Cara memperbesar atau memperkecil ukuran font di WhatsApp

Saat ini WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting paling populer, bahkan dari anak-anak hingga orang dewasa telah familiar dengan aplikasi di bawah naungan facebook ini.

Tentu dengan semakin banyaknya pengguna, WhatsApp akan memberikan berbagai update fitur menarik untuk membuat nyaman penggunanya. Salah satunya adalah fitur mengubah ukuran font (font size).

Hal ini tentu sangat berguna, terutama bagi kamu yang merasa ukuran font di aplikasi WhatsApp terlalu besar atau sebaliknya terlalu kecil. Jadi tidak usah berlama-lama lagi, mari simak penjelasan dibawah ini.

A. Mengubah Ukuran Font di WhatsApp Langsung

Ada tiga pilihan font diaplikasi WhatsApp, yaitu ukuran “Kecil”, “Sedang” dan “Besar”. Kamu bisa sesuaikan senyaman mungkin.

Jika kamu punya masalah dimata, seperti rabun, mungkin pertimbangkan ukuran besar untuk font yang akan kamu pilih.

Kamu bisa menemukan fitur untuk mengatur ukuran font di WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk ikon ‘Menu’ di kanan atas layar dan pilih menu ‘Setelan’.
  1. Selanjutnya, buka menu ‘Chat’.
buka menu chat
  1. Dihalaman pengaturan chat ini, pilih pengaturan ‘Ukuran Font’.
pada tab setelah chat pilih pengaturan ukuran font
  1. Akan muncul pop-up pada layar, disini kamu bisa memilih ukuran font mulai dari ukuran kecil, sedang, dan besar. Untuk mengganti cukup ketuk salah satu pilihan yang ada.
pada pop-up ini pilih ukuran font yang diinginkan
  1. Untuk melihat perubahan, kembali ke ‘beranda aplikasi WhatsApp’ dan masuk ke ‘laman percakapan’ dengan teman. Secara otomatis ukuran font akan berubah sesuai opsi yang kamu pilih.

6. Selesai.

Disini yang berubah hanya ukuran font dilaman chat ya, sedangkan ukuran font di UI aplikasi tetap sama. Dan perubahan ini hanya terlihat diponsel kamu ya, sedangkan teman yang kamu ajak chatting, tidak akan melihat perubahan ukuran sama sekali.

B. Mengubah Ukuran Font WhatsApp dari Pengaturan Sistem

Selain dari pengaturan di dalam aplikasi WhatsApp, kamu bisa mengubah ukuran font melalui pengaturan sistem ponsel.

Kelebihannya disini, yang berubah bukan hanya huruf atau font dilaman chat saja, tapi juga di UI WhatsAppnya. Selain itu, perubahan akan berlaku keseluruhan, sehingga aplikasi lainnya pun juga ikut berubah ukuran Font-nya.

Berikut langkah-langkahnya.

NOTE: Pengaturan dan menu akan beda di tiap ponsel, jadi silahkan menyesuaikan sendiri ya.

  1. Buka ‘Pengaturan’ ponsel, lalu gulir layar ke bawah dan buka menu ‘Layar & Kecerahan’. (di beberapa merk ponsel, menu ini bernama ‘Tampilan’).
  1. Selanjutnya, cari pengaturan ‘Font’ lalu buka menu ‘Ukuran Font’ tsbt.
pada tab font buka pengaturan ukuran font
  1. Atur ukuran font sesuai yang kamu inginkan dengan ‘menggeser bar‘ yang ada di bawah, bisa ukuran yang lebih kecil atau besar.
geser bar untuk mengatur ukuran font
  1. Selesai, buka kembali aplikasi WhatsApp untuk melihat perubahannya.

Kesimpulan, kalau kamu hanya ingin mengubah ukuran font hanya di laman percakapannya saja gunakan cara pertama. Namun, jika ingin mengubah seluruh ukuran font di aplikasi WhatsApp gunakan cara kedua.


Jadi bagaimana, apakah ukuran font di aplikasi WhatsApp kamu sudah berubah? Tentu kamu bisa mengubah ukuran font ini kapan saja jika merasa ukurannya tidak nyaman di mata.

Semoga membantu, jika ada penjelasan yang kurang paham jangan ragu untuk langsung bertanya lewat kolom komentar di bawah ya. 

Tinggalkan komentar