Cara Menyembunyikan Terakhir Dilihat di WhatsApp

Salah satu fitur yang cukup penting adalah fitur “Last seen” atau “Terakhir dilihat” di WhatsApp. Dengan fitur ini kita bisa tau teman kita kapan terakhir online, dan bisa tau kenapa chat kita belum dibaca atau belum dibalas.

Namun fitur ini berlaku dua arah. Teman kita akan selalu tau kapan kita terakhir online di WhatsApp. Jadi fitur ini memaksa kita ‘buka-bukaan’ soal history aktif kita dengan orang-orang yang menghubungi kita di WhatsApp.

Untuk kondisi normal, mungkin hal ini tidak akan menjadi perhatian kita. Namun jika kita sedang berusaha ‘sembunyi’ dari seseorang, atau ingin orang tertentu tidak tau kapan saja kita terakhir online, fitur ini akan sangat menggangu.

Nah, kali ini bukugue.com akan membahas bagaimana menyembunyikan “last seen” atau “terakhir dilihat” ini. Penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasan dibawah ya.

Tutorial kali ini terbilang cukup mudah, karena WhatsApp memang menyediakan pengaturan untuk hal ini. Jadi hanya perlu beberapa kali tap, kamu sudah bisa menyembunyikan “Terakhir dilihat” tsbt.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp kamu.
2. Tekan tombol “titik tiga”, lalu pilih menu “Setelan”.

3. Dihalaman “Setelan”, pilih menu “Akun”.

Cara Menyembunyikan Terakhir Dilihat di WhatsApp 5

4. Dihalaman “Akun”, pilih menu “Privasi”.

Cara Menyembunyikan Terakhir Dilihat di WhatsApp 7

Pengaturan Privasi berguna untuk melihat kontak yang terblokir, mengatur apakah laporan terbaca perlu kita lihat, mengatur siapa yang dapat melihat informasi pribadi kita seperti foto profil, status, info, lokasi terkini dan history aktif atau terakhir dilihat kita.

5. Dihalaman “Privasi”, pilih opsi “Terakhir dilihat”.

Cara Menyembunyikan Terakhir Dilihat di WhatsApp 9

6. Saat kalian pilih menu “Terakhir dilihat”, akan muncul beberapa pilihan siapa saja yang boleh melihat. Disini ubah menjadi “Tidak ada”.

Cara Menyembunyikan Terakhir Dilihat di WhatsApp 11

7. Selesai. Sangat mudah bukan?

Artikel Lainnya :  Cara melihat versi WhatsApp di ponsel kamu

Perlu dicatat, jika kalian menyembunyikan “terakhir dilihat”, kalian juga tidak akan bisa melihat “terakhir dilihat”-nya orang lain yang ada di kontak kalian. Tentu itu adalah sebuah kelemahan, namun disini WhatsApp berusaha adil, jika kita ingin orang lain tidak bisa melihat waktu “Terakhir dilihat” kita, kita juga tidak akan bisa melihat waktu “Terakhir dilihat” orang lain.


Mungkin sampai disini tutorial kali ini. Hanya sekian, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Tinggalkan komentar