Cara menolak permintaan pertemanan di Facebook

Jika kamu sudah lama facebook-an, pasti pernah di minta jadi teman oleh orang yang tidak kamu kenal sama sekali. Banyak pengguna yang tidak mempermasalahkan hal ini, tapi ada juga sebagian yang merasa tidak nyaman jika terlalu banyak akun-akun yang tidak dikenal terlihat diberanda mereka.

Nah, kali ini mimin akan jelaskan “kenapa sebaiknya kamu tidak asal terima pertemanan di facebook” dan bagaimana cara menolaknya permintaan pertemanan tsbt.

Ohya, buat yang sudah terlanjur menerima teman, kamu bisa menghapusnya dengan mudah kok. Jika tidak tau caranya, bisa baca halaman bukugue.com/cara-menghapus-teman-facebook-sekaligus.

Kenapa sebaiknya tidak asal terima teman di facebook?

Pertemanan dalam dunia maya menurut mimin sama halnya pertemanan di dunia nyata. Jadi pertemanan seharusnya terjadi untuk memberikan efek positif agar menciptakan suasana yang nyaman dalam bersosial media.

Merebaknya pengguna media sosial, tak jarang kita temukan akun facebook yang dibuat hanya untuk menyebar kebencian, hoax dan hal negatif lain yang bisa membuat lingkungan toxic dalam bersosial media.

Terkadang ketika kita membaca berita yang kurang baik dan dengan bahasa yang cukup menghasut, ini dapat membuat kita “terpengaruh” oleh informasi tsbt, sementara informasinya tidak jelas kebenarannya.

Oleh karena itu, mimin pribadi sering menolak akun facebook yang tidak “layak” untuk dijadikan teman walaupun hanya didunia maya.

Berikut ini beberapa hal yang jadi pertimbangan mimin sebelum menerima seseorang menjadi teman.

1. Cek apakah kamu kenal dengan orang tsbt, atau apakah kamu perlu kenal dengan mereka.

Menjadikan akun facebook sebagai teman harus dipertimbangkan “kepentingannya”. Apakah akun tersebut memiliki sekolah yang sama dengan kamu, satu tempat kerja, teman yang memiliki hobi sama, atau hal lain yang bisa menjadikan alasan kuat untuk menerima pertemanan di Facebook.

2. Cek postingan di profil akun tsbt. Apakah postingannya normal atau tidak.

Kalau kamu lihat-lihat sekarang ini , ada banyak sekali akun palsu yang bertebaran di internet. Tujuan akun tsbt banyak, bisa tujuannya menipu, bisa juga tujuannya mungkin sekedar cari sensasi, atau menyebarkan informasi tidak jelas. Disini penting untuk memastikan bahwa yang kita terima adalah benar-benar “manusia normal” yang tujuannya sama dengan kita, yaitu saling mencari teman.

Selain itu ada juga akun-akun yang dibuat untuk tujuan promosi dan jualan, ini tentu tidak perlu diterima permintaan pertemanannya.

Langkah-langkah menolak Permintaan Pertemanan di Facebook

1. Buka aplikasi Facebook kamu seperti biasa, setelah itu tekan “ikon titik tiga” untuk memunculkan menu.

tap ikon titik tiga

2. Setelah itu pilih menu “Teman” seperti pada gambar.

masuk ke tab teman

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman permintaan pertemanan seperti dibawah ini. Disini kamu bisa melihat siapa saja yang meminta menjadi temanmu. Untuk menolak permintaan perteman dari mereka, kamu tinggal tekan tombol “Hapus”.

tekan hapus untuk menolak permintaan pertemanan

4. Kamu tinggal hapus semua request dari akun-akun yang ingin kamu tolak, dan jika ada akun yang patut untuk jadi teman, kamu juga bisa langsung “konfirmasi” permintaan perteman mereka.

5. Selesai.

Prosesnya simpel, dan jika request pertemanan kamu masih sedikit, kamu bisa menyelesaikan dalam waktu singkat.


Demikian artikel mimin kali ini, semoga setelah membaca, kalian bisa lebih “yakin” untuk menolak dan tidak asal “konfirmasi” saja permintaan pertemanan kalian, terutama dari akun-akun yang tidak kalian kenal langsung.

Terimakasih sudah membaca artikelnya sampai habis. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar