Cara Mengaktifkan Dark Mode di Facebook

Untuk mempertahankan eksistensinya dan meningkatkan kenyamanan pengguna, facebook selalu menghadirkan fitur-fitur baru di layanan yang mereka berikan.

Salah satu fitur yang bisa kalian nikmati dan bisa di bilang cukup baru adalah fitur dark mode.

Fitur ini sudah cukup lama dinanti pengguna, pasalnya di sosial media lain seperti di twitter ataupun di youtube, fitur dark mode sudah lama di luncurkan, bahkan di messenger (layanan dari facebook sendiri) sudah cukup lama tersedia fitur dark mode.

Buat yang masih belum tau kenapa dark mode itu penting. Fitur ini di desain untuk mengurangi strain dimata ketika membaca di kondisi gelap atau tanpa cahaya. Bisa dibilang fitur ini bisa menjaga kesehatan mata ketika dipakai kondisi yang pas (dalam gelap tadi).

Selain itu dilansir dari beberapa sumber, dark pixel itu membutuhkan daya lebih sedikit dari pada pixel putih/terang. Sehingga penggunaan dark mode bisa sedikit “menghemat” baterai ponsel kalian.

Namun sayangnya tidak semua versi facebook di lengkapi fitur dark mode. Fitur dark mode sendiri untuk saat ini hanya bisa dinikmati di facebook versi Lite. Untuk versi regular dan versi webnya masih belum di lengkapi dengan fitur ini.

Untuk saat ini dari pihak facebook sendiri masih belum belum mengklarifikasi kapan facebook regular dan facebook web akan di lengkapi dengan fitur satu ini. Mungkin untuk saat ini facebook lebih memprerioritaskan fitur untuk pengguna Lite, karena mayoritas pengguna facebook saat ini menggunakan versi Lite.

Baca juga : Apa beda aplikasi Facebook biasa dengan Facebook Lite

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Facebook Lite

Untuk caranya kalian bisa mengikuti langkah yang ada di bawah ini. Untuk pengguna lama, silahkan skip langkah 1 sampai 5.

1. Buka aplikasi facebook lite di smartphone kalian. Bagi kalian yang belum memilikinya, bisa download terlebih dahulu di playstore atau appstore kalian.

2. Setelah kalian aplikasinya, kalian akan diminta untuk memilih “Bahasa” yang ingin kalian gunakan diaplikasi ini. Disini kita pilih bahasa indonesia.

3. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman login seperti dibawah. Seperti biasa masukkan username/email dan password kalian, lalu tekan “Login”.

masukan email dan login

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman pengaturan awal seperti dibawah. Kalian bisa mengaktifkan fitur yang diminta, atau skip dengan menekan tombol “Lewati” yang ada dibawah tombol “Aktifkan” tsbt.

5. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman beranda facebook kalian seperti dibawah ini. Disini tekan “icon garis tiga” yang ada dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

tap icon garis tiga pojok kanan atas

6. Setelah itu akan ada pilihan opsi seperti dibawah ini. Gulir kebawah hingga terlihat menu “Mode gelap”. Setelah itu aktifkan tombol navigasi disebelah “Mode gelap” tersebut.

7. Setelah tombol navigasinya aktif, maka secara otomatis tampilan facebook kalian akan berubah menjadi gelap seperti screenshot dibawah ini.

aktif otomatis berubah jadi gelap

8. Selesai. Kalian bisa kembali keberanda dan mulai menggunakan facebook seperti biasanya. Seluruh bagian facebook yang bisa diakses di aplikasi lite ini akan sudah berada di mode gelap.


Pada dasarnya fitur mode gelap pada facebook, memiliki tampilan yang mirip dengan mode gelap di sosmed lain. Walaupun sejauh ini, untuk mode gelap, twitter pemenangnya dengan pengaturan mode gelap yang memiliki banyak pilihan kustomisasi.


Kita tentu berharap fitur dark mode ini segera meluncur di facebook reguler dan juga facebook web. Fitur ini tergolong simpel dan merupakan fitur lama yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu di dunia internet, entah kenapa facebook cukup lama dalam penerapannya.

Bagaimana menurut teman-teman?

Jika teman-teman juga butuh facebook reguler dalam mode gelap, ada alternatif aplikasi tambahan yang bisa di install untuk mendapatkan mode ini, tapi memang tidak se-seamles dan seaman fitur bawaan seperti di facebook lite.

Jika teman-teman berminat, bisa komentar dibawah, mungkin nanti akan segera kita buatkan pembahasan terkait hal tsbt.


Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa subsc.. share tulisan ini ke teman-teman pengguna facebook lainnya.Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Tinggalkan komentar