkan gambar atau foto, kemudian pilih ikon attachment.

Pilih ikon attachment untuk memilih foto atau gambar yang akan dikirimkan

2. Disini secara default akan membuka galeri foto kamu. Pilih foto yang ingin kamu kirimkan.

Pilih foto yang ada di galeri kamu untuk dikirimkan

3. Pilih ikon pesawat untuk mengirimkan.

Pilih tombol kirim untuk mengirimkan gambar

4. Setelah terkirim maka akan terceklis satu. Selesai deh..

Ceklis satu artinya Pesan telah terkirim

Mudah kan ya? cara pertama memang mudah, tapi seperti yang sudah disebutkan diatas, telegram akan otomatis meng-kompress ukuran gambar, sehingga gambar menjadi lebih ringan untuk di download si penerima gambar.

Untuk foto-foto biasa yang tidak perlu kualitas tinggi, hal ini tentu tidak masalah.

Mengirim foto di telegram agar tidak pecah (cara kedua)

1. Untuk cara kedua masih sama. Kamu pilih ikon attachment untuk menambahkan foto atau gambar

Pilih ikon attachment untuk memilih foto atau gambar yang akan dikirimkan

2. Kemudian pilih “Berkas” . Bukan lagi pada “Galeri”. Ini yang membedakan antara cara pertama dengan cara kedua.

Pilih "Berkas" untuk mengirim gambar dalam bentuk file

3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Pilih menu “Galeri” yang dibawahnya ada tulisan “Kirim gambar tanpa kompresi”.

Pilih gambar di galeri yang ingin dikirimkan

4. Setelah itu kamu bisa memilih beberapa gambar untuk dikirim. Jika sudah, silahkan tap ikon pesawat untuk mengirim.

Pilih tombol kirim untuk mengirimkan gambar

5. Nah, tunggu sampai foto kamu berhasil terkirim. Selesai deh..

Gambar berhasil terkirim dalam bentuk file

Apa kelebihan dan kekurangannya jika kamu mengirim dengan dua cara yang berbeda itu? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika kamu mengirim foto dengan cara pertama, mungkin memang simpel dan cepat untuk dilakukan, tetapi kualitas foto yang terkirim akan menjadi rendah nantinya.

Namun jika kamu mengirim foto dengan cara kedua, yaitu mengirim foto dalam bentuk file maka kualitas foto tetap sama meskipun caranya tidak sesimpel cara pertama.

Untuk membuktikannya, disini aku sudah mencoba mengirim foto HD dengan kedua cara diatas. Berikut perbedaan hasilnya.

Perbandingan kualitas gambar yang dikirim dengan dua cara yang berbeda

Gambar diatas adalah hasil download foto HD dari sisi penerima. Gambar 1 adalah rincian foto yang dikirim dengan cara pertama. Sedangkan gambar 2 adalah rincian foto yang dikirim dengan cara kedua, yaitu dalam bentuk file.

Perbedaannya bisa dilihat pada kedua rincian gambar tersebut. Gambar pertama yang dikirim dengan cara biasa bisa dilihat pada dimensi fotonya yaitu 960×1280 px dengan ukuran foto sebesar 144 kb.

Sedangkan pada gambar kedua yang dikirim dalam bentuk file bisa dilihat dimensi fotonya tetap seperti foto asli, yaitu 3072×4096 px dengan ukuran foto sebesar 4,6 MB.

Jauh beda bukan? Kualitas foto yang dikirim dengan cara biasa kemudian dibandingan dengan cara mengirimnya dalam bentuk file.

Kalau gambar HD yang dikirim melalui cara biasa, mungkin tidak terlalu terlihat meskipun kualitasnya menurun drastis. Namun jika kamu mengirimkan foto yang tidak HD kemudian dikirim dengan cara pertama, maka foto akan benar-benar pecah atau blur.

Kenapa Mengirim foto di Telegram selalu gagal?

Nah, ini juga sering terjadi. Termasuk aku sendiri. Menurut aku masalah utamanya ada pada kecepatan sinyal internet.

Telegram membutuhkan kecepatan sinyal yang lumayan besar untuk upload dan download. Jadi kalau kamu gagal mengirim foto di Telegram biasanya karena kekuatan sinyal HP kamu cukup lemah. Untuk mengatasinya, yang paling simpel adalah restart HP atau ganti kejaringan wifi.

Kalau masalah ukuran foto yang mungkin melampaui batas, aku pikir tidak. Karena Telegram mampu mengirim file dengan batas maksimal 1.5 GB. Tentu itu lebih dari cukup untuk sekedar mengirim foto di Telegram.

Jadi kalau kamu selalu gagal dalam mengirim foto, pastikan kekuatan sinyal HP kamu baik. Jadi tidak mengalami gagal yang berulang.

_________

Jadi kamu sudah tau kan bagaimana cara mengirim foto di Telegram baik dengan cara biasa maupun dengan cara yang kedua, yaitu dalam bentuk file.

Kedua cara tsbt bisa dipakai tergantung kebutuhan. Jadi tidak serta merta cara kedua lebih baik. Untuk kondisi pada umumnya, kita tidak perlu kirim foto kualitas tinggi.

Mungkin sampai disini bahasan kita kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tanyakan dikolom komentar dibawah. jangan lupa bagikan info ini ke teman-teman kalian, jika dirasa bermanfaat.

Tinggalkan komentar