Kenapa fitur rewind tidak muncul di instagram? Apa solusinya?

Siapa diantara pembaca Bukugue yang sering membuat instastory dengan efek-efek tertentu? Instagram story mempunya beberapa pilihan efek kamera untuk mendukung kreativitasmu. Beberapa tahun yang lalu penggunaan fitur seperti rewind, boomerang, superzoom, dan lain lain mulai banyak digunakan berbarengan dengan diluncurkannya fitur ini.

Kini fitur pada insta story semakin beragam pilihannya. Bahkan sekarang insta story juga memungkinkan penggunanya untuk membuat filter foto mereka sendiri. Filter yang dibuatpun bisa digunakan secara bebas oleh pengguna Instagram lainnya, termasuk kita.

Namun dibalik penambahan fitur-fitur yang menarik tadi, ternyata ada salah satu fitur yang justru menghilang dari Instagram. Apa itu? Ialah fitur rewind video.

Apa itu rewind video? Kemudian apa penyebab hilangnya fitur Instagram ini? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Semuanya akan kami bahas secara lengkap melalui tulisan ini.

Sekilas mengenai fitur rewind Instagram

Fitur rewind pada Instagram story, memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat video secara terbalik atau reverse video. Misalnya kita merekam seseorang sedang minum, hasil video rewindnya adalah orang tersebut seperti sedang mengeluarkan air kembali kedalam gelas.

Jadi ini seperti kekuatannya Dr strange di film avenger, bisa memutar balik waktu.

Kenapa tidak ada fitur rewind di Instagram?

Dari beberapa sumber (Reddit), cukup banyak pertanyaan mengenai hilangnya fitur rewind video ini. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, banyak juga yang memberikan komentar balasan serupa, fitur rewind video tidak lagi mereka temui pada Instagram versi terbaru.

Hal ini juga berlaku bagi pengguna IOS atau iphone. Beberapa dari teman penulis yang menggunakan IOS pun mengatakan hal yang tak jauh berbeda. Instagram for IOS juga saat ini sudah tidak menyediakan fitur rewind video ini. Sangat disayangkan memang.

Alasan mengapa fitur ini hilang bisa jadi terjadi karena permasalahan pada pihak Instagram sendiri. Permasalahan hilangnya fitur Instagram ini bukan merupakan hal yang pertama. Bukan hanya fitur rewind saja yang pernah menghilang pada aplikasi ini. Fitur GIF juga pernah menghilang karena take down dari pihak Instagram. Setelah permasalahannya berhasil diselesaikan, pengguna Instagram dapat kembali menggunakan fitur GIF ini lagi.

Belum ada keterangan resmi dari Instagram terkait hilangnya fitur rewind video. Jadi alasan dari menghilangnya fitur ini belum dapat dijelaskan secara pasti. Jika take down fitur ini dilakukan semata-mata karena bug atau masalah tertentu, kita harapkan supaya dapat segera teratasi. Ya, semoga.

Bagaimana cara membuat video rewind?

Jika pembaca Bukugue dot com masih ingin menjajal efek video terbalik ini, cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan video editor lainnya. Ini dikarenakan Instagram juga belum menyediakan aplikasi resmi untuk me-reverse video. Video yang kamu rekam tadi kemudian dapat kamu upload sebagai insta story.

Banyak tersedia video editor yang dapat kamu gunakan untuk me-reverse video. Kali ini kami akan mencoba membuat video rewind dengan menggunakan aplikasi “Film Mundur: video sulap”. Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah ukurannya yang cukup ringan dibandingkan dengan video editor lainnya.

aplikasi Film Mundur untuk video rewind

Oh iya, selain itu aplikasi ini cukup populer lho karena telah didownload sebanyak lebih dari 50 juta kali. Untuk rating aplikasinya pun cukup tinggi, yaitu sebesar 4,5/5 bintang dari 870 ribu ulasan. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit video mundur tanpa mengorbankan kualitas video.

Langsung saja bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membuat video mundur di Instagram, simak langkah berikut ini.

1. Pertama, install aplikasi melalui playstore. Link downloadnya dapat kamu dapatkan disini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobile.bizo.reverse

2. Setelah menginstall aplikasinya, selanjutnya kita sudah dapat melakukan pengeditan video. Tap mulai balikkan. Kemudian kamu akan diberikan 2 opsi yaitu untuk merekam videonya secara langsung atau dengan memilih video yang telah ada. Disini kami akan memasukkan video yang sudah tersedia di galeri.

3. Pilih video yang akan dibuat versi mundurnya.

pilih video yang akan dibuat mundur

4. Kamu dapat memilih dari menit dan detik ke berapa video akan dibuat mundur. Kemudian untuk memproses video mundur, tekan start.

sesuaikan menit dan detik ke berapa video akan dibuat mundur

5. Disini kami tidak mengubah pengaturan apapun. Akan tetapi kamu dapat mengubah pengaturannya sesuai dengan pilihan yang tersedia pada gambar berikut. Jika sudah, tap mulai membalikkan. Tunggu prosesnya hingga selesai.

6. Untuk membagikan video sebagai insta story, kamu dapat menekan icon Instagram lalu setelah itu pilih stories.

Nah sekian itu tadi informasi dari kami mengenai fitur rewind tidak muncul di Instagram. Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat video rewind meskipun fitur rewind Instagram hilang? Terus ikuti informasi menarik lainnya. Informasi seputar media sosial terupdate hanya di Bukugue dot com.


Sumber:

https://amp.reddit.com/r/Instagram/comments/cwckmi/rewind_video_feature_gone/ (reddit di blokir di indonesia, jika ingin cek pembahasannya gunakan vpn)

Tinggalkan komentar