Cara menyembunyikan foto profil WhatsApp

Foto profil sudah menjadi tanda pengenal bagi setiap akun. Dengan adanya foto profil kita dengan mudah mengenali pemilik nomor telepon yang tertera di smartphone.

Namun, sebagian orang merasa tidak nyaman saat memasang foto profil dengan wajah mereka. Mulai dengan alasan privasi atau takut jika fotonya dicuri dan digunakan oleh orang yang tidak dikenal.

Untuk itulah, WhatsApp memberikan kita fitur untuk menyembunyikan foto profil yang bisa digunakan dengan mudah tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Fitur ini menyediakan berbagai pilihan mulai dari membatasi akses foto profil hanya untuk kontak yang kita simpan atau menghilangkan tampilan foto profil tanpa perlu repot-repot menghapusnya.

Penasaran bagaimana caranya? simak langkah-langkah dibawah ini seksama.

Cara mengatur Privasi Foto Profil WhatsApp

Berikut akan dijelaskan cara mengakses fitur menyembunyikan foto profil WhatsApp langsung dari aplikasinya :

1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk ikon ‘menu’ atau simbol titik tiga yang ada di kanan atas layar.

ketuk ikon menu di kanan atas layar

2. Kemudian akan muncul berbagai pilihan menu, ketuk menu ‘Setelan’ di paling bawah.

ketuk menu setelah di paling bawah

3. Selanjutnya, ketuk menu ‘Akun’ yang berada di paling atas dan pilih pengaturan ‘Privasi’.

4. Setelah itu, ketuk tab ‘Foto Profil’.

ketuk tab foto profil

5. Akan muncul tiga pilihan pengaturan yang bisa kamu pilih, berikut penjelasan dan hasil yang diberikan:

  • Semua Orang : Pengaturan ini akan menampilkan foto profil bagi semua orang yang tahu nomor WhatsApp kita, baik yang tersimpan di daftar kontak maupun orang asing.
  • Kontak Saya : Saat memilih pengaturan ini, foto profil hanya akan ditampilkan bagi kontak atau nomor telepon yang sudah kita simpan. Sedangkan nomor asing tidak akan tahu bagaimana foto profil kita.
  • Tidak Ada : foto profil akan di privat untuk semua orang baik dari kontak ataupun orang asing yang tahu nomor kita.

6. Setelah memilih “Kontak saya” atau “Tidak Ada”, pengaturan akan tersimpan otomatis.

Cara Agar Foto Profil WhatsApp Tidak Terlihat Untuk Kontak atau Orang Tertentu

Apakah kamu ingin orang tua, pacar, atau saudara saja yang tidak bisa melihat foto profil di kontak WhatsApp? Tenang, ada cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ubah privasi foto profil ke “Kontak Saya”, sehingga hanya orang yang tersimpan di kontak saja yang bisa melihat foto profil kamu.

2. Setelah itu keluar dari WhatsApp, lalu buka daftar kontak di HP kamu.
3. Hapus kontak orang yang tidak kamu inginkan untuk melihat profil kamu tsbt.

hapus kontak orang tersebut

4. Selesai.

Sebagai catatan cara ini memang cukup beresiko, karena kita akan kehilangan kontak orang tersebut sekaligus akan kesusahan jika ingin menghubunginya kembali. 

Sayangnya, tidak ada cara lain agar kontak tertentu saja yang tidak bisa melihat foto profil kita, kecuali kita menghapus nomor tersebut dari daftar kontak. Bahkan saya sudah mencoba untuk menggunakan aplikasi tambahan, namun hasilnya tetap nihil.

Maka dari itu, jika tetap ingin melakukan cara diatas, ada baiknya kamu menyimpan nomor telepon tersebut ke dalam notes atau catatan, sehingga bisa menghubunginya lagi apabila diperlukan suatu hari nanti.

Tidak hanya menghapus kontak, kamu juga bisa memblokir nomor tersebut sehingga mereka tidak bisa melihat foto profil bahkan info dan terakhir nomor kamu online.

Kelebihan dan Kekurangan Menyembunyikan Foto Profil dari Orang-orang Tertentu

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada bahasan di atas, tentunya membatasi orang yang bisa melihat foto profil kita mempunyai kelebihan dan kekurangan.

1. Privasi yang terjaga. Dengan mengaturnya menjadi orang-orang tertentu saja yang bisa melihat foto profil kita, maka privasi kita tetap terjaga dan kemungkinan terjadinya gangguan kecil karena kita sendiri yang memilih orang-orang tersebut.

2. Resiko foto dicuri sangat kecil. Hal tersebut dikarenakan orang-orang yang kita pilih pastilah orang yang sudah kita kenal. Dan tidak mungkin kita memilih orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau bisa saja mencuri foto profil kita untuk dapat melihat foto profil kita.

3. Bisa membuat ragu. Meski menyembunyikan foto profil memiliki banyak keuntungan untuk pribadi. Dilain sisi, orang lain bisa kebingungan apakah nomor yang mereka hubungi merupakan orang yang dituju atau bukan karena tidak adanya foto profil yang tertera di kontak.

4. Bisa dibilang sombong. Beberapa orang tidak terlalu ‘paham’ dengan privasi sehingga apabila ada orang yang menyembunyikan foto profil mereka dari beberapa orang, maka akan dibilang sombong.

5. Orang lain jadi tahu bahwa kita tidak menyimpan nomornya. Kasus tersebut terjadi apabila kita mengatur hanya kontak yang kita simpanlah yang bisa melihat foto profil kita.


Untuk itu, sebelum menyembunyikan foto profil WhatsApp ada baiknya kamu mempertimbangkan berbagai aspek penting yang sudah disinggung sebelumnya ya. Semoga bisa membantu, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar