Cara menyembunyikan chat atau obrolan di Telegram

Chatting adalah kegiatan yang umumnya tidak terpisahkan dari keseharian kita.

Ada banyak aplikasi chatting populer yang ada saat ini, tapi kali ini kita akan fokus di telegram. Seperti yang kita ketahui, popularitas telegram terus meningkat akhir-akhir ini, sehingga jumlah pengguna aktif pun terus bertambah.

Buat yang suka chat-an di telegram, mungkin kalian akan perlu fitur satu ini. Fitur yang akan dibahas ditulisan kali ini adalah fitur “menyembunyikan obrolan”.

Sayangnya fitur ini tidak ada di aplikasi telegram bawaan. Kita bisa dapatkan fitur ini dari aplikasi vidogram. Aplikasi ini ibarat whatsapp mod untuk whatsapp. Jadi kalian akan menggunakan aplikasi ini sebagai pengganti telegram.

buka apliaksi vidogram

Sebelum kita masuk ke pembahasan, kalian bisa download dan install aplikasi vidogram disini https://play.google.com/store/apps/details?id=org.vidogram.messenger&hl=en. Jika sudah, lanjut ke langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi vidogram yang sudah kalian install tadi.
2. Setelah itu ikuti setiap langkah pemasangan. Kalian akan diminta memasukkan nomer telepon akun telegram kalian, setelah itu kalian akan dikirimi kode melalui SMS, dan masukkan kode tersebut. Proses ini bisa dibilang proses login akun telegram kalian di aplikasi vidogram tsbt.

3. Jika sudah, kalian akan dibawa kehalaman chat kalian seperti dibawah. Mirip sekali dengan tampilan chat di telegram. Disini tap “icon garis tiga” pojok kiri atas. Lalu pilih menu “Vidogram Settings”.

4. Setelah kalian masuk ke halaman setting vidogram, gulir kebagian bawah dan cari bagian privasi. Di bagian privasi, pilih menu “hide chat setting”.

5. Setelah masuk ke halaman “hide chat setting”, aktifkan tombol navigasi yang ada di samping tulisan “hide chat activation”.

aktifkan hide chats activation

6. Saat kalian tekan tombol aktifkan dilangkah sebelumnya, kalian akan diminta memasukkan password baru. Password ini digunakan sebagai pembuka lokasi chat yang disembunyikan nanti, jadi pastikan passwordnya bisa kalian ingat.

7 Jika sudah membuat password, kalian akan dibawa kehalaman “Hide chat settings” tadi. Dan akan terlihat tombol navigasi sudah aktif, dan ada menu-menu baru dibagian bawahnya. Abaikan semuanya, tap tombol back untuk kembali kehalaman awal.

tombol biru jika aktif

8. Dihalaman awal vidogram, tekan dan tahan di chat atau obrolan yang ingin kalian sembunyikan sehingga muncul bar dibagian atas layar.

tekan dan tahan chat yang akan di sembunyikan

9. Pilih ikon titik tiga yang ada dipojok kiri bar tsbt. Setelah itu pilih menu “Hide” dari dropdown menu yang muncul.

10. Selesai. Sampai disini chat yang kalian sembunyikan sudah tidak akan terlihat di list chat yang ada.

Untuk melihat chat yang disembunyikan tadi, tap “ikon kaca pembesar” yang ada dipojok kanan atas.

tekan dan tahan

Setelah itu akan muncul laman “hidden chat locks”, disini masukkan kata sandi yang kalian buat di langkah enam tadi.

masukkan kode sandi yang di buat tadi

Setelah itu kalian akan otomatis di bawa ke halaman “hidden chat” seperti dibawah. Disinilah semua chat yang kalian sembunyikan akan bisa dilihat.

Jadi pastikan untuk hapal sandi yang kalian buat tadi. Selain itu jika chat tidak terlalu “rahasia”, mungkin sebaiknya tidak disembunyikan, karena menyembunyikan chat ini menambah proses kalian dalam membuka chat dan membalas chat.


Dengan menggunakan fitur ini kalian bisa memaksimalkan keamanan “obrolan” kalian di Telegram. Fitur ini juga tidak meniggalkan jejak seperti arsip dll.

Tingkat keamanan privasi kita akan lebih terjaga, karena tidak banyak orang yang tau bagaimana cara memunculkan chat yang kita sembunyikan tadi.

Vidogram hadir sebagai penyempurna dari aplikasi chating telegram, karena semua fitur yang ada di telegram biasa ada di aplikasi ini, ditambah dengan fitur-fitur lainnya yang tidak ada diaplikasi telegram. Selain fitur lebih lengkap, aplikasi ini juga legal untuk di gunakan tidak seperti whatsapp mod. Aplikasi ini resmi dan juga aman jadi kalian tidak perlu khawatir jika nantinya akun telegram kalian di banned atau di suspend.

Admin : Masalah aman atau tidaknya ini sulit untuk dibahas, menurutku whatsapp mod dibanned bukan cuma masalah keamanan, tapi masalah “profit” atau keuntungan. Aplikasi whatsapp basisnya adalah bisnis, berbeda dengan telegram yang basisnya non-profit. Jadi pihak whatsapp tentu tidak ingin ada pihak lain yang mengganggu “kegiatan” bisnis mereka. Simpel-nya saja, modder bisa membuat aplikasi mereka tanpa iklan, plus fitur2 lain yang bisa mengganggu ekosistem whatsapp itu sendiri, dan ini bisa membuat pihak whatsapp rugi. Tapi di telegram, concern seperti ini tidak ada, karena mereka organisasi non-profit.

Terlepas dari hal tersebut, apakah aplikasi modifikasi vidogram aman (karena tidak ada larangan dari telegram dan tidak ada resiko akun di banned/suspend ), aku tidak punya cukup kapasitas untuk menentukan hal ini, maklum kemampuanku dibidang “koding” bisa dibilang non-existent. CMIIW.


Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar. Thanks.

Tinggalkan komentar