Cara Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook

Dulu, kalau ada orang yang membuat postingan Facebook, mereka akan langsung mengirim pesan ke teman-teman mereka. Isinya adalah permintaan untuk me-like postingan terbaru yang mereka buat. Biasanya yang melakukan hal ini adalah pengguna Facebook yang masih anak-anak dan remaja.

Yah, cara ini lumayan efektif karena kita yang dimintai tolong untuk me-like postingan mereka akan merasa tidak enak kalau tidak melakukannya.

Meski demikian, ada juga yang marah-marah kalau postingannya di-like sembarang orang. Ini karena orang yang buat postingan tahu bahwa yang nge-like postingan mereka cuma asal nge-like saja dan tidak memahami apa yang mereka posting.

Jumlah like dan reaksi lain yang didapatkan di postingan Facebook memang punya pengaruh yang cukup kuat pada sebagian besar pengguna Facebook. Ada yang merasa iri saat melihat postingan teman yang di-like oleh banyak orang, ada yang merasa sedih kalau postingannya di-like oleh sedikit orang dan ada yang marah jika postingannya di-like oleh pengguna Facebook yang asal nge-like status orang.

Berbicara mengenai jumlah like di Facebook, pihak Facebook sendiri beberapa bulan lalu telah merilis fitur baru untuk menyembunyikan jumlah like di postingan yang diposting oleh para penggunanya.

Jadi, kalau kamu merasa jumlah like yang kamu terima di setiap postinganmu dapat menggangu perasaan orang lain dan membuat mereka iri, maka sekarang kamu bisa menyembunyikan jumlah like tersebut.

Selain itu, kalau kamu juga sering merasa terganggu saat melihat jumlah like yang didapatkan oleh orang lain, kamu pun bisa menyembunyikan jumlah like tersebut sehingga kamu tidak lagi melihatnya setiap kali kamu membuka Beranda Facebook.

Artikel Lainnya :  Cara mengganti password akun Facebook

Kalau kamu tertarik untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa melakukannya dengan cara yang saya bahas di bawah.

Yang wajib kamu ketahui

Berdasarkan testingku, aku coba testing di aplikasi FB biasa, FB lite, situs desktop FB di Facebook.com, aku bisa simpulkan dua hal terkait fitur “menyembunyikan jumlah like” ini.

  1. Pengaturan “menyembunyikan jumlah like” ini bisa ditemukan di aplikasi FB biasa dan di FB desktop, tapi tidak ditemukan di FB lite.
  2. Setelah pengaturan di aktifkan via aplikasi FB biasa atau FB desktop, pengaturan akan tetap berlaku walaupun nanti kamu pakai FB lite.

Jadi buat kamu pengguna FB lite, kamu perlu install dulu aplikasi FB biasa, aktifkan pengaturannya, lalu setelah itu bisa hapus aplikasi FB biasanya jika memang tidak digunakan. Atau bisa juga atur via FB desktop.

Langkah-langkah Menyembunyikan Jumlah Like di Facebook (Via FB biasa)

Untuk menyembunyikan jumlah like di Facebook, silahkan buka aplikasi Facebook-mu. Lalu kalau sudah, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Diberanda, tap icon “Hamburger” di kanan atas.

Tap icon "Hamburger" di kanan atas.

2. Scroll ke bawah, kemudian tap “Pengaturan & Privasi”.  
3. Lanjutkan dengan tap “Pengaturan”.

4. Gulir kebawah, cari dan tap menu “Preferensi Tanggapan”.

Tap "Preferensi Tanggapan".

5. Di halaman “Preferensi Tanggapan”, ada dua pilihan yang bisa kamu pilih. Untuk menyembunyikan jumlah like dipostingan kamu, maka kamu bisa tap tombol toggle pada pilihan “Di Postingan Anda”.

6. Kalau kamu ingin juga menyembunyikan like yang terdapat di postingan orang lain, kamu bisa tap tombol toggle pada piliihan “Di postingan dari orang lain”.

Artikel Lainnya :  Cara Menghapus Teman dari daftar Favorit di Facebook

7. Selesai.

Itulah cara menyembunyikan jumlah like di Facebook. Dengan melakukan langkah di atas hingga langkah no 5, maka kamu sudah berhasil menyembunyikan jumlah like yang kamu dapatkan di setiap postinganmu. 

Nantinya, orang lain yang melihat postinganmu masih bisa melihat tanda like di postingan yang kamu posting atau postingan orang lain yang kamu bagikan. Tapi seperti yang terlihat pada gambar di bawah, jumlah like-nya tidak akan terlihat.

Lalu kalau kamu melakukan langkah no 6, maka kamu pun tidak akan melihat jumlah like di postingan orang lain.

Jumlah like sudah tidak terlihat lagi.

Meski demikian, kamu masih bisa melihat jumlah like di beberapa jenis postingan seperti postingan Marketplace dan Facebook Watch. Ini sudah dijelaskan oleh Facebook dilaman pengaturannya jika kamu baca dengan seksama, ada teks kecil yang menjelaskan hal ini di laman pengaturan “Preferensi tanggapan” tadi.

Masih melihat jumlah like setelah pengaturan aktif?

Ini karena cache biasanya. Jadi solusinya kamu bisa refresh atau muat ulang laman yang kamu lihat tsbt. Jika masih ada satu atau dua postingan yang memiliki jumlah like, biarkan saja, nanti hilang sendiri setelah cache ditimpa versi yang lebih baru.


Mungkin sekian dulu untuk tulisan kali ini. Jangang lupa share jika dirasa bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga kalian semua sehat selalu.

Tinggalkan komentar