Cara mengganti wallpaper di Telegram

Yup, di Telegram saat ini tersedia fitur wallpaper atau background chat. Kamu bisa menggunakan wallpaper untuk halaman chat, wallpaper ini akan terlihat di chat personal, chat grup, ataupun di channel.

Apakah fitur wallpaper ini penting?

Buat pengguna yang suka customisasi dan gonta ganti tema, ya fitur ini cukup penting. Dengan kita bebas mengatur wallpaper, kita bisa membuat halaman chat terasa lebih “personal”.

Jika di WhatsApp kita hanya bisa menggunakan wallpaper berupa foto dan dark mode untuk bagian warnanya. Di telegram kita bisa menggunakan wallpaper dan mengatur sendiri warna yang kita suka.

Mengatur foto sendiri sebagai wallpaper di Telegram

Jika Telegram kalian masih dalam bahasa Inggris, kalian sebaiknya ubah dulu ke bahasa indonesia agar mudah mengikuti proses dibawah ini.

1. Buka aplikasi Telegram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda Telegram, silahkan tap “menu hamburger” yang berada di pojok kiri atas. Lalu pilih menu “Pengaturan”.

3. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman pengaturan seperti dibawah. Disini pilih menu “Pengaturan obrolan”.

masuk ke pengaturan obrolan

4. Dihalaman pengaturan obrolan inilah kalian bisa mengatur baik dari segi warna, backgroud , dll. Untuk mengatur wallpaper, disini kalian pilih menu “Ganti Latar Chat”.

klik ganti latar chat

5. Kalian bisa memilih wallpaper default yang disediakan Telegram, atau bisa juga memilih dari foto kalian sendiri. Untuk memilih dari koleksi foto kalian sendiri, pilih menu “Pilih dari galeri”.

klik pilih dari galeri

6. Jika sudah, kalian akan di bawa ke galeri kalian. Pilih salah satu foto yang kalian suka.

pilih foto

7. Jika kalian sudah memilih foto, kalian akan dibawa ke halaman preview tampilan latar dengan foto tadi. Disini kalian bisa memilih efek, ada dua efek, yaitu “Buram” dan “Bergerak”. Silahkan dicoba keduanya, dan aktifkan jika kalian suka efek tsbt.

klik gerak

8. Setelah yakin dengan settingan efeknya, kalian bisa tap “PASANG LATAR” untuk memasang foto tadi sebagai background.

klik pasang latar

9. Selesai.

Silahkan kalian kembali ke beranda dan pilih salah satu chat, baik itu chat personal, chat grup, ataupun channel. Kalian bisa lihat wallpaper kalian tadi disana.

contoh hasilnya

Karena tadi saya menggunakan efek gerak, background foto ini akan sedikit bergerak-gerak. Jika kalian tidak suka efeknya, bisa setting ulang supaya fotonya tidak bergerak.

Menggunakan warna polos sebagai background chat

Dicara kedua ini kita akan menggunakan pengaturan tema. Jadi disini kita bisa pilih tema, dan warna belakangnya akan menyesuaikan dengan tema tsbt.

Bedanya dengan pengaturan sebelumnya adalah, tema ini mempengaruhi seluruh bagian dari telegram. Artinya tidak hanya laman chat, tapi juga laman beranda, laman setting, dll.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Tekan ikon hamburger menu, lalu pilih menu “Pengaturan”.

2. Dihalaman pengaturan, pilih menu “Pengaturan Obrolan”.

klik pengaturan obrolan

3. Dihalaman “Pengaturan obrolan” inilah kalian bisa mengatur tema tsbt. Pengaturannya ada dibagian “Warna Tema” seperti yang saya beri kotak merah dibawah.

atur warna sesuai keinginan

4. Disini kalian bisa coba pilih warnanya, bisa pilih warna terang, ataupun gelap. Bisa juga pilih warna yang ada dibawahnya, bisa pilih hijau, biru, dll. Disini saya pilih tema “Gelap” dan warna “Hijau”.

setelah warna di atur

5. Selesai. Jika kalian lihat halaman chat, akan terlihat bahwa backgroud kalian akan mengikuti pilihan warna tema tadi.

contoh hasilnya
contoh hasilnya

Jika kalian bosan dengan warna polos tadi, kalian juga bisa mengatur wallpaper di tema ini. Cara pasang wallpapernya sama seperti dengan yang sudah saya jelaskan diatas tadi.


Semoga artikel di atas membantu kalian semua. Jika ada pertanyaan, kalian bisa tinggalkan dikolom komentar di bawah ini. TERIMA KASIH.

Tinggalkan komentar