Cara menyembunyikan nomor telepon di Telegram

Tersebarnya isu mengenai keamanan di beberapa aplikasi seolah menjadi angin segar untuk Aplikasi Telegram dalam merebut hati para pengguna. Sebab, mereka merasa untuk urusan Privasi, Telegram sendiri sudah memberikan pelayanan yang cukup baik.

Fitur “menyembunyikan nomor telepon di Telegram” menjadi bukti bahwa Telegram benar-benar peduli akan privasi pengguna.

Fitur inilah yang akan kita bahas kali ini.

Seperti yang kita tau, di Telegram ada grup dan channel, saat kita bergabung disana, kita akan berinteraksi dengan banyak orang, bahkan dengan orang yang tidak kita kenal sama sekali. Disinilah pentingnya fitur “sembunyikan nomor telepon” tsbt, kamu bisa menyembunyikan nomor telepon kamu dari penglihatan umum.

Langkah menyembunyikan nomor telepon di Telegram

Untuk memulai menggunakan fitur tersebut di aplikasi Telegram, kamu perlu mengunduh Telegram versi terbaru. Ini karena fiturnya memang baru dirilis, sehingga jika kamu masih menggunakan versi lama, ada kemungkinan fiturnya tidak muncul.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya

1. Buka aplikasi Telegram.
2. Pilih ikon strip tiga garis pojok kiri atas.

Pilih dan tekan "ikon strip tiga garis pojok kiri atas"

3. Tap menu Pengaturan.

Pilih dan tekan "pengaturan"

4. Pilih Privasi dan Keamanan.

Pilih dan tekan "privasi dan keamanan"

5. Tap menu “Nomor Telepon”.

Pilih dan tekan "nomor telepon"

6. Akan muncul beberapa pilihan mulai dari semua orang, kontak saya, dan tidak ada. Pilih sesuai keinginanmu, lalu tap “centang” di pojok kanan atas jika sudah selesai.

Pilih dan tekan "kontak saya"

Sebaiknya kamu memilik opsi “Kontak saya” sehingga hanya orang-orang di kontak ponselmu saja yang bisa melihat nomor telepon kamu di Telegram.

Jika kamu tidak ingin seorangpun untuk melihat kontakmu, kamu bisa pilih opsi “Tidak ada”, namun logikanya, kamu tidak perlu sampai menyembunyikan nomor kamu, bahkan dari orang-orang yang kamu kenal (kamu simpan kontaknya).

7. Selesai.

Dengan begini kamu sudah bebas berkeliaran di grup dan channel, tanpa takut ada yang ‘tau’ nomor teleponmu.

Opsi tambahan dipengaturan privasi nomor telepon

Jika dilangkah 6 sebelumnya kamu pilih opsi “Tidak ada”. Maka akan muncul pengaturan tambahan. Pengaturannya adalah “Siapa yang dapat menemukan saya via nomor?”. Disini kamu bisa pilih “Semua Orang” atau “Kontak Saya”.

Jika kamu pilih “Semua orang”, artinya semua orang yang tau nomor kamu di kehidupan nyata, bisa menggunakan nomor tsbt untuk mencari akun Telegram kamu. Sedangkan jika kamu pilih “Kontak saya”, artinya hanya orang-orang dikontak saja yang bisa mencari kamu dengan nomor teleponmu di Telegram.

Pilih dan tekan "hasil"

Pengaturan tambahan ini akan membuat akun kamu semakin sulit dicari, tapi bukan berarti kamu tidak bisa interaksi sama orang-orang baru. Kamu tetap bisa gabung ke grup, dan mengajak anggota grup untuk chat personal, dll, hanya saja kamu menjadi lebih sulit bisa dicari dengan menggunakan nomor telepon.


Pastikan kamu pahami setiap pengaturan yang kamu ubah, ini untuk menghindari kesalahan akibat ketidakpahaman tadi.

Alih-alih ingin privasi, eh malah kamu membuat teman gagal mencari akun kamu, sementara hal ini tidak terlalu penting efeknya ke privasi kamu.


Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang belum dimengerti atau ada yang ingin dikoreksi/ditambahkan, silahkan kirimkan dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar