Cara mengirim video lewat Telegram (panduan pemula)

Siapa yang tidak tahu aplikasi telegram? Aplikasi berwarna biru dengan ikon pesawat kertas ini hampir mirip dengan WhatsApp, namun ada beberapa fitur yang ada di WhatsApp tapi tidak ada di telegram begitupula sebaliknya.

Di telegram misalnya, kita bisa mengirimkan pesan dengan mencari nama dari pengguna meski tidak menyimpan id mereka, berbeda dengan WhatsApp dimana kita perlu menyimpan nomor ponsel sebelum melakukan chat.

Seperti aplikasi chatting pada umumnya, aplikasi telegram memungkinkan kita berkirim pesan, baik di chat personal maupun grup chat. Disini kita juga bisa berkirim file, baik itu file-file seperti dokumen, foto, audio, bahkan juga video.

Untuk pembahasan kali ini, penulis akan mencontohkan proses pengiriman video melalui aplikasi Telegram.

Cara mengirim video di Telegram

Lalu, bagaimana cara mengirim video di Telegram? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi telegram terlebih dahulu, lalu pilih pengguna yang ingin kamu kirim video.
2. Selanjutnya tekan “ikon clip kertas” di sudut kanan bawah, selanjutnya akan muncul pilihan foto dan video didalam galeri seperti gambar dibawah ini.

3. Disini kamu hanya tinggal gulir dan cari file video tsbt. Setelah itu tekan video untuk menandai video tsbt. Selanjutnya akan muncul “ikon pesawat” dengan angka 1, yang artinya ada 1 file yang ditandai. Untuk mengirim, tekan ‘ikon pesawat” tsbt.

4. Setelah menekan ikon pesawat tadi, file video akan mulai dikirim. Disini akan terlihat proses upload video, pastikan koneksi internet tidak terputus agar video tidak gagal terkirim.

5. Selesai. Seharusnya lawan bicaramu sudah akan bisa mendownload video tsbt.

Batasan ukuran atau jenis file video yang bisa dikirim di Telegram

Jangan takut untuk tidak bisa mengirim video karena filenya kebesaran, karena telegram sudah menaikkan ukuran maksimal pengiriman video dari 1,5 Gb menjadi 2 Gb. Namun jika ternyata video kamu lebih besar dari itu, kamu bisa mengkompresnya dengan aplikasi compress gratis yang bisa dicari di PlayStore ataupun platform kompres online.

Atau bisa juga dengan meyimpan file video ke penyimpanan awan seperti dalam Google Drive, lalu linknya disalin dan dikirim sebagai pesan di telegram. Kamu juga bisa mengirim berbagai jenis file video, mau MP4, MKV, AVI, dll.

Mudah kan ya? Itulah cara mudah mengirim video di aplikasi telegram. Kita bisa dengan mudah untuk berbagi video apapun kepada pengguna lainnya.


Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, bisa kirim dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar