Cara scan text dalam gambar dengan fitur OCR di LINE

Seperti yang kita ketahui, LINE selalu menambahkan berbagai macam fitur terbaru secara berkala. Salah satu fitur baru yang dikeluarkan oleh LINE yakni fitur OCR (Optical Character Recognition) dimana fitur ini berfungsi untuk mengenali karakter/text yang ada dalam sebuah gambar.

Awalnya OCR hanya bisa membaca beberapa bahasa seperti Jepang, bahasa Inggris, bahasa mandarin, dan bahasa Korea.

Sekarang Fitur OCR sudah mendukung pengenalan enam bahasa, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Jepang, China (Traditional), China (Simplified), Thailand, dan Korea. Sedangkan untuk teks yang hasil scan tadi, bisa langsung diterjemahkan ke dalam 16 bahasa, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Jepang, China (Traditional), China (Simplified), Thailand, dan lainnya.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah memindai tulisan yang diambil secara langsung dengan kamera perangkat dalam bentuk foto yang tersimpan di galeri, atau foto yang dikirim dan diterima melalui percakapan.

Kamu bisa mencoba fitur ini pada versi PC dan versi mobile. Berikut tata caranya :

1. Buka aplikasi Line.
2. Masuk ke chatroom.

"pilih" dan tekan "chatroom"

3. Pilih gambar yang ingin discan.

"pilih" dan tekan "logo gambar"

4. Tekan logo yang bertuliskan huruf A.

"pilih" dan tekan "huruf A"

5. Kamu akan mendapat hasil seperti ini. Selanjutnya copy text yang kamu inginkan.

6. Selesai. Cara diatas juga bisa kamu coba menggunakan LINE versi PC.

Fiturnya terlihat simpel, tapi buat anak sekolahan atau pekerja kantoran yang biasa saling berbagi tugas/laporan dalam bentuk dokumen atau foto, fitur ini bisa dibilang sangat membantu.

Admin: Sayangnya disini penulis tidak testing scan ke tulisan tangan, jadi aku tidak tau apakah fitur ini bisa membaca tulisan tangan atau tidak. Aku curiganya ini tidak bisa dilakukan, mengingat tulisan tangan cukup kompleks untuk di kenali programmatically. Jika teman-teman ada yang sudah testing, bisa informasikan hasilnya dibawah. Kalau sempat nanti aku akan coba testing dan tambahkan hasilnya disini.


Demikian tutorial tentang cara scan tulisan dalam gambar dengan aplikasi LINE. Semoga bermanfaat dan berhasil menerapkannya. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar