Cara mengunci voice note di WhatsApp agar tidak tahan layar

Sebagai pengguna aktif WhatsApp, kalian tentu tau bahwa WhatsApp tidak hanya bisa mengirim pesan berupa teks. Aplikasi yang saat ini memiliki banyak pengguna ini juga memungkinkan kalian untuk dapat berkirim pesan berupa pesan suara, atau dikenal dengan istilah voice note.

Pesan suara sendiri biasanya digunakan bagi kalian yang sedang tidak bisa mengetik pesan teks dikarenakan sedang mengendarai mobil atau motor.

Dengan menggunakan pesan suara kalian tetap bisa mengirim pesan dengan cara merekam apa yang saat itu ingin kalian sampaikan dan dikirim dalam bentuk suara kalian. Fitur ini sudah cukup lama ada di whatsapp.

Untuk mengirim pesan suara, kalian bisa menekan tombol mikrofon yang ada disebelah kanan bawah dihalaman chatting whatsapp. Biasanya kalian harus tap dan tahan tombol tersebut sambil merekam suara. Untuk menghentikan merekam suara kalian tinggal melepaskan tap pada tombol tersebut.

Jika kalian hanya merekam suara sebentar, mungkin tidak terlalu masalah jika kalian tap dan tahan tombol mikrofon lalu mulai merekam, namun bagaimana jika pesan yang akan kalian kirim lumayan panjang dan memakan durasi lebih dari 1 menit? Pasti akan ribet dan sedikit menyusahkan jika harus tap dan tahan icon mikrofon tsbt selama proses perekamanan.

Baru-baru ini WhatsApp mengupdate fitur voice note tsbt, dan memberikan fitur “kunci”.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengunci ikon mikrofon agar kalian bisa merekam pesan suara tanpa menekan tombol microfon terus menerus. Berikut langkah-langkahnya

1. Masuk ke halaman chatting WhatsApp, lalu tap dan tahan pada “ikon mic” seperti gambar dibawah.

masuk ke halaman chating whatsapp

2. Untuk mengunci agar tidak terus-menerus menekan “ikon mic”, kalian cukup geser keatas dan akan muncul lambang gembok.

Tap Icon Mikrofon

3. Jika sudah, maka kalian tidak perlu tahan ikon tsbt dan waktu tanda rekam suara tetap berjalan.

Rekam Suara tanpa Tap dan Tahan

4. Untuk mengirim pesan suara, kalian bisa langsung tap “ikon pesawat” seperti mengirim chat pada umumnya.

Pesan Suara Terkirim

5. Selesai. Seharusnya pesan suara sudah bakal terkirim ke lawan chat kalian.

Dengan cara ini kalian tidak perlu tap dan tahan “ikon mic” tsbt untuk mengirim pesan suara, cara ini sangat efektif kalian gunakan jika kalian ingin mengirim pesan dengan durasi yang panjang.


Itulah bagaimana cara mengunci voice note di WhatsApp agar kalian tidak perlu repot-repot tekan dan tahan di layar saat ingin mengirim pesan suara panjang. Jika ada yang masih bingung, bisa langsung ditanyakan dikolom komentar.

Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar