Cara share video Youtube ke chat WhatsApp

Saat kamu nemu video yang unik dan menarik di youtube, pasti gregeten banget ya, ingin ngajakin temen buat nonton juga?

Nah, supaya temanmu mau menonton video itu tanpa harus repot-repot search di Youtube, kamu bisa pakai menu share yang ada di Youtube untuk membagikan video tsbt. Menu share itu bisa kamu pakai untuk membagikan link video youtube ke platform lain seperti Facebook, WhatsApp, dll.

Tapi, kali ini aku bakal jelaskan cara share video Youtube ke WhatsApp aja ya.

Aku bakal jelasin dua cara ya. Cara pertama, adalah cara biasa buat kirim link youtube supaya temanmu bisa nonton video dari awal. Sedangkan, cara yang kedua bisa kamu pakai supaya temanmu bisa nonton video youtube mulai dari jam dan menit tertentu.

Cara cepat share video Youtube ke obrolan WhatsApp (Cara pertama)

1. Pertama, buka video Youtube yang kamu inginkan, lalu tap tombol “Share” atau “Bagikan” seperti pada gambar di bawah ini.

KLIK "BAGIKAN/SHARE"

2. Selanjutnya pilih “ikon WhatsApp” untuk membagikan video ke WhatsApp.

PILIH "WHATSAPP"

3. Berikutnya pilih kontak teman yang ingin kamu kirimi video. Lalu tap “ikon panah berwarna hijau” yang ada di bagian pojok kanan bawa.

PILIH KONTAK TUJUAN

4. Terakhir, tap tombol kirim yang berlogo pesawat kertas berwarna hijau di bagian pojok kanan bawah.

KIRIM

5. Selesai. Kamu bisa lihat link video tsbt sudah terkirim dihalaman chat.

SUDAH TERKIRIM

Gimana sob, gampang banget kan cara share video Youtube ke WhatsApp? Nah, dengan cara ini, temanmu bisa menonton video youtube dengan mengeklik link yang sudah kamu kirim tadi.

Cara share video dari jam atau menit tertentu (cara kedua)

Cara pertama tadi bisa di gunakan kalau kamu ingin temanmu menoton keseluruhan video mulai dari awal. Tapi, gimana ya kalo videonya terlalu panjang, sedangkan kamu cuma mau video itu ditonton di menit tertentu saja?

Nah, jangan khawatir sob, inilah yang akan jelaskan di cara kedua.

Untuk langkahnya hampir sama dengan cara pertama, tapi bedanya, dilangkah 4 kita tidak langsung kirim link videonya, tapi kita tambahkan “kode” ke link tsbt.

Jadi saat kamu sudah sampai dilangkah ini, jangan dikirim langsung.

Yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan kode ?t=waktu diujung link tsbt. Agak sulit untuk dijelaskan, jadi disini kita akan langsung contohkan saja.

Contoh simpelnya, jika kamu ingin mengarahkan temanmu untuk menonton video di menit ke 01.20, maka tambahkan tulisan ?t=01m20s pada link video tsbt, perhatikan gambar supaya lebih paham, bandingkan dengan gambar sebelumnya diatas.

tambahkan 01m20s

Contoh kedua, misalnya kamu ingin temanmu menonton video pada jam ke 01, menit ke 04, dan pada detik ke 20, maka tambahkan kode ?t=01h04m20s.

tuliskan 01h04m20s

Dimana t adalah singkatan dari time (yang artinya “waktu”), h adalah singkatan dari hour (jam), m singkatan dari minute (menit) dan s singkatan dari second (detik).

Jika sudah menuliskan jam, menit, atau detik yang kamu inginkan, kamu bisa mengirimkan link tsbt seperti biasa.

Nah, cara kedua ini jauh lebih efektif digunakan untuk video yang durasinya terlalu panjang. Jadi, temanmu nggak akan buang-buang waktu buat nonton bagian video yang nggak perlu, karena dia akan langsung diarahkah ke waktu yang sudah kamu atur tadi.


Begitulah cara-cara share video Youtube ke WhatsApp. Kamu bebas mau pilih cara pertama atau cara kedua. Tinggal kamu sesuaikan saja sama kebutuhanmu. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan komentar