Cara memakai dan melepas fitur login multi-akun Instagram

Kamu bisa menambahkan beberapa akun di aplikasi Instagram. Hal ini sudah dibahas di tulisan bukugue.com/2-akun-instagram-di-1-hp, dengan fitur add account (tambahkan akun), kamu bisa menambahkan beberapa akun, dan berpindah akun dengan mudah di dalam satu perangkat.

Nah, baru-baru instagram merilis fitur multi-akun.

Sekilas fitur ini sama dengan fitur sebelumnya, sama-sama digunakan untuk login ke beberapa akun dalam satu perangkat, tapi kenyataannya ada perbedaan disini.

Dengan fitur multi-akun, kita mengaitkan dua akun atau lebih dalam satu detail login (akun utama). Jadi dengan login ke akun utama, akun yang dikaitkan akan otomatis login, begitu juga saat logout dari akun utama, akun yang dikaitkan juga akan otomatis logout.

Berbeda dengan fitur add account seperti yang dijelaskan dihalaman bukugue.com/2-akun-instagram-di-1-hp, disana setiap akun tidak saling berkaitan. Jadi jika salah satu logout, yang lainnya tidak terpengaruh.

Jika kamu hanya ingin menambahkan akun ke instagram, silahkan baca bukugue.com/2-akun-instagram-di-1-hp. Sedangkan jika kamu tertarik mencoba fitur multi-akun, silahkan simak lebih lanjut informasi berikut ini.

Mengaktifkan fitur login multi-akun di Instagram

Supaya bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan fitur login multi akun di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka profil Instagram. Tap ikon tiga garis pada ujung kanan atas layar. Setelah itu buka “pengaturan”.

2. Gulir layar ke bawah. Untuk mengaktifkan fitur ini, tap “siapkan login multi akun

pilih "siapkan login multi-akun"

3. Pilih salah satu dari akun yang kamu kelola menjadi akun utama. Setelah memilih akun utama, tap tombol “selanjutnya

pilih akun utama

4. Pada bagian pengingat keamanan, konfirmasi bahwa akun yang kamu pilih tersebut akan memiliki akses terhadap akun lain yang kamu kelola. Tap “OK” untuk mengkonfirmasi.

tap "OK"

5. Langkah selanjutnya adalah memilih akun yang akan kamu hubungkan dengan akun utama tadi. Misalnya kamu memiliki 3 akun yang dikelola, kamu dapat memilih menghubungkan dengan 1 akun saja atau keduanya. Disini penulis akan mencoba untuk menghubungkan akun utama dengan 2 akun lain. Tap “selanjutnya”.

pilih akun yang akan dihubungkan lalu "selanjutnya"

6. Selesai. Fitur login multi-akun berhasil diaktifkan.

fitur login multi akun berhasil diaktifkan

Sekarang untuk dapat login ke 3 akun tersebut dapat dilakukan melalui satu langkah saja. Cukup login pada akun utama saja, maka akun lainnya juga akan otomatis ikut masuk pada aplikasi Instagram.

Menambahkan akun pada fitur multi-akun

Setelah mengizinkan akses multi akun, kamu masih dapat menambahkan akun lainnya. Simak langkah-langkah berikut untuk lebih jelasnya.

1. Pada menu pengaturan aplikasi Instagram, scroll layar ke bawah dan tap “tambahkan akun”.

tap "tambahkan akun"

2. Kamu dapat memasukkan akun yang sudah pernah kamu buat. Selain itu kamu juga dapat membuat akun baru untuk kamu masukkan pada multi akun Instagram ini.

tambahkan akun yang sudah ada atau buat baru

Menghapus akun dari fitur multi-akun (dipengaturan akun utama)

Kita dapat memilih untuk menghapus akun tertentu dari fitur multi akun ini. Misalnya, kamu sudah menghubungkan 3 akun, kamu bisa memilih untuk menghapus salah satu akun diantaranya. Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Pada pengaturan Instagram, gulir layar ke bawah dan tap login multi akun

tap "login multi akun"

2. Pilih akun yang akan kamu hapus. Hilangkan tanda checklist pada akun yang ingin kamu hapus.

3. Selesai. Setelah kamu menghapus salah satu akun tadi, maka kedepannya akun yang dipilih tadi tidak akan ikut ter-login saat kamu masuk pada akun utama. Saat akan login, akun tersebut harus menggunakan password sendiri.

Menghapus fitur login multi-akun dari pengaturan akun yang terhubung

Selain dari pengaturan akun utama, akun lain yang dihubungkan juga punya pengaturan untuk melepaskan diri dari fitur multi-akun. Untuk melihat bagaimana langkah-langkahnya, simak cara berikut.

1. Buka salah satu akun yang dihubungkan, setelah itu buka pengaturan dan gulir layar ke ujung bawah.
2. Selanjutnya pilih menu “login multi akun”.

tap "login multi akun"

3. Disini kamu akan melihat bahwa ada akun utama yang punya akses untuk akun tsbt. Jadi untuk menghapus akses akun utama, klik ikon titik tiga disebelah nama akun utama. Lalu tap “remove”.

4. Selesai. Dengan dihapusnya akses, maka kamu perlu menggunakan kata sandi sendiri saat akan login akun ini.


Manfaat dari fitur login multi akun memang sangat mempermudah bagi kita yang banyak mengelola akun Instagram pada ponselnya. Namun sayangnya, jika fitur ini diaktifkan akan membuat semua akun menjadi satu kesatuan. Kita bahkan tidak dapat me-logout salah satu akun saja.

tidak dapat di logout secara terpisah
tidak dapat di logout secara terpisah

Untuk dapat me-logout salah satu akun saja, maka kamu harus menghapus akun tersebut dari login multi akun terlebih dahulu. Setelah menghapusnya, barulah kamu dapat melakukan logout pada 1 akun tersebut.


Itu tadi informasi mengenai cara menggunakan fitur login multi akun. Setelah membaca informasi tadi, apakah pembaca sudah lebih memahami tentang fitur ini? Semoga pembaca jadi lebih paham ya. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, dapat kamu ketikkan pada kolom komentar di bawah ini.

2 pemikiran pada “Cara memakai dan melepas fitur login multi-akun Instagram”

  1. Mau tanya, kan sy bikin akun ke-2 ini ditautkan ke akun yg ke-1 ,
    Sy ingin melepaskan akun ke-2 dari akun ke-1 sy ini,
    Nah sudah sy lepaskan multi-akun nya, tapi skrg sy gak bisa log-in ke akun yg ke-2 karena memang ga punya informasi login apa2,
    Karna pas bikin akun nya langsung ditautkan ke akun pertama..

    Kira2 gimana ya spy sy bisa login ke akun ke-2 smentara login nya harus pake info dr akun pertama.

    Balas
    • aku testing barusan, akun yang dibuat dengan cara tsbt ga ada informasi apapun, spertinya ig ambil data dari akun pertama..

      aku belum testing lebih lanjut, cma saranku coba aja test reset sandi mba? pas dikolom pencarian, coba masukin username akun tsbt disana.. liat apakah terdeteksi.. kalau iya harusnya nanti muncul opsi lebih lanjut..

Tinggalkan komentar