Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp dengan Mudah

Mau mengirim pesan langsung ke banyak orang? Kalian bisa menggunakan fitur Broadcast pada aplikasi WhatsApp. Yup, Broadcast merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim satu pesan langsung ke banyak orang. Broadcast pada aplikasi WhatsApp hampir mirip dengan Broadcast pada SMS dan BBM.

Jika kalian ingin mengirim pesan yang sama ke 2 – 5 kontak mungkin bisa dengan cara copy paste pesan tersebut lalu langsung dikirim satu persatu ke kontak tujuan. Namun bagaimana jika pesan tersebut harus dikirim ke 200 kontak? Disinilah kalian harus menggunakan fitur Broadcast yang sudah tersedia di Whatsapp. Dengan fitur ini kalian cukup menandai siapa saja kontak yang akan menerima pesan kalian, lalu cukup sekali kirim kalian langsung mengirimkan pesan tersebut ke banyak kontak.

Namun ternyata masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mengirim Broadcast. Untuk kalian yang belum tau, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengirim pesan Broadcast melalui Whtsapp.

Syarat mengirim broadcast

Sebelum kita masuk ke caranya, ada tiga syarat untuk bisa mengirimkan siaran ke banyak kontak kita di whatsapp. Syarat ini sudah dijelaskan di laman https://faq.whatsapp.com/en/30046788/?lang=id

  • Pastikan semua kontak yang akan dikirimi broadcast sudah menyimpan nomor telepon kalian di daftar kontak mereka.
  • Tidak ada batasan atas banyaknya broadcast yang bisa dibuat.
  • Kalian bisa memilih hingga 256 kontak di setiap kali broadcast.
  • Untuk memastikan agar semua pesan dapat terkirim, disarankan untuk tidak menyiarkan sejumlah besar pesan broadcast dalam waktu singkat.

Cara broadcast Whatsapp ke semua kontak

Kalian bisa mengirim broadcast ke seluruh kontak kalian, selama persyaratan diatas terpenuhi, misalnya setiap broadcast maksimum hanya 256 kontak. Jadi, selama kontak yang ingin kalian hubungin dibawah 256, kalian bisa mengirimnya dalam 1 kali broadcast. Kalau lebih dari 256 berarti harus dipisah dalam beberapa kali broadcast.

Ok, langsung saja, berikut cara broadcast di whatsapp, simak dibawah.

1. Masuk kehalaman chat whatsapp, tap “titik tiga” dibagian atas

pilih titik tiga

2. Pilih menu “siaran baru”.

Pilih Siaran

3. Pilih orang orang yang akan kalian kirimkan pesan broadcast

pilih kontak

4. Kalian akan masuk ke halaman chat seperti biasa

Tampilan Broadcast

5. Jika kalian kirim pesan, maka pesan yang kalian kirim akan masuk ke kontak yang kalian pilih sebelumnya

kirim pesan broadcast

6. Selesai. Mudah bukan?

Bisakah broadcast pesan tanpa simpan nomor ?

Ada banyak pertanyaan serupa, intinya yang ingin ditanyakan disini adalah bagaimana caranya mengirim pesan broadcast ke nomor yang tidak disave di kontak ponsel kita. Iya kan?

Setauku hal ini tidak bisa dilakukan. Ini karena saat kamu akan broadcast, kamu perlu pilih daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Jadi jika nomor tidak ada dikontak, seharusnya tidak bisa dikirimi broadcast.

Walaupun ada cara untuk mengirim pesan chat biasa tanpa simpan kontak, tapi untuk broadcast, sepertinya tidak ada. Setidaknya, di aplikasi resmi whatsapp, opsi ini tidak ada.

Kalau aplikasi mod atau aplikasi tambahan lain, aku belum menemukannya sejauh ini.

Penyebab pesan broadcast tidak terkirim

Ini salah satu masalah yang sering muncul dan juga ditanyakan terkait hal ini. Dari yang aku tau, kemungkinan terbesarnya pesan siaran tsbt tidak terkirim adalah “nomor kalian belum disimpan di ponsel orang tsbt”.

Ini sudah ditekankan berapa kali di situs resmi whatsapp, berikut aku kutip.

Hanya kontak yang telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka yang akan menerima pesan siaran Anda. Jika kontak Anda tidak menerima pesan siaran, harap memastikan bahwa mereka telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka……

https://faq.whatsapp.com/en/android/23130793/?lang=id

Pastikan semua kontak di Daftar Siaran Anda telah menyimpan nomor telepon Anda di buku alamat mereka.

https://faq.whatsapp.com/en/30046788/?lang=id

Selain itu di laman resmi whatsapp juga disarankan untuk tidak mengirimkan pesan broadcast dalam jumlah banyak dalam satu waktu untuk memastikan semua pesan terkirim semua tanpa kendala.


Itulah sedikit pembahasan mengenai fitur broadcast di whatsapp. Jika ada info terkait yang patut dimasukkan kesini, bisa bantu tambahkan dikolom komentar. Sekian dulu pembahasan kali ini. Thanks.

12 pemikiran pada “Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp dengan Mudah”

    • iya mas, tapi hal ini memang tidak bisa dilakukan sejauh yang aku tau…Aku bahas biar teman2 yang cari paham bahwa cara yang dicari ga bisa dilakukan karena tidak memenuhi syarat resmi dari pihak whatsapp.

    • maksudnya mba? dalam sekali kirim maksimal ke 256 kontak.. dalam sehari bebas kok kirim berapa kali, yang penting jangan berdekatan waktu broadcastnya, kasih jarak…

    • ga ada dijelaskan oleh pihak whatsapp mas… aku sendiri ga pernah cobain testing seberapa deket minimal untuk broadcast berurutan…

  1. Bro ini bc saya aneh saya kirim ke bc saya yg ada 10 kontak tapi bc nya yg 10 kontak itu ngilang? Tapi kalau keadaan bisa ga kirim apa2 ada bcnya juga kalau saya coba juga ada.hanya kalau share aja bisa saya pake sdh tahunan ada aja bcnya tiba2 sdh 1 bln ini hilang hingga harus kirim paling 5 kontek aja.tlg dibantu .Tq
    Tambahan sdh sy u instL juga sama

    Balas
    • ga paham aku pertanyaannya mas… mohon susun kalimatnya dengan benar, biar yang disampaikan mudah dipahami…

  2. Mohon bantuannya, Saya biasanya share produk dari grup internal olshop saya lalu forward ke status skalian broadcast smua custmr. Akan tetapi Kenapa seminggu ini seperti tidak terdeteksi utk forward ke broadcast nya, hanya bisa di status aja. Mohon infonya 🙏

    Balas
    • tidak terdeteksi gimana mba? menunya hilang atau gmana? kalau iya bisa jadi emang dari whatsappnya yang hapus fitur tsbt.. cmiiw..

      jujur aku ga “aktif” make fitur ini di whatsapp..cma pernah cobain broadcast beberapa kali doang..

Tinggalkan komentar