Cara supaya tidak bisa di tag dan di mention di Instagram

Biasanya setelah posting foto di Instagram, pengguna Instagram sering kali membuka kembali aplikasi Instagram untuk melihat berapa banyak orang yang like postingannya.

Apakah kamu juga demikian?

Semakin banyak like yang didapatkan memang semakin membuat kita merasa senang.

Tapi tentunya hal ini berbeda dengan tag dan mentions. Saat ada banyak orang yang menandai atau menyebut kita dipostingannya, kita justru akan semakin merasa terganggu. Apalagi jika kita sering di tag atau di mention oleh orang yang tidak kita kenal.

Nah, agar tidak ada lagi orang yang dapat men-tag atau mention kamu secara sembarangan, maka kamu perlu mengubah pengaturan untuk tag dan mentions.

Oh iya, tag dan mention itu beda, ya.

Buat yang belum tau, bisa baca laman bukugue.com/cara-mention-dan-tag-di-instagram, disana dijelaskan lebih detail lagi mengenai perbedaan antara tag dan mention.

Tapi sekilas akan dibahas disini biar kamu tidak bingung mengikuti tutorial dibawah ini nanti. Jadi mention itu adalah fitur untuk menyebutkan seseorang, dan untuk menggunakannya kamu perlu mengetik @ diikuti dengan nama pengguna. Sedangkan tag atau tagging atau “tandai” adalah fitur untuk menandai seseorang dalam sebuah postingan. Ini misalnya didalam sebuah foto ada teman-teman kamu, kamu bisa menandai mereka didalam postingan tsbt.

Ok. Jika sudah paham dimana bedanya. Dibawah akan dijelaskan bagaimana pengaturannya agar kamu tidak bisa di mention dan di tag oleh pengguna Instagram lainnya.

Cara Supaya Tidak Bisa di Tag di Instagram

Pengaturannya tidak sulit kok. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur supaya kamu tidak bisa di Tag di Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram dan tap foto profil yang terdapat di kanan bawah.

Tap foto profil.

2. Tap icon “Hamburger” yang terdapat di kanan atas halaman profil. Lalu Tap “Pengaturan” yang terdapat di kanan bawah.

3. Di halaman “Pengaturan”, buka dan tap menu “Privasi”.

Tap “Privasi”

4. Dihalaman “privasi” ini masuk ke menu “Tagar”.

Tap “Tagar”

5. Di halaman “Tagar” ini kamu bisa memilih siapa saja yang boleh men-tag kamu di Instagram. Pilih “Tidak Seorang Pun” supaya tidak ada lagi pengguna IG yang bisa men-tag kamu di postingan mereka.

Pilih “Tidak Seorang Pun”.

6. Selesai. Mudah bukan?

Berikut adalah hasilnya saat seseorang ingin men-tag kamu. Bisa kamu liat dibawah, akan ada notice bahwa kamu tidak bisa ditandai.

Yang perlu diperhatikan adalah, hal ini tentu bisa berdampak negatif jika kamu memiliki banyak teman dekat yang suka membagikan foto kalian bersama. Jadi ini penting untuk kamu pertimbangkan.

Cara Supaya Tidak Bisa di mention di Instagram

Prosesnya sama dengan pengaturan tag diatas, perbedaannya hanya di menu yang ada dihalaman privasi. Jadi masuk dulu ke pengaturan privasi kamu. Baru ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Dihalaman “Privasi” ini, tap menu “Mentions”.

Tap "Mentions"

2. Kamu akan dibawa kehalaman pengaturan “Mentions” seperti dibawah. Disini kamu bisa memilih siapa saja yang kamu bolehkan untuk me-mention kamu. Disini pilih “Tidak Seorang Pun”.

Pilih "Tidak Seorang Pun".

3. Selesai. Kamu tidak akan bisa di mention oleh siapapun di story, komentar, video, siaran langsung, dan juga caption mereka.

Berikut contoh ketika seseorang mencoba mention kamu di Instagram. Orang tsbt akan mendapatkan pemberitahuan seperti dibawah ini.

Sekali lagi, walaupun fitur ini bisa membuat kamu tidak bisa dimention SPAMMER, kamu juga tidak akan bisa di mention oleh orang-orang yang kamu kenal. Jadi jika kamu punya teman-teman yang suka mention-mention, dan tetap ingin mereka me-mention kamu, kamu bisa pilih “Orang yang anda ikuti” di langkah dua diatas.


Itulah pembahasan mengenai cara agar tidak bisa di tag dan mention di Instagram. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang tidak akan ada lagi yang dapat nge-tag atau mention kamu.

Meski demikian, tag dan mention yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya tidak akan hilang begitu saja.


Mungkin sampai disini bahasan kita kali ini, jika ada pertanyaan atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya dikolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar