Cara mengubah tema Telegram seperti WhatsApp

Tidak bisa dipungkiri, di Indonesia sendiri WhatsApp lebih populer dari Telegram. Namun perubahan kebijakan mereka terkait privasi beberapa waktu yang lalu menyebabkan banyak pengguna WhatsApp yang mulai pindah ke Telegram.

Nah jika kamu adalah salah satu pengguna yang baru “pindah hati” ke Telegram, tapi masih rindu dengan WhatsApp, disini kamu bisa mencoba Telegram rasa-rasa WhatsApp dengan mengganti tema atau tampilan Telegram supaya mirip seperti WhatsApp.

Yang bisa berubah disini hanyalah skema warna dan background saja, jadi untuk posisi menu tidak bisa diubah.

Berikut contoh hasilnya saat Telegram pakai “tema seperti WhatsApp”. Jika tidak jeli, sekilas akan mengira tampilan dibawah adalah tampilan WhatsApp.

Bagaimana? tertarik mencoba hal tsbt? Jika iya, simak pembahasan dibawah ini ya.

Disini kita punya dua cara, jika kamu baca halaman bukugue.com/cara-buat-tema-di-telegram, disana dijelaskan ada dua cara untuk mendapatkan tampilan atau tema tertentu di Telegram. Yang pertama yaitu dengan membuat sendiri tema-nya, yang kedua adalah dengan mendownload tema yang sudah jadi.

Jika kamu tertarik untuk membuat tema sendiri, silahkan baca tutorial sebelumnya tersebut. Disini kita akan jelaskan prosesnya melalui cara kedua, yaitu dengan mendownload tema yang sudah jadi.

Langkah-langkah mengubah tampilan Telegram seperti WhatsApp

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Telegram di smartphone milikmu.
2. Tekan ikon “cari”.

tekan dan pilih "cari"

3. Ketikkan “Android Themes Channel” dikolom pencarian, dan pilih Channel bernama “Android Themes Channel” tsbt dari hasil pencarian.

tekan dan pilih "android themes channel"

4. Kemudian kamu akan dibawa ke channel “Android Themes Channel” seperti dibawah. Disini tap “ikon titik tiga” dipojok kanan atas, lalu pilih menu “Cari”.

5. Selanjutnya dikolom pencarian channel, ketikkan “whatsapp” lalu tekan cari. Kamu akan menemukan hasilnya seperti dibawah. Tap dibagian “WhatsTM.attheme”, setelah itu akan muncul proses download. Setelah selesai, tap sekali lagi di “WhatsTM.attheme” tersebut.

tekan dan pilih "WhatsT.attheme"

6. Kamu akan dibawa kehalaman preview tema WhatsTM seperti dibawah ini. Disini pilih tombol “Terapkan”.

tekan dan pilih "terapkan"

7. Selesai. Kamu tinggal balik kehalaman awal, dan lihat hasilnya.

tekan dan pilih "hasil"
Tampilan WhatsTM yang terinspirasi dari WhatsApp

Buat yang masih belum tau, Androud Themes Channel ini menyediakan banyak pilihan tema untuk Telegram, jadi jika kamu kurang sreg dengan tampilan tema saat ini, kamu bisa coba banyak pilihan tema lainnya disini.

Bonus: Cara mengembalikan tampilan Telegram ke semula

Jika kamu merasa kurang cocok dengan template tersebut dan ingin mengembalikan kembali template default aplikasi Telegram, kamu bisa simak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Telegram.
2. Pilih pengaturan akun.

tekan dan pilih "pengaturan"

3. Tap menu “Pengaturan Obrolan”.

tekan dan pilih "pengaturan obrolan"

4. Kemudian dibagian “Warna tema”, pilih salah satu tema default disini. Misalnya pilih tema “Classic” atau tema “Gelap”.

tekan dan pilih "gelap"

5. Selesai, tampilan telegram sudah kembali ke tema default.

tekan dan pilih "hasil"

Pada dasarnya tema atau template tersebut diatas hanya akan merubah tampilan warna aplikasi dan wallpaper yang digunakan di Telegram saja. Jadi memang tidak benar-benar seratus persen mirip dengan WhatsApp, mengingat tampilan menu dipengaruhi oleh fitur yang ada. Di WhatsApp ada tab untuk status sedangkan ditelegram tidak, jadi memang tidak akan bisa benar-benar sama tampilannya.


Itulah bagaimana cara mengubah tampilan Telegram supaya seperti WhatsApp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar