Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Bagi kalian yang sangat peduli terhadap keamanan dalam berkomunikasi mungkin fitur whatsapp ini akan sangat berarti untuk kalian. Fitur yang satu ini sifatnya “keamanan tingkat tinggi”, yang bisa membuat aplikasi whatsapp hanya bisa diakses oleh 1 orang saja.

Nama fiturnya adalah fitur “fingerprint lock” atau “kunci sidik jari”.

Fitur semacam ini sebenarnya sudah digunakan dalam mengamankan smartphone. Walaupun bukan fitur default, karena masih ada opsi pattern dan password.

Nah, dalam upaya meningkatkan keamanannya, whatsapp memberikan fitur “kunci sidik jari” ini ke penggunanya.

Sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan fitur “Kunci Sidik Jari” di whatsapp.

Pertama, whatsapp yang bisa menggunakan fitur ini hanya whatsapp yang sudah update ke versi 2.19.211 atau lebih tinggi. Bukan hanya itu smartphone yang kalian gunakan harus sudah memiliki sistem android yang didukung oleh OS android 6.0 (marshmallow) keatas.

Selain itu smartphone kalian juga harus ada sensor fingerprint. Karena tidak peduli OSnya apa, kalau sensor fingerprint tidak tersedia diponsel kalian, tentu fitur ini tidak mungkin bisa digunakan.

Baca juga : cara mengunci chat WhatsApp satu per satu dengan password

Mengunci whatsapp dengan sidik jari tanpa aplikasi tambahan

Seperti yang sudah dituliskan dijudul, kita tidak perlu aplikasi tambahan untuk hal ini, karena fiturnya adalah fitur bawaan dari WhatsApp sendiri.

1. Buka aplikasi WhatsApp kalian, tap “ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih menu “Setelan”.

masuk ke menu setting

2. Setelah itu pilih menu “Akun”.

masuk ke menu akun

3. Selanjutnya masuk ke menu “Privasi”.

masuk ke menu privasi

4. Dihalaman pengaturan privasi ini, gulir kebawah sampai ketemu menu “Fingerprint Lock” atau “Kunci sidik jari”. Pilih dan tap menu ini.

klik menu kunci sidik jari

5. Setelah itu aktifkan fitur “Kunci sidik jari” dengan menggeser ikon navigasi seperti pada gambar.

aktifkan menu kunci sidik jari

6. Selanjutnya kalian akan diminta mengkonfirmasi dengan cara menempelkan jari ke sensor sidik jari.

konfirmasi sidik jari kalian

7. Setelah kalian mengonfirmasi sidik jari, akan muncul beberapa pengaturan baru di halaman pengaturan “kunci sidik jari” tadi. Pilih jeda waktunya.

pilih saja segera atau pilih tergantung selera kalian masing-masing

8. Selesai.

Jika fiturnya sudah aktif kalian bisa keluar dari whatsapp kalian. Lalu masuk kembali keaplikasi whatsapp kalian, untuk melihat bagaimana tampilannya. Berikut ini tampilan whatsapp yang terkunci.

konfirmasi sidik jari untuk masuk aplikasi whatsapp

Untuk membuka, kalian hanya perlu memencetkan jari kalian tadi ke sensor sidik jari di ponsel kalian.


Dengan menggunakan fitur fingerprint sekarang aplikasi whatsapp kalian jauh lebih aman dari sebelumnya. Tidak sembarang orang bisa membuka aplikasi whatsapp kalian karena untuk membukanya teman kalian harus menggunakan sidik jari dari kalian.

Kalian tidak perlu khawatir jika kalian menerima panggilan dari aplikasi whatsapp kalian. Kalian bisa langsung menerimanya tanpa harus konfirmasi sidik jari. Dan saat panggilan sudah berakhir, aplikasi whatsapp akan masih terkunci seperti diawal sebelum panggilan masuk.

Saya rasa fitur diatas akan sangat membantu sekali untuk keamanan di aplikasi whatsapp kalian. Saya sendiri pernah baca beberapa tulisan yang menyarankan untuk mengunci whatsapp dengan aplikasi tambahan yang memungkinkan untuk mengunci whatsapp degan pola/pattern ataupun password, tapi hal ini masih tidak seaman sidik jari.

Jika menggunakan fitur ini, hanya kalian saja yang bisa membukanya. Bahkan teman, istri, atau pacar kalian tidak bisa membukanya.

Saya rasa sudah cukup jelas tutorial diatas, saya harap kalian bisa membacanya dengan seksama, agar kalian tidak gagal faham, jika nantinya di smartphone kalian tidak bisa menggunakan fitur ini.

Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar