Cara menyembunyikan story Instagram kamu dari orang lain

Sejak rilis 2016 lalu, fitur stories memang jadi salah satu favorit pengguna Instagram. Aktivitas membagikan momen ke dalam stories memberikan kesenangan tersendiri. Ini karena pengguna tak perlu njlimet memikirkan konten. Apa adanya saja, tak perlu seciamik feed. Toh, bakalan hilang dalam 24 jam.

Meski menyenangkan, pengguna tetap kudu bijak dalam menggunakannya. Ini berkaitan dengan privasi serta kenyamanan. Ya misalnya gini – anggaplah dirimu sebagai pengguna Instagram dalam ilustrasi di bawah ini.

Hari ini, kamu izin tidak masuk kerja dengan alasan sakit. Nyatanya, kamu plesiran. Sementara kamu ini Instagram mania – senang membagikan momen (liburan) ke Instastory. Disisi lain, kamu tentu emoh bos atau teman kerja (yang follow akunmu) tahu perihal plesiranmu.

Pada kondisi ini, kamu tentu tidak nyaman membuat stories. Kamu akan mempertimbangkan:apakah membagikan momen plesiran ke Instastory merupakan hal yang tepat?

Nah kamu bisa menyembunyikan story tersebut dari beberapa orang saja (dalam hal ini bos dan teman kerja mu), atau kamu bisa menyembunyikan story dari semua orang dan hanya membagikannya ke satu atau dua orang terdekat mu saja.

Instagram ternyata memberikan fitur untuk hal tsbt, dan banyak yang tidak tahu.

Ok langsung saja, kita bahas dari yang pertama.

Cara menyembunyikan story Instagram dari beberapa orang

Bagaimana cara menyembunyikan Instastory dari orang-orang tertentu? Baca langkah-langkahnya berikut ini gaes, jom!

  1. Buka aplikasi Instagram di HP kamu, lalu login menggunakan akunmu.
  2. Tap ikon profil akun di pojok kanan bawah.
Tab ikon profil Instagram.
  1. Tap garis tiga di pojok kanan atas (menu opsi).
Tab tiga garis di pojok kanan aplikasi Instagram.
  1. Di bagian paling bawah, terdapat ikon pengaturan berbentuk gir. Kamu tap ikon tersebut untuk masuk menu pengaturan Instagram.
Tab ikon pengaturan Instagram.
  1. Tap privasi .
Tab privasi Instagram.
  1. Perhatikan menu “interaksi”. Disitu terdapat beberapa opsi – komentar, tagar, cerita, status aktivitas. Karena kamu ingin menyembunyikan Instastory dari orang tertentu, maka kamu bisa tap opsi “Cerita”.
Tab cerita di menu interaksi.
  1. Tap “sembunyikan cerita dari”.
Tab "sembunyikan cerita dari"
  1. Tinggal kamu pilih siapakah orang yang tidak boleh melihat Instastory-mu. Tap bulatan di kanan nama-nama akun Instagram yang ada.
Pilih orang (akun) yang tidak diizinkan melihat stories-mu.
  1. Jika sudah memilih, kamu tap ikon ceklis yang ada di pojok kanan atas.
Tab ikon ceklis di pojok kanan atas.
  1. Dan daftar orang yang tidak bisa melihat Instastory-mu jadi bertambah.
Daftar "sembunyikan cerita dari" bertambah.
  1. Selesai. Kini kamu bisa membuat IG-story tanpa perlu khawatir dilihat oleh akun (orang) yang tidak diinginkan tadi .

Bagaimana jika tombol ceklis-nya hilang?

Admin: Aku liat dikomentar banyak yang tanya bagaimana jika tombol ceklisnya hilang. Aku sendiri sudah cobain berkali-kali dan tombol ceklisnya ada. Jadi ini aku ga paham gimana jelasin masalah yang aku sendiri ga pernah ketemu.

Untungnya ada beberapa saran dari pengguna lain, jadi teman-teman bisa baca penjelasan mereka dikolom komentar dibawah nanti.

Berikut salah satu komentarnya, aku naikin kesini untuk referensi.

Bisakah menyembunyikan story Instagram dari semua orang?

Apakah bisa menyembunyikan story dari semua orang? Jawabannya bisa, ada triknya. Tau fitur teman dekat di instagram? gunakan fitur ini.

Bagaimana caranya?

Saat membagikan story, kamu bagikan storynya hanya ke teman dekat saja.

Difitur teman dekat, kamu bisa memilih satu atau dua orang (atau lebih) untuk jadi teman dekat mu. Sehingga story yang dibagikan, akan disembunyikan dari semua orang kecuali satu atau dua orang yang masuk daftar teman dekat tadi.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fitur ini, kamu bisa baca halaman https://www.bukugue.com/setting-fitur-teman-dekat-di-instagram/ , disana dijelaskan mengenai fitur teman dekat, hingga cara mengirimkan story dan postingan ke teman dekat saja.

Kalau kamu kekeuh ingin tidak ada satu orangpun yang melihat story tersebut, masih bisa diakali sebenarnya. Kamu hanya perlu membuat satu akun instagram lagi, dan jadikan akun baru tsbt sebagai teman dekat di akun lama. Sehingga ketika share story ke teman dekat, yang bisa melihat story tsbt hanyalah akun baru kamu tsbt saja, tidak ada satu orang lainpun yang bisa melihat story tersebut.

Penasaran caranya? baca laman https://www.bukugue.com/setting-fitur-teman-dekat-di-instagram/.

Ohya, masih ada satu cara lagi untuk menyembunyikan story dari khalayak ramai (publik), yaitu dengan mem-private akun instagram kamu. Dengan mem-private akun instagrammu, hanya followermu saja yang bisa melihat story, sedangkan orang lain yang tidak kamu approve, tidak akan bisa melihat story ataupun postinganmu. Jika kamu tertarik dengan cara ini, kamu bisa baca halaman https://www.bukugue.com/cara-private-akun-instagram/


Itulah cara menyembunyikan instastory kamu dari orang lain. Fitur Instagram itu sebenarnya lengkap sekali, hanya saja kadang tersembunyi di depan mata kita. Yup, walaupun mungkin kita sering lihat fiturnya, tapi kadang tidak kepikiran kalau fungsi fitur tersebut adalah sesuatu yang kita butuhkan dan kita cari selama ini.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada cara yang lebih ampuh atau pertanyaan terkait topik ini, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah.

Selamat mencoba!

37 pemikiran pada “Cara menyembunyikan story Instagram kamu dari orang lain”

  1. Buat poin no 9 ko punya saya gak ada tanda ceklis yg di kotak merah ya mas?apa ada pembatasan buat menyembunyikan akun nya?
    Mohon jawabannya, terimakasih 🙏🏻

    Balas
    • aku ga tau apa ada batasan atau engga mas… sebelumnya mas udh pernah setting ini?

      yang jelas, terakhir aku coba, seminggu yang lalu, masih bisa aku settingnya mas..

  2. Kak, kemarin aku nyoba sembunyiin instastory aku, terus aku ga bisa ngembali’in lagi, padahal udah aku hilangin cklsnya, tapi ttp ga bisa balik kek semula lagi😭

    Balas
    • story bertahannya 24 jam kan ya mba.. coba buat story baru deh.. harusnya kalau udh dihilangkan ceklisnya, artinya ga akan disembunyiin lagi storynya kedepannya..

    • bisa jelasin kronologinya mba? dari awal sampe akhir.. jadi aku mungkin bisa testing di igku, dan liat dimana masalahnya.. thankss..

    • masalah putri pun aku kurang paham mba… dia bilang ceklisnya ga ada? ceklis yang mana? aku testing dipengaturan yang sama diatas, masih bisa, ada ceklisnya seperti ditutorial diatas..

    • aku test ada kok mba.. jadi ini aku memang ga tau kenapa ada sebagian pengguna yang ga ada tanda ceklisnya..

      mba pake aplikasi instagram bukan? atau pake browser atau gimana?

    • ini pakai aplikasi apa mas? aplikasi instagram biasa? atau buka dimana instagramnya..

      aku cek beberapa waktu yang lalu, normal kok, masih ada tombol ceklisnya..

  3. Saya memiliki 2 akun Instagram tp hanya 1 akun yg tdk bisa menyembunyikan cerita saya untuk orang lain karena tidak ada ceklis biru di pojok kanan atasnya, ada yang bisa bantu saya harus bagaimana? Saya sudah coba menguninstall tetapi ttp tidak bisa

    Balas
    • aku jujur ga investigasi lebih lanjut terkait ini mba..karena diakunku ada pilihannya..

      mungkin disini mba bisa bantu jelasin beda kedua akun tsbt.. apakah yang tidak bisa itu akun baru, apakah yang tidak bisa itu sudah pernah upload story, seberapa sering, dll..

      mungkin aku bisa bantu cobain cek mengenai hal ini…

    • boleh tau pake aplikasi apa mba? ig ? atau browser mungkin? mohon detailnya biar aku bisa cek.. di aku ada soalnya..

    • ikon ceklis diatas ga ada gitu mba? atau ikon ceklis disebelah nama orangnya yang ga ada?

      kalau ikon ceklis diatas ga ada, ga masalah, mba bisa ilangin ceklis disebelah nama orangnya, setelah itu langsung aja tekan tombol back di hp, nanti kesimpan otomatis…

  4. Guysss buat kalian yg ig nya gak ada ceklis itu krn ig update yg baru, jadi cara ngembaliin atau ingin meng hide story orang itu bukan ke setting, krn percuma kan dia bakal balik juga. Jdi caramya kalian ke profil org yg bakal kalian mau hide gitu trs klik 3 titik di pojok kanan atas nanti bakal muncul deh sembunyikan cerita.. itu juga bakal berlaku buat kamu yg mau ngembaliin org yg kamu hide

    Balas
  5. Kemarin saya menyembunyikan story Ig saya sendiri, supaya ketika saya mengupload story tidak dilihat oleh orang lain. Tapi sewaktu story dikembalikan, supaya story saya bisa di lihat orang lagi, tapi tidak bisa.😥😥😥😥

    Balas
    • prosesnya gmana mba? mba paham klo story tahannya cma 24 jam kan ya? pengaturan diatas tujuannya menyembunyikan story mba dari orang2 tertentu.. jika sudh tidak disembunyikan dari orang2 tsbt, maka story baru mba akan bisa mereka liat.. sekali lagi, story hanya bertahan 24 jam.. cmiiw..

  6. Buat yang pengaturan hide story nya error bisa coba cara saya. Pertama pergi ke pengaturan di akun ig, di situ ada beberapa opsi, klik yang ‘bantuan’ nah nanti ada pilihan lagi trus pilih ‘laporkan masalah’ nanti kalo udah di klik lagi ada beberapa opsi lagi keluar, pilih lagi ‘laporkan masalah’ udah gitu nanti di suruh masukin foto masalahnya kan nah tinggal klik kotak yang ada ‘+’ di dalam nya, Nanti di suruh milih lagi, nanti pilih ‘ambil cuplikan layar’ kalo udah di klik nanti di suruh foto atau ss gitu pokonya. Kalo udah, nanti kalian masuk ke pengaturan story/sembunyikan cerita dari. Nah sebagian ada kan masalahnya sama disini? Kalian cuman perlu klik ceklis birunya aja. Kalo udah tinggal klik lagi kembali/panah di pojok kiri. Coba lihat kalo jumlah orng yg kalian hide storynya berkurang berarti berhasil. Kalo jumlah orng yang kalian hide masih sama kalian bisa coba ulang lagi dari awal. Selamat mencoba.

    Balas
  7. kalo kita ngehide story ignya kan otomatis ga bisa liat postingannya, mau itu story atau post nah terus kalo kita search namanya ikutan ga bisa juga?

    Balas
    • ditulisan ini dijelaskan cara menyembunyikan story mba dari orang2 tertentu… harusnya setelah berhasil mengikuti proses diatas, orang yang dipilih tidak bisa melihat story mba, tapi mereka bisa liat postingan, dll,seperti biasa..

      kalau dari mba sendiri, harusnya mba bisa liat semua tentang orng tsbt, baik postingan, story, dll.. karena setting diatas tujuannya cuma satu, menyembunyikan story mba dari dia…

    • ga pernah nyoba cari batasannya mas.. dicoba aja sih… kalau katanya ga bisa lagi, artinya nemu batasannya kan..

Tinggalkan komentar