Cara memprivate akun instagram

Main Instagram itu menyenangkan sekali. Kalian pasti juga setuju, kan? Berbagi foto dengan caption menarik, hashtag yang mendunia, serta saling tag dan follow. Semua terasa seru dan tanpa beban.

Namun, apa jadinya jika keseruan itu harus diganggu oleh sejumlah akun. Mulai ada yang mencuri foto kita, mencopy paste caption kita tanpa menyebutkan sumber, atau justru sering men-tag kita untuk postingan yang berpotensi menimbulkan keresahan.

Jika itu sudah terjadi dalam kegiatan ber-Instagram kalian, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk mem-private akun instagram kalian tsbt.

Berikut adalah beberapa alasan kuat untuk kalian mem-gembok (mem-private) akun instagram kalian.

  1. Agar terhindar dari orang yang iseng dengan akun Instagram kalian
  2. Agar akun Instagram kalian tidak bisa dilihat sembarang orang
  3. Agar akun Instagram kalian bisa lebih personal, kalian bisa lebih bebas mengupload foto-foto kegiatan pribadi kalian, karena yang follow hanya orang-orang yang kalian setujui saja.

Kelebihan dan kekurangan mengunci privasi akun instagram

Tidak semua orang cocok menggunakan akun yang di private, beberapa kelebihan dan kekurangan dibawah mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kalian terkait apakah kalian akan mengunci dan menggembok akun tsbt dari akses publik.

Berikut beberapa kelebihan akun instagram yang di private :

  1. Dengan mengunci privasi akun, maka kalian akan terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Zaman sekarang kalian harus hati-hati karena foto atau video yang kalian upload, bisa saja dicuri dan disalahgunakan.
  2. Jika kalian tergolong introvert, kalian bisa menyetujui hanya beberapa orang teman dekat kalian saja untuk mem-follow akun kalian.
  3. Bersih dari promosi dan komentar negatif, karena yang kalian bolehkan untuk follow biasanya orang yang kalian kenal secara personal.
  4. Jika kalian tergolong manusia rupawan yang diberi kelebihan oleh pencipta untuk memiliki paras dan tubuh yang menarik, dengan mem-private akun, kalian bisa menghindari spam dari akun lain yang ingin pedekate.

Sedangkan kekurangan mengunci privasi akun pun cukup signifikan, jadi pastikan kalian tau dampaknya sebelum melakukan hal tersebut. Berikut beberapa kekurangan mem-private akun instagram kalian.

  1. Perlu proses approval atau persetujuan sebelum orang lain bisa mem-follow kalian. Sehingga misalnya karena kesibukan atau hal lain, kalian bisa saja telat meng­-approve teman yang ingin mem-follow kalian.
  2. Seringkali orang yang mem-private akun Instagram-nya mendapat cap anti social atau orang yang kurang suka bersosialisasi.
  3. Tidak bisa mengikuti event-event tertentu yang diselenggarakan akun lain di instagram. Beberapa akun Instagram ada yang suka mengadakan event-event yang menarik seperti lomba foto, give away, quiz, dan lain lain. Event-event tersebut biasanya memberikan syarat agar pengguna tidak memprivate akun mereka.
  4. Jangkauan hashtag, postingan dan story kalian akan terbatas, karena semuanya tidak tersedia untuk publik. Jadi sangat tidak cocok untuk akun yang bertujuan membangun popularitas, seperti akun bisnis/jualan ataupun yang niat jadi influencer.

Cara mem-private akun instagram kalian

Buat yang masih belum tau bagaimana memprivate akun, dibawah akan dijelaskan dengan detail. Pastikan kalian sudah paham efeknya ke akun kalian, sebelum kalian mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram kalian terlebih dahulu.
2. Setelah itu masuk ke halaman profil, kemudian tap “ikon garis tiga” dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

Halaman Awal Instagram

3. Di menu yang muncul, pilih “Pengaturan” atau “Settings”.

Pilih Setting

4. Dihalaman pengaturan ini, pilih menu “privacy”. [NB. Tanda panah di gambar agak kurang pas, mohon dimaafkan :D.]

Pilih privacy

5. Dihalaman privacy ini, pilih menu “Account privacy”

Pilih Account Privacy

6. Di halaman akun privacy ini hanya ada satu menu. Aktifkan tombol navigasi disebelah menu “Private account”.

Slice ke kanan untuk aktifkan privacy

7. Jika muncul kotak konfirmasi, beri persetujuan untuk mem-private akun tsbt. Jika sudah, dihalaman yang dilangkah enam, ikon navigasinya akan berwarna biru.

Untuk yang pakai komputer atau PC

Instagram tidak hanya bisa diakses menggunakan aplikasi instagram saja, namun kalian juga bisa mengakses Instagram dengan menggunakan browser baik di di ponsel ataupun di komputer.

Nah disini kita akan bahas untuk yang suka instagram-an di komputer.

1. Seperti biasa, masuk dulu ke akun instagram kalian. Setelah itu buka profil kalian, dihalaman profil, klik ikon gear untuk masuk kepengaturan.

Halaman Awal Instagram

2. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu, pilih menu “privasi dan keamanan”.

Pilih Privacy dan keamanan

3. Kalian akan dibawa kehalaman pengaturan “Privasi dan keamanan”, dibagian “Privasi akun” ada pengaturan untuk “Akun Pribadi”, ceklist disana.

Checklist Privacy Akun

4. Selesai. Jika sudah dicentang artinya akun kalian sudah berubah ke private.

Pertanyaan terkait akun instagram yang di private

1. Apa akun Instagram saya masih bisa di-tag akun lain yang tidak mengikuti saya? Jawab: Bisa, yang men-tag kalian atau yang melihat postingan yang men-tag kalian, tidak akan bisa melihat apapun yang kalian posting.

2. Kalau suatu saat saya mau membuka private Instagram saya masih bisa, kan? Jawab: Bisa dan mudah sekali caranya, tinggal ikuti proses yang dijelaskan diatas, lalu hilangkan ceklis atau matikan tombol navigasi di sebelah pengaturan “Private account”-nya.

3. Hashtag atau tagar yang saya buat dalam postingan saya apakah bisa membuat akun lain yang tidak me-follow saya melihat postingan saya tersebut? Jawab: Tidak bisa, hanya para followers yang telah mendapat persetujuan untuk follow yang bisa melihat postingan tersebut.

4. Jika Instagram saya terhubungan ke Facebook, apakah mereka yang belum saya approve di Instagram itu bisa melihat postingan saya di Facebook? Jawab: Bisa, jika kalian membuat akun Facebook tersebut public yang artinya postingan bisa dilihat oleh mereka yang berteman maupun tidak berteman di Facebook. Walaupun begitu ada alternatifnya, yaitu dengan memprivate juga akun facebook kalian tersebut.

5. Mungkinkah saya akan kehilangan followers lama jika saya mem-private akun IG saya sekarang? Jawab: Mereka akan tetap jadi followers kalian. Kecuali, jika follower itu memutuskan untuk tidak mengikuti kalian lagi untuk berbagai alasan.


Itulah penjelasan mengenai cara mengunci atau istilah kerennya mem-private akun instagram kalian. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan terimakasih.

Tulisan ini sebelumnya ditulis oleh Ulfah sebelum di sunting dan diperbaharui oleh Digo.

Tinggalkan komentar