Cara supaya tidak bisa dimasukkan ke grup WhatsApp

Untuk bergabung dengan grup di WhatsApp setidaknya ada dua cara, pertama melalui link invite grup dan yang kedua dengan ditambahkan oleh admin.

Jika kita dapat link invite grup, kita bisa bebas memilih apakah ingin bergabung atau tidak, sedangkan jika admin yang menambahkan, kita akan otomatis masuk menjadi anggota grup, suka ataupun tidak suka.

Nah, buat yang risih karena sering ditambahkan orang ke grup WhatsApp, kalian bisa mengatur supaya tidak ada yang bisa menambahkan kalian ke grup WhatsApp.

Kalian tetap bisa gabung ke grup yang kalian suka melalui link invite grup, tapi para admin grup tidak ada yang bisa menambahkan kalian secara paksa ke grup mereka.

Penasaran bagaimana caranya, simak pembahasan dibawah ini ya.

1. Tap ikon “titik tiga” untuk memunculkan pilihan menu di WhatsApp.

klik icon titik tiga

2. Pilih menu “Setelan”.

masuk ke setelan

3. Dihalaman setelan ini, pilih menu “Akun”.

masuk ke menu akun

4. Selanjutnya pilih menu “Privasi”.

klik menu privasi

5. Setelah berada di halaman pengaturan privasi seperti dibawah, akan terlihat beberapa pengaturan disini. Gulir kebawah hingga menemukan opsi “Group”. Tap menu “Group” tsbt.

masuk ke group

6. Setelah itu akan ada pengaturan “Siapa yang dapat menambahkan saya ke grup”. Disini pilih “Kontak saya kecuali”.

kontak saya kecuali

7. Setelah itu kalian diminta untuk memilih kontak, tap “ikon ceklis semua” yang berada di pojok kanan atas umtuk memberikan tanda centang pada semua kontak.

klik all ceklis

8. Jika semua kontak sudah tercentang, tap “centang hijau” yang berada di pojok kanan bawah untuk menyimpan pengaturan.

klik icon centang

9. Selesai. Kalian akan di bawa kembali ke halaman pengaturan privasi. Nah dibagian bawah opsi “group”, akan terlihat jumlah kontak yang sudah dikecualikan.

group

Untuk yang masih sedikit bingung, opsi “Kontak saya kecuali” tersebut adalah memilih kontak yang ingin kita kecualikan dari “kemampuan untuk menambahkan kita ke dalam grup”. Jadi jika ada kontak yang tidak di centang, kontak tersebut bisa menambahkan kita kedalam grup secara paksa seperti biasa.

Inilah kenapa, pengaturan ini perlu di “cek” dari waktu ke waktu, karena jika kalian menambahkan kontak baru, kontak tersebut belum masuk ke daftar yang dicentang tadi, dan akibatnya, mereka bisa menambahkan kalian ke grup yang mereka kelola.

Disisi lain, jika kalian mempercayai kontak tertentu, seperti teman dekat atau keluarga, kalian bisa “tidak mencentang” mereka, sehingga mereka bisa bebas menambahkan kalian ke grup yang mereka buat.

Saya harap bisa dipahami dengan jelas sampai disini.


Dengan mengaktifkan fitur di atas, maka kalian sudah dipastikan akan terbebas dari admin-admin group WhatsApp yang suka sembarangan menambahkan anggota. Kalian bisa mengecualikan semua kontak, atau hanya mengecualikan sebagian kontak saja. Pilihannya ada ditangan kalian.


Saya rasa langkah di atas sudah cukup lengkap untuk kalian ikuti. Jika masih ada yang belum dipahami, kalian bisa tanyakan di kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar